Cara Diet yang Aman untuk Penderita Maag

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Memang sulit melakukan diet bagi yang terkena penyakit maag. Karena jika terlambat makan, asam lambung akan naik dan perut akan terasa sakit. Jadi, apakah penderita penyakit maag tidak boleh diet? Mari saksikan tautan berikut ini.

    Bolehkan penderita maag diet?

    Jika kamu ingin melakukan diet, sebaiknya pahami dulu apa arti diet itu sebenarnya. Diet bukanlah mengurangi porsi makanan untuk menurunkan berat badan.

    Diet adalah mengatur porsi makanan untuk mendapatkan hasil tertentu. Diet sering digunakan untuk menstabilkan kolesterol dalam tubuh, menurunkan berat badan, dan digunakan juga untuk pengobatan atau tujuan tertentu tergantung yang diinginkan.

    Sebenarnya tidak salah juga jika kamu ingin membatasi porsi makan dengan diet. Tapi kamu harus tahu kebutuhan nutrisi yang seimbang untuk tubuh, bukan memaksakan untuk mengurai porsi makanan.

    Penderita maag memang tidak kuat jika porsi makannya dibatasi, karena akan menyebabkan asam lambung yang naik.

    Sebenarnya, bagi yang terkena maag boleh melakukan diet seperti normal. Tetapi caranya dengan melakukan diet dengan secara benar, untuk penderita maag haruslah makan tepat waktu agar asam lambung tidak naik. Jika dilakukan dengan benar, maka diet ini sebenarnya bisa meringankan penyakit maag kamu.

    Cara yang tepat untuk melakukan diet bagi penderita maag

    Penderita maag boleh melakukan diet dengan memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu dengan menyeimbangkan porsi makanan dan energi yang dikeluarkan.

    Berikut ini adalah cara untuk melakukan diet yang tepat untuk penderita maag

    1. Makanlah makanan yang benar

    Bagi penderita maag yang mau diet, kamu harus memilah dan memilih jenis makanan yang sehat untuk mengatasi asam lambung dan tidak membuat berat badan kamu naik. Penderita maag haruslah memilih makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, serta protein yang tinggi. Makanan itu adalah ikan, telur bagian putihnya saja, dan ayam tanpa kulit..

    Selalu lihat karbohidrat kamu. Karbohidrat akan menyebabkan kegemukan jika terlalu banyak, dan juga dapat memperparah asam lambung kamu. Apalagi jika berasal dari makanan cepat saji. Makan makanan telah dianjurkan ini akan meringankan gejala maag dan menurunkan berat badan kamu.

    2. Atur Pola Makan

    Makan sedikit dan sering itu lebih baik daripada makan banyak dalam sekali makan. Jika kamu sering makan dalam porsi banyak, kamu harus kurangi ke porsi kecil dalam 5-6 porsi.

    Makan sedikit dengan makanan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan dan ini bisa juga sebagai obat untuk meredakan gejala asam lambung yang sangat parah.

    4. Olahraga dengan rutin

    Jika kamu sudah mencoba beberapa cara diet tetapi berat badan kamu tidak turun juga kemungkinan kamu kurang olahraga.

    Menurut studi yang sudah diteliti orang beberapa mahasiswa, bila berat badan kamu normal maka itu dapat meredakan gejala asam lambung yang kamu derita. Cara yang sangat gampang dan mudah dilakukan yaitu dengan berolahraga rutin setiap hari.

    Tetapi, sebaiknya kamu bertanya dahulu kepada dokter tentang berolahraga ini. Karena ada beberapa bentuk olahraga yang sangat tinggi mungkin tidak cocok dengan kamu dan dapat menurunkan aliran darah ke pencernaan anda. Jadi asam lambung akan sering kambuh.

    Seharusnya kamu coba berolahraga ringan terlebih dahulu seperti yoga, berjalan dan jogging. Lakukan ini 30 menit dalam 3 kali seminggu. Maka, lihatlah efeknya pada tubuh kamu. Jika maag kamu tidak kambuh lagi, maka kamu boleh mencoba bentuk olahraga yang lebih berat.(Dimas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Diet yang Aman untuk Penderita Maag
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar