PJT RSUD Arifin Achmad Sudah 98 Kali Lakukan Operasi Jantung

Daftar Isi

    Foto: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad provinsi Riau di Pekanbaru. 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad provinsi Riau di Pekanbaru, saat ini terus meningkatkan pelayanannya. Salah satunya yakni dibidang Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) yang saat ini juga terus disempurnakan.

    Kepala Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Arifin Achmad dr Dyah Siswanti E Sp JP (k) FIHA mengatakan, saat ini pelayanan jantung terpadu yang merupakan salah satu unggulan dari RSUD Arifin Achmad, sudah bisa melakukan mulai dari pemeriksaan sampai tindakan bedah jantung.

    "Dimana tindakan bedah jantung ini merupakan tata laksana terakhir dari sebuah pelayanan jantung terpadu," katanya.

    Dijelaskan dr Dyah, sebelumnya RSUD Arifin Achmad hanya bisa melakukan diagnosis jenis penyakit jantung apa yang diderita pasien. Seperti kelainan katup, jantung bawaan atau terjadi penyempitan di koroner. Kemudian dengan adanya layanan laboratorium, selanjutnya di RSUD Arifin Achmad bisa melakukan pasang cincin pada penyumbatan jantung koroner.

    "Jadi selain diagnosis, juga sudah bisa melakukan intervensi non bedah seperti pasang cincin tersebut, namun jika penyumbatan sudah parah harus dilakukan operasi dan saat ini juga sudah bisa dilakukan di RSUD Arifin Achmad. Jadi pelayanan jantung di RSUD Arifin Achmad ini sudah mulai berjalan sejak tahun 2006, hingga saat ini pelayanannya sudah paripurna," ujarnya, dikutip dari mediacenterriau

    Untuk kegiatan bedah jantung, sebelumnya memang diawali dengan pengampuan dari rumah sakit Jantung Harapan Kita. Dan saat ini RSUD Arifin Achmad juga sudah masuk dalam jejaring rumah sakit Jantung Harapan Kita. 

    "Artinya kita sudah diakui sebagai rumah sakit jantung regional dalam hal ini diwilayah Sumatera tengah. Dengan begitu, harapan kita pelayanan jantung terpadu RSUD Arifin Achmad tahun ini bisa diresmikan menjadi pelayanan jantung yang mandiri," sebutnya.

    Dijelaskan dr Dyah, hingga saat ini untuk kegiatan bedah jantung sudah dilakukan sebanyak 98 kali. Dimana sebagian besar adalah operasi penyakit jantung koroner yang tidak bisa lagi diberi cincin. Kemudian juga ada penyakit jantung bawaan dan juga kelainan jantung katup.

    "Jadi variasinya sudah seperti yang ada di Rumah Sakit Harapan Kita. Insyaallah tahun ini akan tercapai pelayanan jantung mandiri di RSUD Arifin Achmad," harapnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PJT RSUD Arifin Achmad Sudah 98 Kali Lakukan Operasi Jantung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar