Cara Mengatasi Kekenyangan Saat Buka Puasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setelah berpuasa sehari, biasanya pada saat berbuka sebagian orang pasti akan berbuka dengan menu makanan yang cukup banyak. Hal tersebut dapat membuat kekenyangan dan kerap perut akan terasa sakit. Sehingga tidak sanggup melakukan sholat tarawih. Apabila pada saat berbuka puasa selain kekenyangan dan jug mengantuk juga dapat membuat berat badan akan naik. Maka dari itu, jangan berbuka secara berlebihan.

    Berikut ini tips atau cara mengatasi agar tidak kekenyangan pada saat berbuka puasa:

    1. Minum Air Putih

    Pada saat adzan maghrib atau waktunya berbuka, sebaiknya berbuka lah dengan air putih maupun kurma, setelah itu langsunglah sholat maghrib. Selan itu juga hindarilah minuman yang mengandung gula atau manis, karena hal tersebut dapat membuat kelaparan dikarenakan Dehidrasi. Setelah sholat kamu boleh makan berat. Tetapi, jangan langsung makan daging maupun nasi. Makanlah sayur ataupun buah terlebih dahulu. Kunyah lah makanan tersebut dengan pelan – pelan.

    1.  Hindari minuman yang mengandung Es

    Minum es pada saat berbuka puasa memang sudah menjadi tradisi seseorang, apalagi menahan haus seharian. Akan tetapi hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. selain dapat membuat  perut menjadi kenyang juga dapat menaikkan asam lambung sehingga bisa membuat perut menjadi kembung.

    1. Makanlah dengan Posisi Duduk dan Perlahan

    Pada saat berbuka puasa, duduk juga berpengaruh terhadap kesehatan. Maka dari itu, sebaiknya makanlah dengan posisi duduk yang membuat nyaman dalam menikmati makanan. Selain itu juga, makan secara perlahan juga bisa membantu agar tidak berlebihan pada saat makan. Hal tersebut dapat menghindari agar tidak berlebihan pada saat makan dan bisa terhindar dari kekenyangan.

    1. Makanlah Setelah Tarawih

    Jika anda sanggup, sebaiknya agar terhindar dari kekenyangan makanlah setelah sholat Tarawih, karena itu sangat baik untuk kesehatan kita. Selain itu juga, makan setelah tarawih ini agar kondisi pada lambung normal. Berbukalah dengan makanan ringan saja.

    1. Konsumsilah Makanan yang Mengandung Serat

    Pada saat berbuka puasa, hindarilah makanan utama. Karena perut yang kosong akan terkejut jika makan makanan besar sehingga dapat membuat perut kekenyangan. Oleh karena itu, berbukalah dengan makanan yang kecil dan mengandung serat, seperti buah – buahan maupun kurma.

    1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

    Selain makanan yang mengandung serat, jangan lupa juga makan makanan yang mengandung gizi, protein, maupun mineral. Apabila pada saat berbuka puasa makan makanan yang mengandung gizi, maka tubuh akan mampu untuk menjalankan ibadah puasa serta kesehatan tubuh kita pada saat puasa normal.

    1. Minumlah Air Secara Cukup

    Dengan berpuasa seharian membuat tubuh akan kekurangan cairan. Oleh karena itu, minumlah air secara cukup agar cairan tubuh bisa terpenuhi. Apabila cairan tubuh yang cukup bisa membantu melancarkan proses metabolism pada tubuh sehingga makanan yang masuk di perut bisa diproses dengan baik.

    1. Jangan Langsung Makan yang Besar

    Pada saat berbuka puasa, hindarilah makanan yang besar seperti nasi. Sebaiknya makanlah makanan yang kecil saja, seperti kurma, buah pisang, dan juga sayur. Karena jika makan makanan yang besarakan membuat perut terasa lebih kenyang.

    1. Berbukalah dengan Keluarga

    Berbuka puasa bersama keluarga juga dapat mengatasi kekenyangan, karena keluarga ini bisa mengontrol nafsu makan atau diri dalam memilih makanan yang ingin dimakan. Karena keluarga ini juga mengetahui porsi makan kita. Selain itu juga, keluarga juga dapat mengingatkan kita agar tidak makan secara berlebihan pada saat berbuka puasa. Dikarenakan hal tersebut dapat membuat kekenyangan.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Kekenyangan Saat Buka Puasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar