Aksi Paspampres Tembaki Drone Liar di Papua

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Paspampres Jokowi. (Instagram @Jokowi)

     

    Lancang Kuning – Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat sedang menembaki pesawat tanpa awak atau drone saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Sabtu malam, 2 Oktober 2021. Sehingga, video Paspampres itu menjadi viral di media sosial.

    Video diunggah akun warung jurnalis, di mana seorang Paspampres memakai baju warna biru gelap dan rompi mengeker drone dengan alat pelumpuh drone skywall dan drone gun jumper yang dapat mengacaukan sinyal pesawat nirawak tersebut.

    Sepertinya, Paspampres sengaja melumpuhkan drone liar di lokasi keberadaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka kegiatan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Papua. Akhirnya, ada sekitar 15 drone yang berhasil dilumpuhkan oleh Paspampres saat itu. 

    “Alat pelumpuh drone yang Kelen terheran-heran itu sebenarnya sudah sangat umum di kemiliteran, jadi jangan kudet ya divers, followers Mimin ga ada yang kudet,” tulis akun warung jurnalis dikutip pada Kamis, 7 Oktober 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Jadi, namanya itu jammer dimana cara kerjanya mengacaukan sinyal drone. Untuk menggunakannya relatif mudah dan tidak butuh pelatihan khusus, cukup membidik dan mengunci sasaran drone, kemudian gunner dapat menggiring drone hingga ke permukaan dan selanjutnya dapat diinvestigasi. 

    “Untuk yang punya drone juga jangan asal diterbangkan ya, kalian ingat ada kasus drone liar yang terbang di atas kawasan militer dulu tidak? Yang ketika didatangi ngakunya drone dimainkan anaknya. Nah seperti itu juga tidak boleh, baik-baik ga ditembak, kan sayang sudah beli drone mahal* malah Amsyong kan,” lanjutnya. (LK)

     


    Artikel ini sudah ditayangkan Viva.co.id dengan judul berita Aksi Paspampres Tembaki Drone Liar di Papua

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Aksi Paspampres Tembaki Drone Liar di Papua
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar