Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Siang Hari Saat Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di bulan suci Ramadhan umat manusia tidak hanya menahan lapar dan haus. Tetapi ada hal lain yang sering kali menyerang oleh manusia, hal itu dikarenakan setiap pagi anda selalu dituntut untuk bangun sahur setelah itu sholat dan langsung bersiap-siap untuk pergi kerja atau aktivitas lainnya. Kebiasaan baru ini tentunya membuat pola tidur anda semakin terganggu dikarenakan kurangnya istirahat sehingga di saat menjalani ibadah puasa mudahnya membuat anda merasa ngantuk dan malas-malasan ketika menjalani ibadah puasa.

    Kenapa ketika menjalani ibadah puasa lebih mudah mengantuk?

    Sebelum bulan Ramadhan tiba tentunya pada hari biasanya anda bisa tidur selama 7-8 jam setiap harinya, dan ketika bulan puasa anda bisa tidur selama 5-6 jam dikarenakan anda dituntut untuk bangun lebih awal untuk makan sahur.

    Jika diperhatikan pola tidur yang kurang membuat anda mengalami perubahan drastis dan mengalami perubahan saat puasa Ramadhan, karena durasi tidur berkurag maka tidak heran lagi jika anda lebih bermalas-malasan dan mudah mengantuk. Tidak hanya pola tidur yang kurang tetapi mudahnya godaan tidur dikarenakan turunnya kadar gula darah saat puasa. Hal ini bisa menyebabkan karena tubuh anda bisa terjadi karena kurangnya asupan makanan dan minuman selama berjam-jam pusa.

    Berikut ini adalah Cara mengatasi rasa kantuk di siang hari saat berpuasa:

    1. Pastikan anda mengatur jam tidur di setiap malam

    Terkadang di malam hari banyak juga aktivitas yang dikerjakan sehingga larut malam. Untuk mengatasinya usahakan anda selalu cukup tidur dan membutuhkan jam istirahat selama 8-7 jam di setiap malamnya agar tubuh anda selalu fit selama puasa Ramadhan.

    Jika ada pekerjaan yang membuat anda tidur larut malam, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut karena bergadang bisa membuat anda akan lemas untuk menjalani ibadah puasa dan kebanyakan mengantuk.

    1. Usahakan tidur siang

    Tidak hanya balita saja yang membutuhkan tidur siang, tetapi orang dewasa juga membutuhkan tidur siang yang cukup. Tidak hanya ampuh mengatasi mengantuk saat bulan puasa tetapi manfaat  tidur siang  juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda di sat bulan suci Ramadhan.

    Di saat bulan Ramadhan anda tidak bisa makan siang selama berpuasa akan tetapi anda bisa memanfaatkan jam istirahat untuk tidur siang selama 5-20 menit dan dijamin ketika anda terbangun pikiran segar dan lebih fresh tanpa ada rasa kantuk seperti biasanya.

    1. Cuci muka dengan air yang dingin

    Ketika rasa kantuk mulai menyerang pergilah ke toilet dan segera lah cuci muka. Cuci   muka dengan menggunakan air dingin dikarenakan hal tersebut adalah cara yang tercepat untuk mengatasi rasa mengantuk saat puasa. Sensasi dari air dingin bisa membuat anda lebih rileks dan segar. Setelah mencuci muka dengan air dingin mata anda akan melek dan lebih konsentrasi kembali dan melanjutkan pekerjaan.

    1. Lakukan peregangan yang singkat

    Kebanyakan orang yang lagi menjalankan ibadah puasa biasanya lebih mudah mengantuk jika hanya duduk diam dan tidak melakukan aktivitas apapun. Jika tidur siang tidak ada jam yang memungkinkan anda juga bisa melakukan peregangan untuk mengatasi ngatuk di siang hari.

    Tekukan leher anda ke arah kiri dan kanan, lalu putarkan kepala beberapa kali, dan putar badan anda ke arah kanan dan kiri agar membantu melemaskan otot-otot anda yang kaku.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Siang Hari Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar