Akreditasi Akademi Kesenian Melayu Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Akreditasi merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi lembaga atau institusi pendidikan di Indonesia. Akreditasi menjadi sebuah pengakuan yang diberikan secara resmi oleh pemerintah terhadap perguruan tinggi, lembaga atau institusi pendidikan hingga pada Program Studi (Prodi).

    Akreditasi diperoleh setelah beberapa penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Setelah mengantongi akreditasi, perguruan tinggi tersebut dinilai telah memiliki kualitas dan mutu.

    Adapun penilaian pada pemberian peringkat akreditasi berdasarkan kualitas tenaga pengajar, prestasi, fasilitas dan lain sebagainya, tidak terkecuali kondisi pada bangunan perguruan tinggi tersebut.

    Akreditasi sangat memberi manfaat bagi masyarakat. Dengan melihat dari peringkat akreditasi, masyarakat, terutama calon mahasiswa mengetahui kualitas dan mutu dari sebuah perguruan tinggi. Semakin baik akreditasi yang didapatkan, semakin baik pula kualitas dan mutu pada perguruan tinggi tersebut.

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akreditasi tidak hanya diperuntukkan bagi perguruan tinggi namun juga untuk program studi atau Prodi pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

    Pada tingkat Prodi atau jurusan, akreditasi diberikan berdasarkan penilaian terhadap beberapa standar di perguruan tinggi tersebut. Selain untuk menjamin mutu atau kualitas, akreditasi pada Prodi juga menjadi standar dalam pengeluaran ijazah.

    Menentukan perguruan tinggi ketika sudah akan lulus sekolah menengah baik tingkat SMA maupun SMK, memang terkadang membingungkan. Sebab, banyak pilihan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menawarkan kualitas, termasuk untuk setiap Prodinya.

    Nah untuk kamu yang ingin melanjutkan perguruan tinggi di Pekanbaru, kamu bisa memilih Akademi Kesenian Melayu Riau. Akademi Kesenian Melayu Riau adalah perguruan tinggi swasta yang fokus pada kesenian dan menjadi satu-satunya di Kopertis Wilayah X (Sumatera, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi).

    Akademi Kesenian Melayu Riau lahir dari keinginan pendiri dan seniman Riau yang ingin berkomitmen untuk kembali mengangkat seni Melayu Riau ke pentas nasional hingga Internasional.

    Akademi yang fokus pada bidang kesenian ini didirikan pada tahun 2002 dan beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Purna MTQ, Pekanbaru, Riau. Akademi Kesenian Melayu Riau mengemban misi sebagai pusat kajian seni budaya melayu terbaik tak hanya di Riau namun di Indonesia.

    Akademi Kesenian Melayu Riau ini sangat tepat untuk Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dengan minat dan bakat pada kesenian. Terlebih lagi, Akademi Kesenian Melayu Riau ini sudah mengantongi akreditasi untuk setiap program studi (Prodi) atau jurusan-jurusannya.

    Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia telah merangkum akreditasi pada Akademi Kesenian Melayu Riau seperti berikut ini:

    Akreditasi Akademi Kesenian Melayu Riau

    Program Studi

    Jenjang

    Wilayah

    Tahun

    Peringkat

    Seni Tari

    D-III

    Kopertis Wilayah X

    2014

    B

    Seni Teater

    D-III

    Kopertis Wilayah X

     

    B

    Seni Musik

    D-III

    Kopertis Wilayah X

     

    C

    Untuk fasilitas, Akademi Kesenian Melayu Riau sudah dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memadai untuk mendukung perkuliahan para mahasiswanya. Adapun fasilitas di Akademi Kesenian Melayu Riau, seperti kampus-kampus lainnya yakni perpustakaan, free hotspot, sarana ibadah hingga fasilitas olahraga.

    Hingga saat ini, Akademi Kesenian Melayu Riau sangat fokus di bidang kesenian dengan melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang siap mengangkat kembali seni melayu Riau ke kancah nasional hingga internasional.

    Selain itu, tahukah Kamu? Menentukan perguruan tinggi maupun jurusan tidak hanya melihat dari tingkat kepopulerannya. Namun, sebagai bahan pertimbangan kamu juga harus mengumpulkan informasi terkait akreditasi kampus hingga Prodinya.

    Kemudian, sebaiknya pilihlah jurusan atau Prodi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jika kamu berbakat dan memiliki minat yang tinggi pada bidang kesenian, tidak ada salahnya untuk memiliki Akademi Kesenian Melayu Riau.

    Sebab pada beberapa kasus, tak sedikit mahasiswa yang berhenti di tengah masa perkuliahannya. Hal ini disebabkan karena memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat maupun bakatnya. Sehingga, ketika menjalani masa kuliah, mahasiswa tersebut tidak menjalani prosesnya dengan senang hati, bahkan menjadi beban.

    Jadi, sebelum memilih dan menentukan prodi atau jurusan perguruan tinggi, ada baiknya untuk mengenali bakat dan minat. Dengan begitu, kamu akan dengan mudah memilih perguruan tinggi hingga Prodinya.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Akademi Kesenian Melayu Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar