HUT RI ke-79, 464 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Rengat Terima Remisi

Daftar Isi


    Foto: Rezita Meylani Yopi, Bupati Inhu menyerahkan remisi kepada warga binaan rutan Kelas IIB Rengat.




    Lancang Kuning, INHU - Usai pelaksanaan upacara, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi bersama Forkopimda dan jajaran langsung bertolak ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat, Kanwil KemenkumHAM Riau, guna mengikuti upacara pemberian remisi umum HUT Ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024.

    Berlangsung di halaman tengah Rutan, sedikitnya ada 464 warga binaan yang menerima remisi umum hari kemerdekaan 17 Agustus 2024. Dari jumlah tersebut, tiga orang diantaranya menerima kado khusus dari negara berupa bebas langsung. 

    Mereka adalah, Edi Joko Susilo, Yadi als Apleh dan Tri Harioko. Dan terkait remisi sebagian atau pengurangan masa hukuman mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.

    Pelaksanaan upacara pemberian remisi berlangsung meriah dan khidmat, dan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi didaulat untuk membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RIRI.

    Begitu upacara dimulai, seluruh warga binaan yang berjumlah 787 orang dikeluarkan dari blok hunian dan dihadirkan di lapangan untuk mengikuti rangkaian upacara.

    Kehadiran Bupati dan rombongan Forkopimda Inhu yang terdiri dari, Kajari Inhu Winro Tumpal Halomoan Haro Munthe, Ketua PN Rengat Lia Herawati, Waka Polres Inhu Kompol Manapar Situmeang, Kasdim 0302 Mayor Inf Kabul, Kapolsek Rengat Barat AKP Buha Siahaan, beserta tamu undangan lainnya disambut hangat ratusan warga binaan dengan yel-yel yang dipandu secara langsung Kepala Rutan, Julius Barus.

    Suasana yang sebelumnya hening sontak berobah jadi heboh dan semangat. Bertindak sebagai Perwira Upacara, Kasubsi Pelayanan Tahanan Fery Kustian, sementara Komandan Upacara, Wan Rezwanda selaku Ka. KPR Rutan Rengat.

    Usai pembacaan dan penyerahan SK remisi secara simbolis, Bupati Inhu dan jajaran Forkopimda juga mendapatkan suguhan tontonan drama kolosal perjuangan pejuang kemerdekaan yang diperagakan para warga binaan  Rutan Rengat.

    Seluruh hadirin terpukau, terhipnotis dan terharu bahkan ada yang meneteskan air mata melihat penampilan warga binaan tersebut. Cerita akhir dari drama tersebut yaitu mengoyakkan bendera merah putih biru milik penjajah menjadi Merah Putih yang merupakan bendera Indonesia.

    Teriakan Merdeka dan lantunan lagu perjuangan serta lagu kemerdekaan menambah khidmat nya acara, dan berhasil menggetarkan hati Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, hingga secara spontan menyatakan akan memberikan hadiah berupa 1 ekor sapi untuk dipotong dan dikonsumsi bersama oleh warga binaan Rutan Rengat. 

    Gayung bersambut, ungkapan atas sumbangan tersebut langsung disambut dengan teriakan merdeka oleh ratusan warga binaan yang ada. (Dan/LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel HUT RI ke-79, 464 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Rengat Terima Remisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar