Strategi Pemasaran Global

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Pemasaran global adalah suatu strategi pemasaran yang digunakan dan dilakukan oleh negara negara di dunia. Jadi, pemasaran global adalah kegiatan ekonomi jual beli barang dalam global pasar yang dilakukan oleh kebanyakan warga dunia. Sedangkan menurut ahli Philip Kotler, pemasaran global merupakan upaya dalam mengutamakan hasil sumber daya yang meliputi sumber daya manusia, aset fisik dan modal dana serta bermacam tujuan perusahaan lainnya demi menghadapi ancaman pasar global sehingga dapat meraih potensi yang sama di pasar global.

     Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan jika pemasaran global ialah sesuatu yang berguna dan tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan perkembangan zaman dan pola bisnis masyarakat dunia. Perusahaan yang masuk dalam global pasar wajib mempunyai manajemen pemasaran internasional sebagai contoh modal untuk meniti kesuksesan dalam perdagangan antar banyak negara tersebut.

    Manfaat Pemasaran Global

    Berikut manfaat pemasaran global yang dapat diperoleh, sebagai berikut :

    1. Pertumbuhan Ekonomi
      Pertama yaitu pertumbuhan ekonomi suatu negara akan meningkat, pertumbuhan ekonomi tergantung pada aktifitas jual beli masyarakat. Karena pemasaran global membuka kesempatan yang lebih besar dalam menciptakan aktifitas jual beli, maka hal ini dapat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.
    2. Bisa Meningkatkan Kompetensi Pelaku Usaha
      Manfaat pemasaran global selanjutnya adalah dapat meningkatkan kompetensi pelaku usaha yang menjalankannya. Dalam strategi pemasaran global, pelaku usaha dituntut agar selalu kreatif, mencari ide atau strategi dalam memasarkan produk yang dimilikinya kepada konsumen global.
      Pelaku usaha harus bisa berpikir keras dan cermat tentang bagaimana teknik memasarkan produk yang dimilikinya termasuk strategi pemasaran 4P, yaitu menjalin hubungan baik dengan distributor pasar  negara lain, menguasai ilmu tentang ekspor impor barang dan sebagainya. Hal ini dapat membuat pelaku usaha terus berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebagai individu maupun dalam kerjasama tim.
    3. Menghasilkan Produk yang Lebih Berkualitas
      Manfaat pemasaran global yang ketiga adalah dapat menghasilkan produk berkualitas. Kompetisi yang terjadi membuat perusahaan yang terkait dalam pasar market tersebut menggunakan strategi pemasaran global yang efektif dan salah satunya adalah dengan membuat produk berkualitas untuk mencari perhatian konsumen. Hal ini dapat membuat masyarakat global memiliki banyak pilihan terhadap produk khususnya yang berkualitas tinggi sehingga kehidupan mereka dapat  menjadi lebih baik.
    4. Bertahan Hidup dan Kesempatan Kerja
      Maksudnya di sini adalah pemasaran global dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat serta dapat menciptakan kesempatan agar hidup lebih baik. Karena pada dasarnya, hampir tidak ada satu negara di dunia ini yang dapat memenuhi kebutuhan penduduk secara sempurna baik dalam kebutuhan pokok, sumber daya alam ataupun teknologi. Selain itu, pemasaran global berdampak pada  perkembangan perusahaan yang menerapkannya serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat dalam suatu negara.
    5. Meningkatkan Selera Masyarakat
      Pemasaran global juga bermanfaat dalam terciptanya peningkatan selera masyarakat. Salah satu strategi pemasaran global yang dapat dilakukan oleh perusahaan penjual adalah dengan membuat produk yang sesuai dengan minat masyarakat dalam suatu negara tersebut. Apabila produk yang ditawarkan sesuai selera masyarakat maka penjualannya akan mudah dan cenderung berhasil sehingga perusahaan dapat terus berkembang.

    Contoh Pemasaran Global

    Berikut contoh pemasaran global yang biasanya sering kita dengar :

    1. Microsoft, yang sudah menjual produk yang dimiliki nya hampir keseluruh negara yang ada di dunia.
    2. Samsung, yang telah memasarkan produk elektronik nya seperti televisi, mesin cuci dan banyak lainnya hampir ke seluruh negara
    3. Indofood yang sudah memasarkan produknya yaitu Indomie ke beberapa negara.
    4. Perusahaan Jepang dan China yang sudah menjual produk seperti sayuran dan buah-buahan ke negara bagian Asia dan sekitarnya.
    5. Kerajinan tangan yang berasal dari Indonesia yang telah dipasarkan ke negara bagian Eropa.

    (Mirzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Pemasaran Global
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar