Pola Makan Yang Harus Diperhatikan Ketika Sahur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sahur adalah hal wajib yang harus kita lakukan di saat berpuasa, karena waktu sahur adalah satu satunya waktu yang mempersilahkan kita makan sebelum mulai berpuasa, apabila anda tidak melaksanakan sahur dapat di pastikan anda akan lemas saat berpuasa, bahkan bisa saja anda membatalkan puasa anda di sebabkan tidak kuat menjalankan puasa karena tidak sahur.

    Pola makan saat sahur juga harus anda perhatikan, anda wajib menyeimbangkan gizi yang ada pada makanan saat sahur, hal itu akan membantu tubuh anda untuk tetap menjaga kebugaran di saat berpuasa.

    Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pola makan yang harus di perhatikan ketika sahur

    1. Membatasi teh dan kopi di waktu sahur.

    Mungkin ada dari kalian yang senang mengonsumsi kopi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya rasa kantuk agar dapat menjalankan ibadah sholat subuh, namun ada hal yang harus kamu perhatikan, yaitu apabila kamu terlalu sering ataupun terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh, metabolisme pada tubuh anda cenderung berjalan lebih cepat, hal itu menyebabkan rasa haus lebih cepat datang walaupun anda tidak terkena dehidrasi. Maka dari itu hindari lah batasilah mengonsumsi kopi ataupun teh saat setelah makan sahur.

    1. Makanlah makanan yang lambat di cerna oleh tubuh

    Makan makanan yang lambat di cerna oleh tubuh memang sangat di anjurkan untuk orang yang sedang berpuasa. Hal itu dikarenakan makanan yang lambat di cerna oleh tubuh, dapat menyebabkan energy yang ada di dalam tubuh memiliki cadangan dari makanan yang belum tercerna oleh tubuh, adapun makanan yang lambat di cerna oleh tubuh yaitu makanan yang mengandung banyak serat contohnya seperti : padi-padian, gandum, kacang-kacangan, dan nasi merah, oleh sebab itu anda tidak boleh malas untuk mengonsumsi nasi di saat berbuka dan di saat sahur.

    1. Mengonsumsi kurma saat awal berbuka puasa

    Mengonsumsi kurma saat awal berbuka puasa sangat di anjurkan karena pada buah kurma terdapat sumber gizi seperti, kalium, karbohidrat dan magnesium, tidak hanya itu kurma juga salah satu buah yang mempunyai serat yang banyak, maka dari itu mengonsumsi kurma di awal berbuka puasa dapat menggantikan gizi, protein dan nutrisi  yang hilang pada tubuh di saat berpuasa.

    1. Minum air putih 2 gelas di saat sahur

    Tubuh membutuhkan air dalam tubuh setiap harinya yaitu 8 gelas, atau biasa di katakana 2 liter setiap harinya, maka dari itu di anjurkan untuk anda meminum 2 gelas air putih di saat sahur. Hal ini di anjurkan agar tubuh anda memiliki kadar air yang cukup selama berpuasa, jika kadar air yang ada di dalam tubuh anda kurang, dapat di pastikan anda akan terkena dehidarasi dan anda akan cepat merasa haus di saat berpuasa.

    1. Makan Sayur

    Anda pasti sudah tahu bahwa sayur adalah sumber serat yang di butuhkan oleh tubuh, maka dari itu perbanyaklah makan sahur selama puasa, hal ini bertujuan agar tubuh anda tidak mudah lemas dan tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa. Dan jangan lupa untuk menyeimbanginya dengan karbohidrat seperti nasi.

    Itulah beberapa hal mengenai pola makan yang harus anda perhatikan selama sahur, selamat menunaikan ibadah dan semoga puasa anda berjalan dengan lancar setelah membaca artikel ini dan memperaktekan nya.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pola Makan Yang Harus Diperhatikan Ketika Sahur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar