Partai Demokrat: Kami siap jalani peran Oposisi maupun Koalisi

Daftar Isi

    Foto: Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief

    LancangKuning.Com, Jakarta -- Partai Demokrat (PD) belum memutuskan sikap bergabung dengan pemerintahanJoko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Wakil Ketua Partai Demokrat Syarief Hasan menegaskan partainya siap menjalani peran baik sebagai oposisi maupun mitra koalisi Jokowi-Ma'ruf.

    "Kami cukup nyaman di posisi manapun. Yang paling penting seperti pidato AHY, pesan-pesan kepada calon pemimpin ke depan agar menitipkan program 14 prioritas ke depan. Itu saja yang penting untuk Demokrat," kata Syarief dalam sebuah diskusi di D'Consulate, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6).

    Baca Juga: Ridwan Kamil: Move On! Lupakan Cebong-Kampret

    Demokrat dalam Pemilu 2019 memang mengusung 14 program prioritas. Program itu di antaranya peningkatan layanan BPJS dengan prioritas golongan kurang mampu. Lalu subsidi listrik untuk golongan kurang mampu, subsidi pupuk untuk petani, dan penghentian impor pangan ketika musim panen.

    Syarief berkata Demokrat sudah menjalani berbagai pengalaman politik, baik berada di dalam maupun di luar pemerintahan sebagai oposisi. Meski begitu, haluan politik Demokrat akan diputuskan lewat rapat internal partai.

    "Setelah koalisi ini selesai, dan kita akan mengadakan rapat internal, ini masih panjang kan prosesnya sampai Oktober," kata dia tanpa merinci waktu pelaksanaan rapat internal Demokrat.

    Syarief melanjutkan keputusan Demokrat berada di dalam atau di luar pemerintahan akan mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah faktor permintaan dan penawaran atau supply and demand.

    Baca Juga: Ketum Muhammadiyah: Prabowo Memberikan Keteladanan Politik Bangsa

    Menurutnya, Demokrat akan memutuskan untuk bergabung ke pihak atau kelompok yang memiliki permintaan tinggi.

    "Sejauh mana demand yang tinggi,demand-nya tinggi enggak? Kalaudemand-nya tinggi kenapa tidak? Demi kepentingan rakyat, ini rakyat perlu mendapatkan perhatian dari kita," kata dia, melansir CNN Indonesia.

    Lebih lanjut, Syarief menegaskan bahwa hubungan antara Ketum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terjalin sangat baik. Ia mengatakan tak ada ganjalan hubungan lagi antara kedua tokoh itu saat ini

    "Saya pikir dipastikan game is over, tak ada lagi [ganjalan keduanya]. Semuanya sudah terjadi. Kita bisa membaca senyuman dua tokoh ini di saat yang memprihatinkan," ujar Syarief. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Partai Demokrat: Kami siap jalani peran Oposisi maupun Koalisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar