Kampus Swasta Terbaik di Padang, Sumatera Barat

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Tidak lama lagi siswa kelas 3 sekolah menengah akan memasuki tingkat akhir yang harus mereka lalui agar lulus di bangku SMA maupun SMK. Artinya, waktu untuk mempertimbangkan segala hal sebelum memilih perguruan tinggi yang tepat sudah tidak banyak lagi dan saat-saat menentukan pilihan pun juga semakin dekat pula. 

    Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan langkah awal untuk menuju mewujudkan cita-cita. Sehingga, dibutuhkan persiapan sangat matang agar tidak salah dalam memilih. Karena, pilihan saat memasuki perguruan tinggi akan sangat mempengaruhi masa depan.

    Sayangnya, masih banyak  calon mahasiswa yang bingung dan kesulitan memilih universitas terbaik. Nah, ada beberapa hal untuk kamu pertimbangkan sebelum menentukan kampus terbaik yang akan menjadi tempat kamu melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, apa saja?

    Pertama, akreditasi kampus. Saat kesulitan memilih kampus yang tepat, akreditasi harus menjadi tolak ukur untuk mengetahui kualitas kampus.  Akreditasi membuat sebuah kampus memiliki kualitas dalam mencetak lulusan yang akan menjadi prioritas ketika mencari kerja.

    Bahkan, beberapa perusahaan menjadikan akreditasi kampus sebagai syarat dalam sebuah lowongan pekerjaan. Jadi, pastikan kampus yang akan kamu pilih sudah mengantongi akreditasi.

    Kedua, fasilitas. Fasilitas adalah kunci untuk menciptakan pendidikan dengan mutu terbaik. Dengan adanya fasilitas memadai, perkuliahan dapat berjalan dengan lancar dan sempurna.

    Selain itu, fasiltas lengkap juga memudahkan mahasiswa menerima setiap materi kuliah agar terampil, mandiri, serta kreatif. Sehingga, perlu untuk memastikan fasilitas sebuah kampus memadai.

    Ketiga, kurikulum. Ciri lainnya yang membuat sebuah kampus memiliki kualitas terbaik adalah kurikulum. Kurikulum sangat dibutuhkan dalam mencetak lulusan dengan kompetensi sesuai kebutuhan di dunia kerja.

    Jadi, pastikan kurikulum di kampus yang akan kamu pilih sudah sesuai dengan kompetensi.

    Keempat, kualitas kampus. Kampus bermutu menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan untuk masa depan. Pasalnya, masa depan tidak bisa dipilih dengan cuma-cuma, namun harus memberikan segala keuntungan di kemudian hari.

    Itulah sebabnya, sangat penting mempertimpangkan kualitas sebuah kampus. Semakin baik kualitas sebuah kampus, maka semakin mudah pula bagi lulusannya menggapai mimpinya dan meniti karir sesuai keingingan.

    Kelima, kenyamanan. Masa perkuliahan di perguruan tinggi menghabiskan waktu yang tidak sebentar sampai akhirnya meraih gelar sarjana. Sehingga sangat penting memilih kampus yang memberikan kenyamanan untuk menghabiskan waktu panjang perkuliahan.

    Maka faktor kenyamanan juga harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah kampus. Karena, kenyamanan selama kuliah juga mampu mempengaruhi tingkat kreativitas mahasiswa.

    Universitas Swasta Terbaik di Sumatera Barat
    Bukan hanya perguruan tinggi negeri, kampus swasta juga menjadi incaran banyak calon mahasiswa karena kualitas serta mutunya yang tak jauh lebih baik dari lembaga pendidikan tinggi negeri. 

    Bahkan, beberapa universitas swasta menawarkan program yang menjanjikan untuk dunia kerja. Jadi tidak heran, jika banyak calon mahasiswa yang memutuskan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah kampus swasta.

    Salah satu kota dengan universitas terbaik adalah Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Kota Padang bukan hanya terkenal dengan kulinernya yang mendunia, tapi kamu harus tahu bahwa daerah ini juga dikenal dengan pendidikannya yang berkualitas. 

    Tahukah kamu? Sejak zaman kolonial Belanda, Kota Padang Sudah dikenal sebagai pusat untuk mendapatkan pendidikan terbaik di Sumatera Barat. Selain memiliki letak strategis untuk jalur dagang, sejarah menjadikan Kota Padang dengan pendidikan yang menjadi daya tarik pribumi untuk datang ke daerah tersebut.

    Kota Padang memiliki sistem pendidikan paling lengkap dengan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan Barat maupun Islami yang membuatnya memiliki peran penting di masa pergerakan negeri ini. 

    Di tahun 1864, tercatat sebanyak 237 pelajar terdaftar dan mengenyam pendidikan di Kota Padang. Bahkan, Kota Padang menjadi tempat lahirnya para tokoh-tokoh intelektual. 

    Pantas saja, hingga saat puluhan perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik ada di Kota Padang. Bukan hanya perguruan tinggi negeri, universitas swasta di Kota Padang, Sumbar juga memiliki kualitas dan mutu pendidikan terbaik dengan lulusan-lulusan berkompetensi yang mampu bersaing di dunia kerja.

    Sebuah perguruan tinggi swasta harus memiliki kriteria tertentu untuk menjadi yang terbaik di Kota Padang, Sumbar. Di antaranya yakni, sudah mengantongi akreditasi yang membuatnya diakui sebagai lembaga pendidikan tinggi di tanah air.

    Selain itu, universitas swasta terbaik harus memiliki pendidikan jenjang strata 1 atau S1 dengan pembelajaran yang formal dalam format pendidikan tatap muka, daring, maupun tradisional.

    Nah, bagi kamu yang berdomisili di Kota Padang, Sumbar atau ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah di kota ini, setidaknya ada tiga pilihan universitas swasta terbaik di Kota Padang yang bisa jadi pilihan untuk mewujudkan mimpimu.

    1.    Universtas Adzkia



    Kunjungi Website : adzkia.ac.id 
    Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.adzkia.ac.id 
    No Telp : 085265280997

    Universitas Adzkia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta bergengsi di Kota Padang, Sumbar. Kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB) ini didirikan oleh Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc yang merupakan mantan Gubernur Sumbar dua periode dan saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Adzkia.

    Sejarah Perkembangan Universitas Adzkia
    Dalam perkembangannya, Universitas Adzkia sebelumnya harus melalui perjalanan panjang sebelum dikenal sebagai kampus swasta yang patut diperhitungkan di Kota Padang, Sumbar.

    Tepatnya pada 1994, kampus ini lahir sebagai Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam (PGTKI). Hingga tahun 2002, PGTKI mengasuh satu jurusan Diploma Satu (D1), yakni Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam.

    Kemudian di periode 2003 sampai 2005, kampus tersebut berkembang sebagai Akademi Kependidikan Islam Adzkia (AKIA) dengan mengasuh dua jurusan Diploma Dua (D2) untuk Pendidikan Guru Raudatul Athfal dan jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di bawah binaan Kementerian Agama. 

    Saat itu, AKIA yang berada di kepemimpinan Drs. Faisal bersama Muchlasin S.Si bahkan membuka cabang di Bukittinggi. Seiring perkembangannya, AKIA membuka program studi (Prodi) untuk Strata 1 (S1) Pendidikan Bahasa Arab. Sayangnya, prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab tidak berlangsung lama, karena sedikitnya jumlah peminat terhadap jurusan tersebut.
    Lalu setahun kemudian, yakni periode 2006-2008 setelah penambahan prodi tersebut, AKIA bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Adzkia. Hingga 2004, AKIA/STIT telah melahirkan kurang lebih 1707 orang lulusan yang sudah mengabdikan diri di PAUD hingga tingkat SD serta pegawai negeri sipil (PNS) di berbagai instansi pemerintahan di Sumbar maupun luar provinsi.

    Selanjutnya, kampus ini kembali dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) pada periode 2009. Dibukanya STKIP beriringan dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan tenaga didik tingkat TK hingga SMA sederajat memiliki kompetensi dari lulusan sarjana atau D-IV.

    STIT yang sudah tidak dibenarkan untuk menerima mahasiswa baru selanjutnya berganti menjadi STKIP dengan dua prodi awal, yakni S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Sampai pada 2017 STKIP terus membuka prodi-prodi baru yang fokus pada keguruan dan ilmu pendidikan.

    Akhirnya tahun lalu, tepatnya tahun 2021, STKIP Adzkia resmi berdiri sebagai Universitas Adzkia. Seiring dengan dikembangkannya kampus ini, Universitas Adzkia turut membuka prodi-prodi baru di bidang teknologi informasi yang dipersiapkan untuk melahirkan lulusan-lulusan mampu bersaing di era revolusi 4.0 sekarang ini di dunia kerja.

    Kenapa Harus Kuliah di Universitas Adzkia?
    Kendati berdiri sebagai kampus swasta, Universitas Adzkia Universitas Adzkia bertekad untuk membangun genarasi yang berkarakter dan berprestasi, unggul serta Islmi. Sehingga patut diperhitungkan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. 

    Beberapa hal ini akan menjadi alasan yang membuat kamu memutuskan untuk masuk kuliah di Universitas Adzkia, Padang. Apa saja? Berikut di antaranya:

    -    Didirikan dan dipimpin oleh Mantan Gubernur Sumbar 2 Periode

    Perkembangan Universitas Adzkia sejak berdiri sebagai Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam (PGTKI) hingga dikenal sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Padang, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc memiliki peran sangat besar.

    Setelah mendirikan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB), mantan Gubernur Sumbar 2 Periode itu membuka jalan untuk YASB menjadi lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas, berkompetensi dan berkarakter Islami serta mampu bersaing di dunia kerja.

    Di bawah kepemimpinannya, Universitas Adzkia memiliki cita-cita besar agar menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang memberikan manfaat bagi masyarakat serta pembangunan bangsa, bahkan berkiprah di kancah internasional.

    -    Terakreditasi

    Di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB), Universitas menjadi bagian paling penting di lembaga pendidikan ini. Selain mengantongi segala syarat dan diakui sebagai perguruan tinggi swasta berpengaruh di Kota Padang, Sumbar dalam mencetak generasi-generasi cerdas dan bermanfaat di tengah masyarakat dan negeri ini, Universitas Adzkia pun sudah telah menerima akreditasi.

    Akreditasi adalah hasil penilaian yang diterima Universitas Adzkia untuk untuk menunjukkan kinerja sebagai perguruan tinggi. Universitas Adzkia telah mendapat pengakuan sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka melalui akreditasi secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

    Akreditasi kampus sangat memilki pengaruh besar dan menjadi standar untuk mengeluarkan ijazah secara sah. Selain itu, saat memilih perguruan tinggi, Akreditasi menjadi pertimbangan calon mahasiswa untuk mengetahui kualitas dan mutu pendidikan serta tenaga pengajar kampus. 

    -    World Class University

    Universitas Adzkia tengah mempersiapkan diri menuju world class university (kampus berkelas dunia). World Class University adalah istilah yang digunakan untuk perguruan tinggi yang mendapat peringkat, pengakuan serta penilaian berskala dunia.

    Tidak lama lagi, Universitas Adzkia akan menjadi lembaga pendidikan yang memiliki reputasi di kancah internasional. Dengan demikian, para lulusan kampus Adzkia mampu bersaing di era globalisasi ini.

    Langkah ini adalah upaya Universitas Adzkia untuk mempersiapkan lulusan dengan kemampuan berdaya saing di dunia kerja, unggul di bidang teknologi informasi, terutama di era revolusi industri 4.0 yang telah mengalami perkembangan pesat seperti saat ini.

    -    Sistem Digitalisasi

    Dalam rangka mewujukan world class universitya, Universitas Adzkia telah mengambil langkah dengan menerapkan sistem digitalisasi. Digitalisasi sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 ini, tidak terkecuali untuk sistem pendidikan perguruan tinggi.

    Digitalisasi mampu meningkatkan efektivitas dan efesiensi, serta menunjang tingkat mutu perguruan tinggia. Sebab itu, Universitas Adzkia menerapkan sistem digitalitasi untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam segala hal.

    Saat ini Universitas Adzkia telah menerapkan digitalisasi untuk sistem penerimaan serta pendaftaran mahasiswa baru, sistem pembayaran, pembelajaran (E-learning), aplikasi kampus, sistem akademik, hingga proses wisuda atau kelulusan mahasiswa.

    -    Fasilitas Lengkap dan Memadai

    Meski terbilang baru berdiri untuk skala universitas, Universitas Adzkia merupakan lembaga pendidikan yajng berpengalaman dalam mempersiapkan lulusan-lulusan yang berkompetensi dan berdaya saing di dunia kerja.

    Sehingga, gedung megah kampus yang berdiri megah di Jalan Raya Taratak Paneh No 7, Korong Gadang, Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat ini dilengkapi dengan fasilitas mewah dan memadai. 

    Untuk menunjang kegiatan perkualiahan maupun kemahasiswaan, Universitas Adzkia memfasilitasi mahasiswanya dengan ruang kuliah yang nyaman dengan jaringan dan akses internet gratis, perpustakaan dengan ribuan buku, laboratorium untuk komputer dan bahasa, IPA, PAUD, serta microteaching untuk menunjang praktik mengajar.

    Selain itu, ada pula convention center untuk menunjang kegiatan mahasiswa, sanggar seni, masjid dan musholla yang mampu menampung ratusan mahasiswa untuk beribadah, asrama mahasiswa dengan sarana dan prasarana lengkap.

    Tak hanya itu, fasilitas untuk mendukung kegiatan olahraga mahasiswa juga sangat lengkap. Mulai dari lapangan untuk futsal, basket, dan badminton. Ada juga kolam renang bersih dan higienis dengan kapasitas hingga sekitar 100 orang, serta sarana outbound yang menyenangkan.

    2.    Universitas Tamansiswa



    Kunjungi Website : unitas-pdg.ac.id
    Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.unitas-pdg.ac.id
    No Telp : (0751) 40020 / 083182619749


    Satu lagi perguruan tinggi swasta di Kota Padang, Sumbar, yakni Universitas Tamansiswa. Universitas Tamansiswa berpusat di Yogyakarta. Universitas Tamansiswa Padang merupakan satu dari 4 cabang perguruan tinggi Tamansiswa yang berada di naungan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

    Kini, Universitas Tamansiswa menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Kota Padang, bahkan menjadi favorit sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah oleh para calon mahasiswa. Tapi, ada sejarah panjang dari pendirian Universitas Tamansiswa sampai akhirnya menjadi salah satu kampus swasta terkemuka yang diperhitungkan di negeri ini.

    Sejarah Universitas Tamansiswa
    Pendirian perguruan tinggi Tamansiswa merupakan hasil buah pikiran dari sosok Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara yang hari kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei setiap tahun di tanah air.

    Tepatnya Agustus 1957,  Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Tamansiswa yang didasari oleh tingginya komitmen sang Bapak Pendidikan Nasional untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan mencerdaskan anak bangsa. 

    Bersama Ki H. Yusuf Nur, perguruan Tamansiswa diawali dengan menyelenggarakan pendidikan untuk tingkat SD, SLTP dan SMU di masa itu. Pada 1982, lembaga pendidikan perguruan Tamansiswa berorientasi dan berkembang hingga tingkat akademi dengan berdirinya Akademi Pertanian dan Peternakan (APERTANA).

    Kemudian pada 1987, perguruan Tamansiswa yang kian berkembang dimekarkan dan bertransformasi menjadi perguruan tinggi Universitas Taman Siswa (UNITAS) Padang. Dikembangkannya Tamansiswa hingga ke tingkat perguruan tinggi didasari oleh fenomena tingginya jumlah siswa lulusan SMU maupun SMK sederajat yang tak mampu ditampung perguruan tinggi negeri kala itu.

    Selain itu, pesatnya perkembangan di bidang IPTEK serta perjuangan yang menjadi cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara dalam memajukan pendidikan Indonesia juga sekaligus dalam rangka memberikan dukungan terhadap program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa, serta ketersediaan terkait sarana prasarana turut mempengaruhi dimekarkannya perguruan Tamansiswa sebagai universitas.

    Ketika itu, Universitas Tamansiswa hanya membuka tiga fakultas, yakni fakultas pertanian, fakultas ekonomi, dan fakultas hukum. Universitas Tamansiswa bertekad untuk mengiringi perkembangan IPTEK dengan IMTAQ agar menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan berkompeten di displin ilmu yang ditekuninya.

    Visi dan Misi Universitas Tamansiswa 
    Universitas Tamansiswa memiliki visi untuk mewujudkan kampus Asean Enterpreneurial University dengan karakter ketamanasiswaan di tahun 2040.

    Sedangkan misi Universitas Tamansiswa, yakni menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berlandaskan pengembangan ilmu serta teknologi yang menghasilkan wirausahawan atau enterpreneur dengan karakter ketamansiswaan.

    Lalu menyelenggarakan penelitian berorientasi penemuan terkait ilmu pengetahuan yang baru serta menghasilkan jurnal, buku ajar, serta produk paten. Kemudian, menyelenggarakan pengabdian serta mendiseminasikan hasil dari penelitian untuk menaikkan tingkat kesejahteraan bagi masyarakat.

    Selain itu, Universitas Tamansiswa juga mengemban misi untuk turut mengembangkan pengetahuan dan teknologi, serta membuka berbagai pusat pembelajaran agar dapat menghasilkan bisnis-bisnis baru yang berbasis dari kearifan lokal. Serta, mewujudkan tata kelola universitas yang diselenggarakan dengan basis sesuai standar mutu nasional.

    Mengapa Harus Kuliah di Universitas Tamansiswa?
    Universitas Tamansiswa merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Kota Padang, Sumbar. Hingga kini, Universitas Tamansiswa menjadi satu dari kampus swasta populer dan terfavorit yang menjadi pilihan para calon mahasiswa di Kota Padang, maupun dari luar daerah Sumbar.

    Selain memiliki sejarah menarik dan berpengaruh dalam membangun generasi cerdas di tanah air yang berawal dari buah pikiran Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara.

    Selain itu, Universitas Tamansiswa Padang berkomitmen untuk melahirkan sarjana-sarjana yang berdaya saing di bidang teknologi informasi serta mampu menjawab tantangan di era revolusi 4.0 ini.

    Tak hanya itu, sejumlah keunggulan lainnya yang dimiliki kampus ini akan membuat kamu memutuskan melanjutkan pendidikan kuliah di Universitas Tamansiswa, yakni:

    •    Beralamatkan di Jalan Tamansiswa No. 9 Kota Padang, Sumatera Barat, gedung kampus yang penuh sejarah ini berdiri megah dengan letak strategis di tengah kota.

    •    Universitas Tamansiswa telah mengantongi akreditasi B secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sehingga, terbukti kualitas dan mutu pendidikan hingga tenaga pengajarnya.

    •    Menerapkan sistem belajar digitalisasi atau E-learning yang menyenangkan dengan jadwal kuliah yang bisa disesuaikan, yakni kelas pagi, siang maupun kelas malam dan kelas Jumat sampai Sabtu serta kelas E-learning.

    •    Tak hanya sistem belajar, sistem digitalisasi juga diterapkan pada setiap proses administrasi serta sistem informasi digital, jurnal online hingga bursa kerja yang dapat diakses kapan dan dimana saja.

    •    Menyediakan program kuliah sambil kerja dan program lulus langsung kerja.

    •    Memberikan peluang kerja yang luas dengan adanya kerjasama Universitas Tamansiswa dengan kurang lebih 50-an instansi lokal maupun nasional.

    •    Memfasilitasi kegiatan keorganisasian mahasiswa sesuai bakat.

    •    Menyediakan ratusan kuota beasiswa.

    •    Fasilitas lengkap dan memadai, yakni:

    -    Perpustakaan universitas dan perpustakaan digital
    -    Laboratorium komputer, bahasa, kewirausahawan, pertanian, peternakan, dan lahan percobaan
    -    Akses internet Wifi
    -    Lapangan untuk olahraga badminton, futsal, voli, dan basket
    -    Ruang seminar, aula, dan musholla
    -    Digital proyektor
    -    Pusat kegiatan kemahasiswaan
    -    Bahkan tersedia asuransi kecelakaan.

    3.    STAI YDI



    Kunjungi Website : stai-ydi.ac.id
    Pendaftaran Mahasiswa Baru : spmb.stai-ydi.ac.id
    No Telp : (0753) 4725376 / 082256004960 


    Ada lagi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Kota Padang, Sumbar. Ya, Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Dakwah Islamiyah (STAI YDI).  STAI YDI menjadi satu dari sejumlah kampus swasta yang patut diperhitungkan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

    Seperti dua kampus swasta sebelumnya, pendirian STAI YDI juga diwarnai sejarah panjang hingga diakui sebagai salah satu perguruan tinggi bergengsi di Kota Padang.

    Sejarah STAI YDI
    Berlandaskan Akta Notaris Hajjah Deetje Farida Djanas Sarjana Hukum, pada 1 Mei 1991 didirikanlah Yayasan Dakwah Islamiyah di Kota Padang, Sumbar, tepatnya Lubuk Sekaping, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumbar. Kemudian diubah menjadi akta notaris Rjalul Fikri, S.H, M.Kn, SK Menkumham RI tertanggal 31 Maret 2010.

    YDI tidak serta-merta menjadi sekolah tinggi agama Islam, namun diawali dengan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) melalui prakarsa H. Helmi. R bersama para sarjana yang bertugas di Departemen Agama Kabupaten Pasaman dan lainnya.

    Berawal dari 53 mahasiswa baru, STID menyelenggarakan kuliah pertama pada 20 September 1991 di Gedung Pancasila Lubuk Sikaping dengan program studi penyiaran dan penerangan agama Islam.

    Tapi berdasarkan surat keputusan Menteri Agama tertanggal 16 Februari 1994, perguruan tinggi diharuskan untuk membuka minimal dua jurusan. Hal inilah yang mendasari STAI didirikan seiring dibukanya dua jurusan baru lainnya. Tepatnya, 20 September ditetapkan sebagai hari jadi STAI Lubuk Sikaping.

    Visi dan Misi STAI YDI
    STAI YDI memiliki visi menjadi sekolah tinggi agama Islam yang unggul pada 2035, yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan dan teknoloi, serta entrepreneurship.

    Sedangkan misi yang diemban STAI YDI adalah menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran agar dapat melahirkan cendikiawan muslim profesional, berjiwa entrepreneurship, dan berintegritas.

    Lalu, melakukan penelitian serta pengkajian dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta entrepreneurship berlandaskan nilai-nilai Islami. Kemudian, mengabdi kepada masyarakat yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta entrepreneurship berlandaskan nilai-nilai Islami.

    Selanjutnya mempersipakan dan meningkatkan sumber daya manusia serta sarana prasarana guna menunjang kelancaran dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif. Serta, menjalin juga memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai stakeholder guna mengoptimalkan penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang bersifat regional, nasional maupun internasional.

    Kenapa harus masuk kuliah di STAI YDI?
    Selain menjadi salah satu perguruan tinggi swasta bergengsi dan terkemuka di Kota Padang, Sumbar, STAI YDI juga harus dipertimbangkan sebagai pilihan karena berbagai kelebihan dan keunggulan lain yang dimilikinya, yakni:

    1.    Jadikan Kamu Intelektual Islami

    Bukan hanya menjadi lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan seusai displin ilmu yang dipilih, STAI YDI Lubuk Sikaping juga akan menjadikan kamu sebagai intelektual Islami yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan masyarakat bersama STAI YDI Lubuk Sikaping.

    2.    Terakreditasi

    Tahukah kamu? Akreditasi merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi. Akreditasi merupakan hasil penilaian terhadap perguruan tinggi untuk menerima pengakuan atas kualitas dan mutu pendidikan hingga tenaga pengajarnya.

    Nah, saat ini STAI YDI sudah mengantongi akreditasi resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sehingga kualitas dan mutu pendidikan hingga tenaga pengajarnya dapat diakui di dunia pendidikan.

    3.    Fasilitas Lengkap

    STAI YDI sudah memiliki kampus sendiri dengan fasilitas lengkap dan memadai untuk menunjang perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya, di antaranya:
    •    Perpustakaan yang menggunakan sistem digitalisasi sehingga memudahkan untuk diakses.
    •    Selain itu, perpustakaan STAI YDI sudah dilengkapi dengan 20.000 eksemplar buku untuk membantu mahasiswa mendapatkan materi-materi yang dibutuhkan dalam perkuliahan.
    •    Labor micro teaching
    •    Lingkungan kampus yang dilengkapi akses wifi atau internet
    •    Ruangan kelas yang dilengkapi dengan infocus
    •    Lapangan untuk olahraga
    •    Serta, masjid untuk menunjang kegiatan ibadah mahasiswa di kampus.

    4.    Lembaga Penunjang

    STAI YDI memiliki lembaga penunjang yang akan mengasah kemampuan dan keterampilan mahasiswa di luar kegiatan perkuliahan, yakni: Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Ikatan Alumni (ILUNI), dan pusat informasi konseling (PIK).

    5.    Satu Sarjana Dua Keahlian

    Selain itu, STAI YDI memiliki program unggulan menarik untuk mempersiapkan kamu menjadi lulusan yang tak hanya bergelar sarjana, namun memiliki keahlian lainnya.

    Melalui program magang kewirausahaan dan unit kegiatan mahasiswa (UKM), kamu akan dipersiapkan untuk menjadi lulusan sarjana yang tak hanya memiliki satu keahlian tapi dua sekaligus.
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kampus Swasta Terbaik di Padang, Sumatera Barat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar