Wisata Mukomuko Bengkulu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di Provinsi Bengkulu, terdapat 10 kabupaten dan kota, yang mana salah satunya adalah Kabupaten Mukomuko. Kabupaten Mukomuko ini terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara dan memiliki luas 4.036,70 kilometer persegi. Di kabupaten ini juga terdapat berbagai tempat wisata baik wisata alam maupun wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi.

    Berikut adalah beberapa objek wisata yang berada di Mukomuko.

    1. Pantai Indah

    Pantai yang terletak di Kota Mukomuko ini menjadi destinasi wisata, baik bagi masyarakat Mukomuko sendiri, maupun dari luar Mukomuko. Keindahan, kenyamanan, dan sejuknya suasana pantai membuat pantai ini cocok dijadikan tempat wisata bagi keluarga. Letak pantai yang tidak jauh dari Benteng Anna, membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu, warna pasir pantai yang putih keabu-abuan juga memberikan keunikan bagi pantai ini. Mulai redupnya cahaya matahari saat senja, menambah cantiknya pemandangan dari Pantai Indah.

    1. Pantai Padang Panaek

    Pantai Padang Panaek yang dulunya kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat, menjadi salah satu objek wisata yang tidak boleh ditinggalkan jika berkunjung ke Mukomuko. Dengan banyaknya pengunjung yang berwisata ke pantai ini, pemerintahpun mulai berinisiatif untuk lebih memberikan perhatian kepada Pantai Padang Panaek.

    Pantai ini juga cocok dijadikan tempat penyelenggaraan suatu acara karena memiliki panjang dan lebar garis pantai yang cukup besar. Dengan adanya pohon cemara dan putihnya pasir pantai, tentunya akan membuat kenyamanan bagi pengunjung yang berwisata ke tepi pantai ini. Pantai Padang Panaek memiliki sebutan sebagai Pantai Kebun Jarak. Hal ini disebabkan karena terdapat perkebunan pohon jarak di pantai ini. Adapun tempat wisata yang satu ini dapat ditemukan di Kecamatan Kota Mukomuko dan Desa Pasar Sebelah.

    1. Pantai Batung Badoro

    Pantai Batung Badoro juga dikenal sebagai Pantai Batu karena banyaknya bebatuan kecil yang menghiasi pantai ini. Bebatuan kecil inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Batung Badoro, dan membuatnya tampak lebih eksotis jika dibandingkan dengan pantai lain yang biasanya hanya terdapat pasir. Letak pantai ini dari Kota Mukomuko adalah sekitar 5,5 kilometer.

    1. Pantai Pandan Wangi

    Wisata di Kabupaten Mukomuko memang banyak sekali yang berupa pantai. Pantai berikutnya yang dapat dijadikan tempat wisata di sini adalah Pantai Pandan Wangi. Pantai ini memang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Yang bisa dijadikan keunikan dari pantai ini adalah letak bebatuan yang banyak ke daerah yang lebih jauh dari bibir pantainya. Sedangkan semakin mendekati bibir pantai, pemandangan bebatuan ini berubah menjadi pasir putih. Pantai ini terletak di wilayah Air Punggur, Kecamatan Mukomuko Utara.

    1. Pantai Air Rami

    Pantai Air Rami atau bisa disebut juga dengan Pantai Agam berlokasi di Kecamatan Air Rami. Pantai ini terletak di pinggir Jalan Lintas Barat Sumatera, yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat. Karena letaknya yang cukup strategis, pantai ini sering dijadikan tempat perhentian orang untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan jarak jauh. Adanya muara sungai dan pemandangan pohon cemara menjadi hal yang menarik perhatian dari pantai ini.

    1. Danau Nibung

    Danau yang lokasinya sekitar empat kilometer dari pusat Kota Mukomuko, membuatnya tak begitu sulit untuk dijangkau. Danau ini menyajikan pemandangan berupa hutan tropis yang mengelilingi bukit-bukit di sekitar danau. Bentuk danau yang berkelok-kelok juga menjadi pemandangan unik yang sangat menarik.

    1. Benteng Anna

    Selain wisata alam yang begitu banyaknya bisa kita temukan di Kabupaten Mukomuko, terdapat pula wisata buatan di daerah ini. Salah satunya adalah Benteng Anna atau Fort Anne, yang merupakan peninggalan dari Inggris. Benteng yang terletak tidak jauh dari Pantai Indah Mukomuko ini didirikan pada tahun 1898. Kini, yang tersisa dari benteng ini adalah puing-puingnya saja, karena banyak bagian dari benteng ini yang hilang diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Mukomuko Bengkulu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar