Gubernur BI: Rupiah Rp13.900 per-Dolar AS itu Masih Murah

Daftar Isi

    JAKARTA- Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menanggapi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang tak beranjak dari Rp13.970 per-Dolar AS, mengatakan nilai tukar rupiah masih terlalu murah atau undervalued.

    "Hitung-hitungan fundamental, nilai tukar Rupiah kita masih undervalued, baik hitung-hitungan dalam bentuk inflasi yang rendah dan prospek ekonomi yang lebih baik, dan juga neraca pembayaran secara triwulan baik," ujar Perry di Gedung BI, Jumat (8/2/2019).

    Untuk menjaga agar nilai tukar Rupiah stabil dan bisa menguat, Perry menjelaskan akan fokus pada kebijakan moneter terhadap suku bunga. Sedangkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, pihaknya akan menerapkan kebijakan moneter likuiditas.

    "Sampai sejauh ini kami memegang arah kebijakan yang hampir mencapai puncaknya. Jadi kebijakan moneter suku bunga masih diarahkan menjaga stabilitas eksternal, untuk nilai tukar Rupiah dan menurunkan defisit transaksi berjalan. Sedangkan, kebijakan likuiditas kami arahkan pro growth, pro pertumbuhan."

    "Harus secara jelas bagaimana arah kebijakan moneter. Suku bunga hampir mencapai puncak. Tapi, likuiditas kita kendor. Hawkish atau tidak? Suku bunga iya, likuiditas tidak," tandasnya seperti dilaporkan cnbcindonesia.com.(rmh)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubernur BI: Rupiah Rp13.900 per-Dolar AS itu Masih Murah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar