Isu Keperpihakan ke Bacalon, Pj Bupati Inhil: Momen itu murni tidak disengaja

Daftar Isi


    Foto: Pj Bupati Erisman (baju hijau) saat membuka turnamen sepakbola Pinang Raya, KM 5 Bagan Jaya, Kecamatan Enok. (Dok. Humas) 



    Lancang Kuning, INHIL - Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir, H. Erisman Yahya, menanggapi tudingan yang menyatakan bahwa dirinya tidak netral dalam menjalankan tugasnya. 

    Erisman mempertanyakan atas tudingan tersebut sekaligus menegaskan bahwa kehadirannya di acara Turnamen Sepakbola Bagan Jaya CUP 2024 adalah murni kebetulan dan tidak ada janji dengan salah satu bakal calon (bacalon).

    Dr. Trio Beni Putra, SE, MM, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir wakili Pj Erisman, memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai situasi tersebut. 

    Ia menyatakan acara ini adalah kegiatan resmi Pemkab Inhil yang bertujuan untuk mempromosikan olahraga dan menjalin hubungan sosial di masyarakat. Kehadiran Pj Bupati sebagai pembuka dan penutup acara adalah bentuk dukungan pemerintah terhadap kegiatan positif ini. 

    Trio juga menekankan bahwa kehadiran bakal calon bupati di acara tersebut tidak menunjukkan dukungan khusus dari Pj Bupati. 

    “Siapa pun boleh hadir dalam acara ini, termasuk calon-calon yang berkompetisi. Namun, kami tegaskan bahwa itu bukan berarti ada hubungan atau perjanjian sebelumnya antara Pj Bupati dan calon tersebut,” ujarnya.

    Sebagai kepala daerah, Pj Bupati akan sering hadir di berbagai pertemuan dengan masyarakat dan bertemu dengan banyak orang, termasuk para bakal calon.

    “Kita harus mempertimbangkan sikap kita sebagai Pj Bupati. Apakah kita harus membatalkan acara, mengusir seseorang, atau tidak menghadiri acara sama sekali? Itu bukan pilihan yang bijak. Sebagai pejabat publik, kehadiran di tengah masyarakat adalah tanggung jawab,” ungkap Trio.

    Ia menambahkan, Pj Erisman menghimbau kepada media dan masyarakat untuk tidak membuat asumsi yang dapat menyesatkan. 

    "Tudingan tidak netral ini berpotensi menciptakan ketidakpahaman di kalangan masyarakat, dan kami tidak ingin hal itu terjadi," ulasnya.  

    Lebih lanjut, Trio mengingatkan bahwa Pj Bupati selalu berkomitmen untuk bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. 

    “Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Inhil juga dihimbau untuk menjaga netralitas dalam menghadapi kontestasi politik, agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan tanpa intervensi politik," imbuhnya. 

    Acara Turnamen Sepakbola Bagan Jaya CUP 2024 berlangsung di Lapangan Sepak Bola Pinang Raya, KM 5 Bagan Jaya, Kecamatan Enok, dan dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat. 

    Kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemkab Inhil untuk mendukung olahraga dan memperkuat solidaritas di tengah masyarakat. (LK/ADV) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Isu Keperpihakan ke Bacalon, Pj Bupati Inhil: Momen itu murni tidak disengaja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait