Harga TBS Sawit Riau Naik 2,29 Persen dari Minggu Lalu

Daftar Isi


    Pekerja menaikkan buah sawit ke dalam truk untuk kemudian dibawa ke Pabrik Kelapa Sawit.(ft:sawitinfo)

    LANCANGKUNING.COM,Pekanbaru-Kepala Dinas Perkebunan Riau Syahrial Abdi mengatakan, untuk kenaikan harga tertinggi berada di kelompok umur 9 tahun sebesar Rp 69,66/Kg atau mencapai 2,29% dari harga minggu lalu. Sehingga, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 3.115,08/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu kedepan.

    “Untuk harga cangkang berlaku untuk satu bulan kedepan dengan harga sebesar Rp 19,03/Kg. Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 91,96%, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 279,49 dan kernel minggu ini naik sebesar Rp 263,04 dari minggu lalu,” katanya.

    Harga ini ditetapkan Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim untuk satu minggu kedepan.

    Ada beberapa PKS yang tidak melakukan penjualan, berdasarkan permentan nomor 01 tahun 2018 pasal 8 maka harga cpo dan kernel yang digunakan adalah harga rata-rata tim. Apabila terkena validasi 2 maka digunakan harga rata-rata KPBN. Harga rata-rata CPO KPBN periodeini adalah Rp 13.047,75 dan harga rata-rata kernel KPBN periode ini adalah Rp 9.075,00.  

    “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa harga TBS yang ditetapkan oleh timuntuk mitra plasma mengalami kenaikan. Kenaikan harga minggu ini lebihdisebabkan karena faktor naiknya harga CPO dan Kernel,” ujarnya. 

    Dalam penetapan harga TBS Provinsi Riau Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun selalu melakukan perbaikan tata Kelola agar penetapan harga ini sesuai denganregulasi dan berkeadilan untuk kedua belah pihak yang bermitra. 

    “Membaiknya tata kelola penetapan harga ini merupakan upaya yang serius dari seluruhstakeholder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau. Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.(rie)


    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga TBS Sawit Riau Naik 2,29 Persen dari Minggu Lalu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar