Tips Memilih Spesifikasi Laptop untuk Programmer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Laptop merupakan komputer dengan berukuran lebih kecil dan ringan. Laptop fungsinya sama seperti komputer pada umumnya. Keunggulan dari laptop yaitu gampang untuk dibawa kemanapun. Hampir seluruh kegiatan yang ada membutuhkan laptop, mulai dari bekerja, belajar hingga untuk bermain game.

    Laptop memiliki banyak varian dan spesifikasi yang berbeda-beda, dari yang terendah hingga yang tertinggi. Apabila kamu seorang programmer, mungkin kamu bingung untuk mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada puluhan ribu jenis laptop dengan berbagai spesifikasi dari brand yang berbeda-beda.

    Pada umumnya, laptop apapun bisa digunakan untuk programming. Tapi, kalau kamu menggunakan laptop berspesifikasi rendah, kemampuan ngoding kamu akan terhalang oleh spesifikasi laptop. Semakin tinggi spesifikasi laptop kamu, maka kamu akan semakin produktif dalam ngoding.

    Ada beberapa tips yang dapat kamu manfaatkan dalam memilih laptop untuk ngoding, antara lain :

    1. Utamakan RAM

    Sebenarnya, kalau untuk kebutuhan web programming, RAM 2 GB dirasa sudah cukup. Namun, bagaimana jika kamu ingin membuat aplikasi android yang menggunakan android studio? RAM 4 GB saja sudah kewalahan dalam menjalankan aplikasi tersebut, apalagi RAM 2 GB. Maka, carilah laptop dengan minimal RAM 4 GB yang bisa kamu upgrade hingga 8 GB. Carilah laptop yang memiliki 2 slot RAM sehingga kamu bisa menambah RAM laptop kamu tanpa menyingkirkan RAM yang lama.

    1. Gunakan CPU seperti  Intel  Core i3

    CPU merupakan otak dari sebuah laptop. Tak heran, jika peran dari CPU ini sangatlah penting bagi sebuah komputer atau laptop. Semakin tinggi kualitas CPU, semakin bagus laptop tersebut. Gunakanlah CPU sekelas dengan Intel Core i3, kalau bisa lebih justru lebih bagus lagi.

    1. Cari Yang Pakai SSD

    Tak hanya membutuhkan kecepatan CPU yang tinggi, pada penyimpanan harus memiliki kecepatan yang cepat juga. SSD lebih cepat dibandingkan HDD, oleh karena itu untuk mensuport laptop kamu, gunakanlah SSD.

    1. Monitor Resolusi Tinggi

    Seorang programmer memerlukan monitor dengan resolusi tinggi agar tulisan koding yang kecil seperti titik koma dapat terlihat dengan jelas. Seperti yang kamu tahu, salah titik koma saja dapat membuat program yang kamu buat error.

    1. Brand Terkenal

    Kalau sedang memilih laptop, utamakan laptop yang berasal dari brand laptop terkenal atau sudah banyak digunakan masyarakat. Brand laptop yang umumnya digunakan oleh masyarakat antara lain Acer, Asus, HP dan masih banyak yang lainnya.

    1. Keyboard

    Ini merupakan hal penting juga. Ngoding tak terlepas dari mengetik yang menggunakan keyboard, oleh karena itu carilah keyboard yang sesuai dengan kenyamanan kamu dalam mengetik. Tak hanya seorang gamer yang memerlukan keyboard yang nyaman, seorang programmer juga memerlukan keyboard yang nyaman.

    1. Grafis

    Bagi seorang programmer, grafis laptop tidak begitu penting. Kartu grafis digunakan oleh seorang desainer atau juga editor. Ia memerlukan kartu grafis yang tinggi dalam mengerjakan projecknya.

    1. Sistem Operasi

    Ada 3 sistem operasi yang biasa digunakan untuk sehari-hari, yaitu Linux, Windows dan MacOs. Aplikasi yang ada di MacOs tidak dapat digunakan pada Windows dan Linux. Untuk membuat aplikasi produk Apple, haru menggunakan MaxOs.

    Semua laptop bisa digunakan untuk programming. Semuanya tergantung budget yang kamu miliki.  Tak ada laptop yang sempurna, semuanya masih memiliki kekurangannya masing-masing.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memilih Spesifikasi Laptop untuk Programmer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar