Tempat Magang Jurusan Ilmu Komuniksi Jambi

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Ilmu komunikasi merupakan satu dari sejumlah jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Meski tak selalu berkaitan dengan teknologi, namun erat dengan dunia informasi.

    Jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di bidang ilmu sosial. Setiap tahunnya, jurusan atau program studi (Prodi) ilmu komunikasi selalu dipenuhi calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri.

    Lalu, apa itu jurusan ilmu komunikasi?

    Bagi mereka yang awam dengan jurusan ini, mungkin akan beranggapan bahwa komunikasi hanya mengajarkan tentang cara bicara dengan benar. Padahal, lebih dari itu.

    Jika ditarik garis besarnya, ilmu komunikasi merupakan jurusan yang mempelajari proses terjadinya suatu komunikasi atau cara menyampaikan pesan secara efektif hingga tepat sasaran.

    Ilmu yang harus kamu pelajari di jurusan komunikasi ini sangat luas. Karena sebagai makhluk sosial, komunikasi tidak terlepas dari keseharian masyarakat, baik itu antar personal atau perorangan hingga dalam bentuk massa atau kelompok.

    Selain itu, ilmu komunikasi punya banyak bentuk. Bukan hanya tentang berbicara, tulisan, dan gambar atau simbol. Kamu akan mempelajari cara untuk menyampaikan pesan secara efektif. Tak hanya teori, tapi juga dalam bentuk praktik di kehidupan sehari-hari.

    Meski beberapa mata kuliah hanya bentuk teori, namun yang dipelajari tidak sekedar teori. Namun, teori yang dipelajari sangat jauh dari kata membosankan.

    Sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa jurusan ilmu komunikasi hanya diperuntukkan bagi mereka yang ekstrovert atau berkepribadian terbuka. Tapi nyatanya, orang-orang intorvert banyak sukses di dunia kerja lewat Ilmu komunikasi.

    Ilmu komunikasi tidak hanya tentang cara tampil di depan layar, mereka berada di belakang layar sangat berperan penting dalam mendukung penampilan mereka yang di depan layar. Dan sebagian besar mereka yang di belakang layar adalah mereka para lulusan ilmu komunikasi dengan kepribadian introvert.

    Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

    Perkembangan industri media yang sangat pesat di Indonesia, memberi peluang yang luas bagi lulusan ilmu komunikasi berkarir di media. Selain itu, kesempatan kerja bagi lulusan ilmu komunikasi juga menjanjikan.

    Kamu bisa bekerja di media televisi, media digital, radio, dan koran maupun majalah. Kamu harus tahu, jurusan ilmu komunikasi layaknya jembatan yang menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Sehingga, lulusan-lulusan untuk jurusan ini sangat dibutuhkan.

    Tak hanya di media informasi cetak maupun digital, lulusan ilmu komunikasi juga berperan di perusahaan sebagai Public Relations atau PR.

    Adapun sejumlah pekerjaan yang bisa menjadi peluang bagi lulusan ilmu komunikasi untuk berkarir, di antaranya:

    1. Jurnalis

    Jurnalistik merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikasi dan menjadi mata kuliah yang wajib dipelajari di bangku kuliah.

    Kemampuan dalam menulis, dan tingkat kepekaan yang tinggi terhadap kondisi di sekitar dibutuhkan jika ingin bekerja sebagai jurnalis.

    Tugasnya, mencari, memilih, mengumpulkan, mengolah, hingga menyajikan sebuah informasi dalam bentuk berita agar dapat disiarkan atau disampaikan kepada masyarakat, baik melalui media cetak, digital, maupun elektronik.

    2. Public Relations

    Biasanya public relations atau PR bekerja di perusahaan maupun instansi swasta atau milik pemerintah. Tugasnya, menjalankan fungsi-fungsi dalam sebuah organisasi, mulai dari menjalin dan membentuk relasi dengan konsumen hingga media.

    PR bisa dikatakan sebagai perwakilan perusahaan atau suatu kelompok yang berkepentingan, baik dalam menjalin kerja sama, hingga menjadi mediator jika terjadi konflik.

    Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi Jambi

    Seperti kebanyakan jurusan di perguruan tinggi Jambi, ilmu komunikasi juga mengharuskan mahasiswanya mengikuti program magang sebagai syarat kelulusan dan meraih gelar sarjana.

    Kebanyakan kampus di Jambi mungkin akan menempatkan mahasiswa magang di tempat yang sudah ditentukan. Namun, sebagian perguruan tinggi membebaskan mahasiswa untuk memilih tempat magang sendiri di Jambi.

    Nah, saat ini Garuda Cyber Indonesia tengah membuka program magang bagi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Garuda Cyber Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT dan sudah berdiri sejak 2013.

    Di sini kamu akan dilatih dan dibimbing oleh instruktur, mentor atau pembimbing yang profesional dan berpengalaman. Kamu hanya perlu mendaftar dan menjadi bagian dari program magang di Garuda Cyber Indonesia.

    Contact Person : 0811-7692-800

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Magang Jurusan Ilmu Komuniksi Jambi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar