BI Sumbar-DD Singgalang BerkolaborAksi Bantu Penyintas Gempa Pasaman Barat

Daftar Isi

    Foto: Penyerahan bantuan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat bersama Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang kepada Bupati Pasaman Barat.

     

    Lancang Kuning - Pasca gempa 6,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kab. Pasaman dan Pasaman Barat pada Jumat (25/02/2022). Kemudian disusul dengan banjir dan tanah longsor. Ribuan rumah, sekolah dan fasilitas umum mengalami kerusakan berat hingga ringan.

    Tidak hanya itu, ribuan orang tinggal di tenda-tenda pengungsian dan belum beraktivitas normal. Dari data BNPB da DMC Dompet Dhuafa per Senin (28/02/2022) 11 orang dinyatakan meninggal dunia, 4 orang dalam status pencairan. 

    Sebagai bentuk kepedulian dengan situasi pasca musibah ini.  Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Barat bersama
    Dompet Dhuafa Singgalang menyalurkan  donasi dari pegawai melalui Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) dan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi senilai Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah).

    "Total Bantuan yang terkumpul untuk disalurkan sebesar Rp100.000.000,- sebagai kontribusi untuk  meringankan beban masyarakat korban bencana di Pasaman dan Pasaman Barat," kata Kepala BI perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama di Simpang Empat, Kamis (03/03/2022).

    Donasi ini telah dikonversi menjadi aneka bantuan. Berupa penyediaan Dapur Keliling (Darling), Family KIT, Baby & Mommy KIT dan Hygiene KIT. "Semua paket donasi ini telah disiapkan oleh tim DD Singgalang bersama Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Dan siap disalurkan kepada para penyintas" kata Wahyu.

    Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang, Hadie Bandarian Syah mengatakan sinergi penyaluran donasi ini merupakan bentuk kepedulian bersama meringankan korban terdampak Gempa di Pasaman dan Pasaman Barat.

    "Selain sinergi bersama BI Sumbar. DD  Singgalang bersama DMC Dompet Dhuafa juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako. Pendirian Dapur Umum bagi korban Gempa. Kemudian, pendirian Rumah Sakit Lapangan dengan layanan 24 Jam," papar Hadie.

    Selanjutnya, Hadie mengatakan sinergi pendistribusuan donasi BI  kali ini, disalurkan di Jorong Lubuak Sariak, Nagari Kajai, Kecamatan talamau, Kabupaten Pasaman Barat. "Melalui Dapur Keliling milik Tim DMC Dompet Dhuafa, kita telah siapkan ratusan nasi box untuk dibagikan kepada msyarakat di tenda-tendan pengungsian," tutur Hadie.

    "Selain makanan, ada paket Family KIT, Baby & Mommy KIT dan Hygiene KIT yang kita antarkan langsung bersama pihak BI dari Kota Padang ke Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (03/03/2022)," ujarnya.

    "Semoga donasi ini bermanfaat bagi penyintas, terimakasih kepada BI Sumbar atas sinergi KolaborAksi kebaikannya," tutup Hadie.

    Dari informasi dilapangan, selanjutnya penyaluran BI tahap tiga direncanakan disalurkan pada pertengahan Maret 2022 di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. (LK/Rls) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BI Sumbar-DD Singgalang BerkolaborAksi Bantu Penyintas Gempa Pasaman Barat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar