Makanan Khas Kabupaten Musi Rawas

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap daerah tak pernah terlepas dari ciri khas yang dimilikinya. Entah itu objek wisata, kuliner dan  sejarahnya . Contohnya adalah Kabupaten Musi Rawas. Banyak yang terpikat dengan dengan pesona alamnya yang begitu memikat. Banyak wisatawan datang untuk menikmati pesona alam Kabupaten Musi Rawas ini. Tak afdol rasanya jika berkunjung ke suatu daerah, tetapi tidak mencicipi olahan masakan khas yang dimiliki daerah tersebut.

    Makanan khas  Kabupaten Musi Rawas ini terkenal dengan keunikan rasanya. Tak hanya dari segi rasa, tampilan dari makanannya pun juga unik. Makanan khasnya ini juga menarik perhatian pengunjung untuk datang ke Kabupaten Musi Rawas. Mungkin anda juga akan tertarik untuk  datang ke Kabupaten Musi Rawas ini.

    Untuk menambah informasi anda, lancangkuning.com akan memaparkan makanan khas Kabupaten Rawas, yaitu :

    1. Pindang Ikan

    Makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat. Rasa pedas, gurih dan aroma terasi menjadi makanan ini sangat menggugah selera peminatnya. Makanan ini menggunakan ikan yang masih segar sebagai bahan utamanya. Ikan yang digunakan berasal dari sungai musi, yang ada di Musi Rawa. Pengolahan makanan ini pun tidak teralu sulit, seperti masakan biasa, tetapi yang membuat makanan ini khas karena rempah-rempah khas musi rawas dan ikan digunakan sangat segar.

    Makanan ini biasanya dijadikan santapan harian masyarakat musi rawas. Pindang ikan ini sangat lezat apabila disantap dengan nasi hangat. Pindang ikan ini banyak di jual di rumah makan yang ada  di Musi Rawas. Akan terasa lengkap jika menyantap makanan ini dengan lalapan terong lalap, kemangi, bayam rebus dan irisan tomat. Sangat lezat tentunya.

    Pindang ikan sekarang tidak hanya menggunakan ikan patin, bisa juga menggunakan ikan bandeng, ikan tongkol, ikan gabus, ikan mas, ikan tenggiri, dan ikan bawal. Jika anda tidak suka ikan patin mungkin anda bisa mencoba pindang dengan ikan yang disebutkan diatas selain ikan patin.

    1. Roti Kemang dan Bubur Durian

    Makanan ini hanya ada di Musi Rawas saja. Masyarakat Musi Rawas membuat makanan ini karena disana banyak tanaman durian. Apalagi kalau musim durian, hampir semua masyarakat Musi Rawas membuat makanan ini. bubur ini tidak menggunakan nasi, melainkan ketan yang di bentuk bulat pipih. Unik bukan?. Ketan putih yang sudah dibentuk bulat pipih di masukkan ke dalam piring dan kemudian di siram oleh kuah durian yang sangat khas dan lezat. Tentu hanya ada di Musi Rawas saja.

    Bubur durian ini  tak disantap sendirian, ada temannya yang bernama roti kemang sebagai pelengkap makanan ini. roti kemang ini sendiri berisikan gula merah. Roti kemang sendiri makanan asli Muara Kelingi. Makanan ini sangat pas bila disantap pagi hari sebagai menu sarapan. Jika anda ingin mencoba makanan ini, mungkin anda harus ke Musi Rawas untuk mencicipinya.

    Kombinasi kedua makanan ini dapat membuat anda ketagihan untuk menyantapnya lagi. Jadi, mungkin satu porsi makanan ini tak cukup ya.

    Demikian makanan khas Kabupaten Musi Rawas yang dapat lancangkuning.com paparkan.  Dimana bumi di pijak, disitu langit dijunjung. Mungkin itulah pepatah yang cocok jika anda sedang berkunjung ke daerah tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba makanan khasnya. Ditambah lagi pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Bagi anda yang tertarik mencobanya, datang saja langsung ke Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan.(Taufik)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kabupaten Musi Rawas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar