Lauk Pauk Khas Betawi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap tempat pasti mempunyai makanan khasnya tersendiri, begitu juga ibu kota Jakarta. Ada berbagai macam makanan dan minuman yang di sediakan oleh ibu kota Jakarta. Berbagai kuliner dan menu makanan lauk pauk, yang harus anda cicipi yang terutama makanan yang disajikan oleh suku betawi. Rasanya unik dan menarik pastikan anda ketagihan ketika mencoba makanan dari suku betawi.

    Berikut ini adalah lauk pauk khas dari suku betawi:

    1. Sayur Godong

    Sayur ini isiannya terbuat dari olahan pepaya muda yang biasanya disajikan saat Hari Raya Idul fitri tiba. Biasanya sayur godong ini teman makannya adalah krupuk sagu, gorengan dan juga semur.

    1. Gabus Pucung

    Gabus pucung ini olahannya terbuat dari gabus yang digoreng, makanan ini yaitiu ikan yang berkuah, yang bahan dasarnya ikan gabus dan kuah yang disiram dengan kuah yang kental dan warnanya kehitaman berasal dari pucung atau kluwek.

    1. Sayur Babanci

    Makanan ini asli dari betawi yang disebut dengan ketupat babanji, meskipun nama menunya sayur babanci, makanan ini tidak sayur sama sekali, itu merasa aneh karena nama babanci ini tidak ada berbahan dari sayur, dan masakan ini tidak jelas.

    1. Ayam Sampyok
    2. n asal dari suku betawi ini yang bahan dasarnya adalah ayam yang ditemani dengan rempah-rempah dari negara Cina.
    3. Pecak Tembang

    Pecak tembang ini sekarang makanan yang sudah langka, dan susah di temukan di ibu kota Jakarta.

    1. Bandeg Presmol

    Makanan ini adalah menu makanan yang sangat mewah oleh suku betawi tempo dulu, di era moderen sekarang bandeng presmol masyarakat bisa menikmati sajian ini.

    1. Toge Goreng

    Toge goreng ini adalah makanan khas suku betawi, yang sering ditemui di pinggir jalan sekitaran Jakarta yang isinya mie kuning, tauge, dan daun kucai yang di goreng menggunakan air tanpa minyak.

    1. Gado-Gado

    Makanan ini berasal dari suku betawi, yang sangat mirip dengan makanan dari negara asing atau orang barat. Makanan ini juga bisa dijadikan lauk pauk temannya nasi.

    1. Semur Jengkol

    Makanan ini paling terpopuler di Indonesia, karena bahan dasarnya adalah jengkol yang memiliki bau khas, hampir dari semua suku betawi menyediakan lauk ini. karena    jengkol ini hanya ada di negara Indonesia.

    1. Pindang Bandeng

    Pindang bandeng ini adalah lauk pauk khas suku betawi, pindang ini persis dengan semur. Makanan ini cocok di santap di pagi hari.

    1. Soto Tangkar

    Tidak hanya kuliner soto tangkar ini juga cocok dijadikan teman makan nasi. Makanan ini ada sejak zaman Belanda datang ke Indonesia. Makanan ini lebih enak di santap pada saat pagi hari.

    1. Nasi Uduk

    Makanan ini adalah olahan dari khas suku betawi. Makanan sangat lezat apalagi di jadikan sarapan di pagi hari.

    1. Nasi Ulam

    Makanan ini adalah satu makanan tradisi Cina. Makanan ini juga cocok dijadikan tambahan lauk. Makanan ini berbahan sayur yang mentah dan masih segar.

    1. Soto Betawi

    Soto betawi ini sangat tekenal kata lain dari sobet yang olahannya terbuat dari daging sapi, tomat dan kuah santan, soto betawi ini di sajikan yang diiringi nasi, cocok dijadikan menu sarapan di pagi hari. Soto ini salah satu makanan legendaris dan mampu bertahan di era moderen ini walaupun masih banyak kuliner yang lainnya.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lauk Pauk Khas Betawi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar