Rakorda Pelaksanaan Anggaran Pusat dan Daerah Provinsi Riau 2024.

Daftar Isi


    LANCANGKUNING.COM,Pekanbaru- Pj Gubri SF Hariyanto gelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) pelaksanaan anggaran pusat dan daerah Provinsi Riau tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Daerah Balai Serindit yang dimulai dari pukul 12:30 WIB, pada Selasa (11/6/2024).

    Pantauan Lancangkuning.com, Pj Gubri mengatakan, pelaksanaan Rakorda ini ialah salah satu upaya kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat melalui kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaran (DJPB) Provinsi Riau.

    Dengan mengusung tema "Sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk kemandirian fiskal di Provinsi Riau". Pj Gubri juga mengatakan, ini merupakan refleksi atas amanat undang-undang HKPD yang menekankan 4 pilar strategi berupa penguatan local taxing power (penguatan pajak lokal), serta penurunan ketimpangan horizontal maupun vertikal. 

    SF Hariyanto menerangkan, Rakorda ini bertujuan guna memperkuat fungsi monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2023. Serta meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran di tahun 2024.

    "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, karena kita sudah melalui tahun agar 2023 dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari capaian indikator-indikator ekonomi Riau yang sangat baik sepanjang tahun 2023," ujarnya.

    Menurutnya, tingkat pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Riau menunjukkan positif, meskipun ada di tengah-tengah kondisi geopolitik yang tak stabil dan inflasi yang tinggi.

    "Tingkat pertumbuhan ekonomi menunjukkan kinerja positif walaupun berada di tengah-tengah kondisi geopolitik yang tidak stabil dan badai inflasi yang cukup tinggi," tambahnya.

    Selanjutnya juga, setelah pelaksanaan acara Rakorda, akan disusul seminar terkait sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk kemandirian fiskal di provinsi Riau. Diharapkan, seminar tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkal sumber pendapatan asli daerah (PAD).

    SF Hariyanto, juga menyampaikan sekaligus menyematkan penghargaan Treasury Award tahun 2023 kepada pemerintah daerah dan kementerian lembaga yang telah menunjukkan kinerja yang baik selama melaksanakan anggaran di tahun 2023. 

    "Kinerja baik yang ditunjukkan pada tahun 2023 hendaknya terus dipertahankan serta ditingkatkan ditahun ini dan kesempatan yang akan datang. Diharapkan momen ini dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk melaksanakan evaluasi pelaksanaan anggaran secara bersama, menyeluruh, dan dengan standar yang lebih tinggi," ujarnya.

    Harapannya, dengan melalui "Seminar Kemandirian Fiskal di Provinsi Riau" dapat menggunakan peluang untuk berdiskusi, mencari, dan merumuskan optimalisasi sumber-sumber pendapatan asli daerah dan potensi pembiayaan yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah.(und)



    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rakorda Pelaksanaan Anggaran Pusat dan Daerah Provinsi Riau 2024.
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar