Cara Agar Kuat Berpuasa Jika Tidak Sahur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum memulai berpuasa sebaiknya kita terlebih dahulu untuk sahur. Namun karena sahur yang dilakukan pada dini hari sedangkan kondisi kita yang masih mengantuk dan malasnya seseorang untuk menyiapkan makan sahur membuat mereka memilih untuk meninggalkan sahurnya jadi jika kita tidak sahur ketika berpuasa tentu itu puasa kita tidak akan optimal ketika dijalani.

    Bagaimana cara agar kita tetap bisa berpuasa meskipun tidak sahur? Mari simak tips kuat berpuasa jika tidak sahur berikut ini!

    1. Tekadkan Niat Untuk Berpuasa

    Seperti yang kita ketahui niat adalah dasar/awalan kita dalam melakukan sesuatu. Jika kamu tidak dapat untuk sahur hal yang harus kamu lakukan adalah niat  tanamkan lah niat pada hati bahwa kamu akan kuat berpuasa meski tidak sahur pada dasarnya jika hati kamu sudah berniat untuk berpuasa dan berjanji tidak ingin jika puasa itu batal maka kamu pasti bisa menjalani puasa itu dengan lancar meskipun kamu melewatkan sahur karena dengan niat kamu akan berfikir positif akan kuat berpuasa walau tidak sahur.

    2. Perbanyak Ibadah

    Sudah tidak asing lagi di telinga kita jika mendengar kata ketika bulan Ramadhan pahala yang dilakukan akan dilipat gandakan oleh Allah, karena kondisi yang sangat baik ini kamu dapat memanfaatkan untuk menghilangkan rasa lapar dan haus mu. Daripada kamu malas-malasan karena rasa lapar yang muncul akibat tidak sahur sebaiknya kamu melakukan ibadah-ibadah seperti tadarus, sholat, sedekah ataupun amalan-amalan lain yang lebih kamu sukai selain rasa lapar yang menjadi tidak terpikirkan memperbanyak ibadah ketika bulan Ramadhan Allah akan memberikan kita ketenangan jiwa maupun raga karena Allah memberikan rahmat kepada seluruh hambanya yang beribadah selama Ramadhan.

    3. Carilah Kesibukan

    Walaupun tidak sahur janganlah hal ini dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dan hanya tidur seharian. Walau jika kita tidur pada saat berpuasa juga akan dihitung sebagai ibadah namun tidur saat berpuasa akan dihitung ibadah jika sesuai dengan syarat tertentu.

    Cobalah mencari kesibukan-kesibukan yang disukai oleh diri sendiri namun memiliki manfaat kamu bisa pergi membaca buku, sumber-sumber informasi dan lain sebagainya dan kamu dapat juga menghadiri pengajian-pengajian majelis taklim serta saling bertukar inspirasi dengan orang lain maka dengan mencari kesibukan-kesibukan rasa lapar yang kamu miliki dapat teralihkan karena puasa akan terasa berjalan sangat lama ketika kamu tidak melakukan apa-apa atau bermalas-malasan.

    4. Ingat Manfaat dari Puasa

    Berpuasa bukan sekedar menahan dahaga, lapar, dan hawa nafsu dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari saja. Banyak hikmah yang dapat kita ambil dan pelajari dari puasa itu sendiri sebagai contoh sederhana dengan berpuasa mengajarkan kita untuk lebih menjaga emosi, melatih kesabaran dapat membersihkan hati. Dalam segi kesehatan dengan berpuasa dapat membantu pencernaan lebih bersih dan lancar serta dengan berpuasa yang ikhlas kamu dapat menjadi orang yang bertakwa tapi kamu juga tetap harus melaksanakan ibadah wajib lainnya seperti Sholat.

    Itulah beberapa tips yang bisa dicoba agar kamu bisa kuat untuk menjalankan ibadah puasa meskipun tidak sahur. Ingat, puasa adalah wajib jangan sampai nggk puasa yah. (Rifki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Agar Kuat Berpuasa Jika Tidak Sahur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar