Macam-macam Teknik Budidaya Tanaman

Daftar Isi

     

     

    LancangKuning  -  Budidaya merupakan salah satu upaya yang dilakukan secara rapi dan terencana untuk dapat memelihara dan juga membudidayakan suatu tumbuhan atau hewan tertentu agar kelestariannya tetap terjaga dan juga dapat memperoleh hasil yang bermanfaat dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia. Budidaya adalah bentuk dari upaya proses pembiakan hewan atau tumbuhan yang dilakukan oleh peternak atau petani. Biasanya petani akan membudidayakan tanaman pangan seperti sayur mayur dan buah-buahan, sehingga tanaman hias tertata dengan cantik.

       Sedangkan, peternak biasanya akan membudidayakan ternak yang dijadikan sumber makanan, mulai dari ayam, itik, sapi, ikan, atau hewan ternak lainnya. Hasil dari budidaya ini bisa dijual sehingga bisa mendapatkan manfaat tertentu.

    Manfaat Budidaya

      Petani dan peternak merupakan suatu profesi yang selalu identik dengan kegiatan bertani. Umumnya petani akan membudidayakan tanaman pangan, buah-buahan, sayuran dan tanaman hias tertentu. Sedangkan peternak biasanya akan melakukan kegiatan budidaya pada ternak seperti ayam, sapi, kambing, domba, ikan segar, atau ikan hias.

       Dengan kegiatan budidaya ini, petani dan peternak dapat memperdagangkan hasil budidaya yang mereka hasilkan untuk mendapatkan keuntungan. Berdasarkan pengertian budidaya tersebut, ada berbagai macam manfaat yang bisa didapat dari melakukan kegiatan budidaya.

       Pertama, mereka yang bercocok tanam tentu akan mendapat keuntungan dari sisi ekonomi, atau dari sisi konsumsi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Kedua, mereka juga akan mendapatkan hasil maksimal dari kultivasi berkualitas. Ketiga, kegiatan budidaya dapat digunakan sebagai cara untuk mengelola sumber daya alam yang ada secara lebih maksimal. Kegiatan budidaya yang berkaitan dengan tanaman akan membantu menciptakan udara yang lebih bersih dan lingkungan hidup yang lebih sejuk.

    Jenis Budidaya

      Jenis-jenis dalam proses pelaksanaannya terdapat berbagai jenis budidaya yang banyak dipraktikkan dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jenis budidaya ini yaitu:

     1.Budidaya Tanaman Pangan

       Sesuai dengan nama kegiatan budidaya ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk pangan utama, seperti produk yang mampu menghasilkan sumber karbohidrat dan protein. Banyak orang melakukan budidaya jenis ini, karena hasilnya akan mampu memberikan manfaat yang besar dan dampak yang lebih baik bagi kehidupan dan juga memiliki nilai ekonomi tertentu.

       Kemudian, budidaya tanaman pangan juga merupakan budidaya yang paling menguntungkan jika dibandingkan dengan budidaya jenis lainnya. Beberapa contoh budidaya pangan adalah budidaya padi, jagung, kacang tanah, gandum, ubi kayu, ubi jalar dan lain-lain.

    2.Budidaya Sayuran

       Budidaya sayuran dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil pangan dengan memanfaatkan sumber daya nabati yang telah ditanam sebelumnya. Umumnya hasil budidaya sayuran ini akan menghasilkan beberapa jenis tanaman yang dapat dikonsumsi.

    Beberapa contoh produk nabati adalah bayam, kangkung, seledri, kubis, selada, dll.

    3. Budidaya Tanaman Buah

       Selain bercocok tanam sayur mayur, banyak pula petani lain yang melakukan kegiatan tanaman buah-buahan. Umumnya produk budidaya buah akan menghasilkan produk buah segar yang dapat diperdagangkan. Jenis buah dalam budidaya ini antara lain mangga, jambu biji, anggur, jeruk, buah naga, melon, apel, strawberry, dan buah-buahan lainnya.

    4.Budidaya Perairan

       Budidaya adalah kegiatan memelihara dan membudidayakan jenis ikan tertentu agar memperoleh hasil yang lebih bermanfaat. Ada dua jenis ikan yang biasa dibudidayakan yaitu ikan konsumsi dan ikan hias seperti cupang, mujair, koi, mas, lele, mujair, gurame, ikan arwana, dll. Kegiatan budidaya perikanan juga tidak terbatas pada jenis ikan tertentu saja, akan tetapi terdapat organisme akuatik lain yang banyak dibudidayakan oleh pembudidaya, seperti udang, lobster, kerang, dan tumbuhan lain seperti rumput laut.

    5.Budidaya Ternak

       Budidaya ternak adalah suatu kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan jenis ternak yang dilakukan guna memperoleh manfaat. Pada umumnya, beberapa jenis ternak yang dibudidayakan dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia adalah ayam, sapi, domba, kambing, kerbau, itik, burung, angsa, dll.

    (Rafqi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-macam Teknik Budidaya Tanaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar