Perbedaan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif

Daftar Isi

    LancangKuning Teknik mesin atau teknik mekanik (mechanical engineering) adalah cabang teknik yang merupakan gabungan ilmu fisika, matematika, kimia, biologi, dan teknik yang diaplikasikan untuk desain, analisis, manufaktur, dan pemeliharaan sistem mekanis.

    Teknik otomotif merupakan salah satu cabang dari teknik mesin yang menggabungkan ilmu mekanika, kelistrikan, keselamatan dan lingkungan, serta matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen yang diaplikasikan dalam pengembangan kendaraan darat seperti mobil, sepeda motor, bis dan truk. Modifikasi juga termasuk dalam pengaplikasikan ilmu otomotif.

    Sejarah Teknik Mesin dan Otomotif

    Pengaplikasikan teknik mesin sudah terlihat pada zaman kuno. Pesawat sederhana pertama kali diketahui di daerah timur tengah kuno. Roda dan poros diciptakan oleh bangsa Mesopotamia pada tahun 5000 SM. Bidang miring sudah dikenal sejak zaman prasejarah. Tuas atau pengungkit sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu di timur tengah, dan digunakan sebagai timbangan sederhana. Tuas juga pernah digunakan oleh bangsa mesir kuno sebagai alat untuk menimba air.

    Mesin pertama yang penggunaannya praktis adalah roda air dan kincir air, pertama kali muncul di Persia pada abad ke 4 SM. Di Yunani kuno, Archimedes memberi pengaruh kepada dunia barat dengan prinsip mekanik nya. Di Cina, Zhang Heng menciptakan seismometer, Ma Jun menciptakan kereta kuda dengan diferensial, dan Su Song menciptakan sistem penggerak rantai pertama di dunia. Pada masa keemasan islam, Al-Jazzari menciptakan crankshaft (kruk as) dan camshaft (noken as) yang kemudian diaplikasikan pada teknik otomotif.

    Pada abad ke 17, perkembangan permesinan mulai pesat di inggris sejak Isaac Newton membuat prinsip ‘hukum newton’ dan mengembangkan kalkulus, dasar matematis dari fisika. Pada awal abad ke 19, mesin bubut mulai dikembangkan di Inggris, Jerman, dan Skotlandia. Hal ini membuat teknik mesin menjadi cabang ilmu yang terpisah dari teknik. Teknik mesin memiliki dasar dari matematika dan fisika.

    Teknik mesin mulai digunakan dalam bidang otomotif sejak mobil diciptakan. Pada tahun 1769, Nicolas-Joseph Cugnot menciptakan kendaraan roda tiga yang digerakkan menggunakan mesin uap, tetapi ciptaannya memiliki kekurangan yaitu kesulitan dalam mengatur tekanan uap. Pada tahun 1807, Joseph Nicephore Niepce menciptakan mesin pembakaran dalam pertama di dunia. Pada tahun 1885, Karl Benz menciptakan mobil pertama di dunia, dengan mesin yang ia desain sendiri. Pada tahun 1892, Rudolf Diesel menciptakan mesin pembakaran dalam jenis baru yang disebut dengan mesin diesel.

    Produksi massal di bidang otomotif pertama kali dilakukan pada tahun 1901 oleh perusahaan asal amerika serikat yang bernama Oldsmobile, disusul oleh Ford yang mengembangkan teknik produksi yang cepat dan efisien, dan Cadillac yang mengembangkan suspensi independen. Di eropa, perusahaan otomotif mulai bermunculan seperti Morris, Peugeot, Renault, dan Citroen. Setelah perang dunia ke 2, perusahaan otomotif mulai bermunculan di jepang seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, yang kemudian perusahaan tersebut menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia. Perkembangan teknik mesin dan teknik otomotif membuat terobosan baru dan teknologi yang semakin canggih.

    Perbedaan Teknik Mesin dan Otomotif

    Teknik mesin merupakan gabungan dari beberapa ilmu pengetahuan yang kemudian diaplikasikan untuk analisis, desain, manufaktur, dan perawatan mesin. Teknik otomotif merupakan salah satu cabang dari teknik mesin, yang menggabungkan beberapa ilmu pengetahuan yang diaplikasikan dalam analisis, desain, manufaktur, perawatan, keselamatan, dan manajemen dalam pembuatan kendaraan darat seperti mobil, sepeda motor, dan lain-lain.

    Teknik mesin umumnya membahas tentang semua peralatan mekanis dan cara kerjanya. Teknik otomotif membahas tentang pembuatan kendaraan darat yang didasarkan dari teknik mesin. Beberapa komponen otomotif, seperti mesin, suspensi, dan sasis kendaraan diciptakan dari ilmu teknik mesin. Terobosan dan teknologi baru dalam bidang otomotif merupakan produk dari perkembangan teknik mesin. (syahdan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar