Mendikbud Buka Suara: UKT Naik Hanya Untuk Mahasiswa Baru

Daftar Isi


    LANCANGKUNING.COM,Jakarta-Belakangan ini sedang hangat, perihal isu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengalami lonjakan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi seluruh mahasiswa dan mahasiswa baru yang ada di Indonesia.

    Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menegaskan, peraturan kenaikan UKT berlaku hanya kepada mahasiswa baru. Nadiem menyampaikan saat rapat dengan Komisi X DPR RI, terkait kenaikan UKT tidak ada dampaknya kepada mahasiswa yang telah berjalan pendidikannya.

    "Peraturan Kemendikbud ini tegaskan, jadi peraturan UKT baru ini hanya berlaku kepada mahasiswa baru, tidak berlaku untuk mahasiswa yang sudah belajar di perguruan tinggi," ujar Nadiem, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa Siang (21/5).

    Mendikbudristek Nadiem Makarim, juga menegaskan perihal informasi yang sudah meluas di media sosial dan internet tentang kenaikan UKT itu tidak benar. Melainkan, Nadiem menyebut bahwa kenaikan UKT bagi mahasiswa baru juga akan melihat sisi ekonomi keluarga mahasiswa.

    "Masih ada miss persepsi di berbagai kalangan di sosial media, bahwa ini akan tiba-tiba mengubah UKT pada mahasiswa yang sudah melaksanakan pendidikan di perguruan tinggi ini tidak benar sama," ujarnya.

    Selain itu, Nadiem mengatakan hal ini diterapkan untuk mahasiswa baru dan juga dampaknya tidak akan terlalu signifikan besar bagi mahasiswa baru yang tingkat ekonominya belum memadai.

    "Ini hanya akan berlaku untuk mahasiswa baru dan sebenarnya tidak akan berdampak besar dengan tingkat ekonomi yang belum mampan atau belum memadai," pungkasnya.

    Ia juga megatakan, UKT di setiap tahunnya selalu berjenjang, hal itu agar keluarga yang mampu dan menengah keatas dapat membayar tarif UKT lebih, sedangkan yang tidak mampu bisa bayar lebih ringan.

    "Dan karena itu, UKT itu selalu berjenjang. Artinya apa? Artinya bagi mahasiswa yang punya keluarga lebih mampu bayar lebih banyak, dan yang tidak mampu bayar lebih sedikit," tutup Nadiem Makarim.(und)



    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mendikbud Buka Suara: UKT Naik Hanya Untuk Mahasiswa Baru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar