Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Teuku Umar Meulaboh, sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Meulaboh, tepatnya Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Berdiri pada 10 November 2006, Universitas Teuku Umar Meulaboh diresmikan pada 1 April 2014 sebagai perguruan tinggi negeri oleh Presiden di masa itu, yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

    Teuku Umar dipilih sebagai nama perguruan tinggi negeri tersebut berdasarkan nama Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Meulaboh, Aceh Barat.

    Dalam sejarahnya, Universitas Teuku Umar Meulaboh didirikan setelah adanya kerjasama antara masyarakat Aceh Barat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat pada tahun 1983, yang sekaligus sebagai perintis yayasan pendidikan. Dirintisnya pendirian yayasan pendidikan tersebut tidak lain bertujuan utama untuk membangun perguruan tinggi swasta. Kemudian setahun kemudian, tepatnya tahun 1984 didirikan Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh dan diresmikan pada 28 Agustus 1984.

    Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh berkomitmen untuk membangun wadah pendidikan tinggi di Aceh Barat dengan didirikannya Universitas Teuku Oemar Djohan Pahlawan. Namun tidak mudah untuk mewujudkan cita-cita tersebut, dibutuhkan persiapan yang matang.

    Sebagai awal, diupayakanlah pendirian Sekolah Pembangunan Pertanian yang diiringi berdirinya Akademi Pertanian Meulaboh pada 1984. Pada 1993, Akademi Pertanian Meulaboh berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP). Selanjutnya, STIP Teungku Dirundeng ini menjadi cikal bakal lahirnya Universitas Teuku Umar.

    Seiring waktu, Universitas Teuku Umar Meulaboh terus dikembangkan untuk menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Terlebih lagi, saat itu belum ada perguruan tinggi negeri di wilayah Barat Selatna Aceh yang memiliki 7 Kabupatan/Kota tersebut. Sehingga, tidak sedikit masyarakat di Barat Selatan Aceh tersebut harus ke pusat kota di Provinsi Aceh jika ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

    Berdasarkan pertimbangan tersebut dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan di perguruan tinggi negeri, yayasan yang menaungi Universitas Teuku Umar Meulaboh bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berupaya menjadikan kampus itu sebagai perguruan tinggi negeri. Dan akhirnya, Universitas Teuku Umar Meulaboh diresmikan sebagai perguruan tinggi negeri dengan ditandatanganinya Keppres Penegerian Universitas Teuku Umar pada 2 April 2014 di Istana Negara, Jakarta.

    Sejauh ini, Universitas Teuku Umar Meulaboh telah mengantongi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri atau BAN PT. Selain itu, Universitas Teuku Umar Meulaboh juga telah memperoleh akreditasi untuk setiap program studi atau jurusan yang diasuhnya.

    Berikut ini merupakan akreditasi jurusan kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh seperti yang sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

    Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh

    Program Studi

    Strata

    Tahun

    Peringkat

    Tanggal Kadaluarsa

    Perikanan

    S1

    2016

    B

    2021-01-11

    Ekonomi Pembangunan

    S1

    2016

    C

    2021-05-20

    Ilmu Komunikasi

    S1

    2015

    B

    2020-12-29

    Ilmu Administrasi Negara

    S1

    2015

    B

    2020-12-29

    Nah untuk kamu yang tengah memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh bisa menjadi referensi kamu.

    Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh memiliki visi untuk menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis di sektor industri berbasis agro and marine (Agro and marine industry) di peringkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif kreatif dan berdaya saing tinggi.

    Selain itu, Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh juga mengemban misi untuk menyelenggarakan program pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan seni budaya yang relevan dengan kebutuhan pembangunan baik regional, nasional bahkan internasional.

    Selanjutnya misi Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh adalah menyelenggarakan riset yang inovatif dan berdaya saing tinggi untuk menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menghasilkan dan menyebarkan hasil-hasil riset yang dapat menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis, menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pasar. Terakhir, Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh berdiri dengan misi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki semangat tinggi dalam berwirausaha (enterpreneurship spirit).

    Tak hanya mengenal dan mengetahui akreditasi kampus serta setiap Program Studinya, saat memilih perguruan tinggi ada baiknya untuk mengenal minat dan bakat kamu agar sesuai dengan jurusan atau program studi yang dipilih.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar