Ruang Lingkup Aktiva

Daftar Isi

    LancangKuning - Deskripsi aktiva tetap yaitu kekayaan suatu perusahaan yang mempunyai wujud(tangible fixed assets), memiliki manfaat ekonomis yang lebih dari satu tahun, dan diperoleh perusahaan agar melakukan kegiatan perusahaan, tetapi bukan untuk dijual kembali. Dalam suatu kaitan manajemen aset yang diartikan untuk suatu kegiatan manajemen dalam mengelola penggunaan dana yang diajukan dalam rangka meningkatkan mutu control pengawasan pada aktiva tetap dan revaluasi aktiva tetap.

    Digital learning-aset management

    Merupakan suatu barang atau benda yang terdiri dari benda yang tidak bergerak dan benda bergerak baik yang berwujud(tangible) dan tidak berwujud(intangible) yang mencakup dalam aktiva/kekayaan perusahaan. Pengelola asset(kekayaan) perusahaan adalah hal yang sangat lah penting agar bisa memantau dan menghitung juga memanfaatkannya secara optimal. Manajemen asset berguna sebagai informasi suatu perjalanan asset secara keseluruhan, dan berapa banyak asset.

    Building asset management

    Introduction aset merupakan barang atau benda yang terdiri dari suatu benda tidak bergerak dan benda bergerak baik berwujud(tangible) ataupun tidak berwujud(intangible) yang mencakup dalam aktiva/kekayaan perusahaan. Pengelola aset (kekayaan) perusahaan adalah hal yang sangat lah penting karena bisa memantau dan menghitung serta memanfaatkan secara optimal. Manajemen asset berguna sebagai informasi suatu perjalanan asset secara keseluruhan.

    Training manajemen aktiva tetap

    Merupakan kekayaan perusahaan yang mempunyai wujud(tangible fixed assets), memiliki manfaat ekonomis yang lebih dari satu tahun, bukan untuk dijual kembali. Dalam kaitan ini manajemen aset memiliki penjelasan sebagai suatu kegiatan manajemen dalam mengelola penggunaanya.

    Pengertian aset secara umum

    Sebagai suatu manajemen dalam mengelola penggunaan dana yang ditujukan dalam rangka meningkatkan control atau pengawasan terhadap aktiva dan revaluasi aktiva tetap

    Pentingnya manajemen asset

    Adalah hal yang sangat penting  untuk suatu perusahaan. Dan banyak perusahaan masih menganggap manajemen aset secara fisik hanya sekadar instrument pengelolaan daftar aset. Kenyataan lapangan menunjukkan banyak kasus yang sebenarnya diawali dari salah kelola dan salah urus suatu masalah aset, sampai berdampak kerugian yang sangatlah tidak sedikit. Optimalisasi sumber daya tidak bisa diajukan secara maksimal agar tidak teridentifikasi dengan jelasnya manajemen suatu aset, sampai sulit untuk mengetahui apakah suatu alat produksi sudah waktunya untuk diganti atau dan masih layak untuk di maintenance.

    Manajemen aset

    Merupakan ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup suatu proses merencanakan suatu kebutuhan asset, mendapatkan, menginventarisasi, mengerjakan suatu legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharui dan menghapuskan sampai mengalihkan aset dengan efektif dan efisien.

    Tujuan manajemen aset  

    Pada dasarnya tujuan umum manajemen aset yaitu sebagai pengambilan suatu keputusan yang tetap supaya aset yang dikelola dapat berguna secara efektif, efisien, dan bernilai tinggi

    Tujuan inti manajemen aset merupakan agar mampu

    • Meminimalisir biaya selama umur aset bersangkutan
    • Bisa menghasilkan laba yang maksimal(profit maximum)
    • Dapat menghasilkan pengguna serta manfaatnya aset dengan optimum.

    Karakteristik utama aset manfaat ekonomi

    Di masa yang akan datang di milik atau dikendalikan oleh suatu perusahaan(entitas) hasil dari transaksi atau kejadian pada masa lalu bisa ditukarkan

    Aktiva bisa dioperasikan dan di prediksi kan dengan rasional dan masuk akal dapat menghasilkan suatu laba bagi perusahaan.- kemampuan aktiva(aset) untuk menghasilkan suatu manfaat ekonomi pada masa yang akan datang, sampai dapat dikatakan bahwa aktiva merupakan sekelompok jasa di masa yang akan datang. Semakin besar fungsi ekonominya semakin besar pula nilai nya, dan begitu pula sebaliknya, jika semakin kecil fungsinya maka semakin kecil pula suatu nilainya.

    Revaluasi aset

    Sudah memenuhi semua kewajiban pajaknya sehingga pajak terakhir nya sebelum pajak dikerjakan penilaian kembali. Wajib pajak badan dalam negeri dan suatu bentuk usaha yang tetap(BUT), dan tidak termasuk suatu perusahaan yang memiliki izin menyelenggarakan pembukuan dalam suatu bahasa inggris dan mata uangnya dollar amerika serikat. (angga)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Aktiva
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar