Mata Kuliah Jurusan Perbankan Syariah

Daftar Isi

    LancangKuning - Pada masa sekarang ini Indonesia mulai banyak menerapkan sistem perekonomian berbasis syariah. Tujuannya untuk menghindarkan masyarakat dari riba atau bunga serta menghindarkan perdagangan produk yang diharamkan menurut Islam. Membantu sumber daya manusia untuk paham dan mengerti akan keuangan serta perbankan syariah, beberapa perguruan tinggi di tanah air membuka jurusan keuangan dan perbankan syariah.

    Penting sekali untuk diketahui, jurusan keuangan dan perbankan syariah adalah jenis bidang keuangan dan perbankan yang melaksanakan kegiatan keuangan maupun perbankan berdasarkan syariah Islam. perbankan konvensional berbeda dengan Sistem maupun keuangan sistem operasional yang selama ini sudah dikenal, ternyata sangat jauh sekali perbedaannya. Untuk sistem perbankan syariah serta sistem keuangan sama- sama memakai prinsip bagi hasil secara keseluruhan produk-produknya.

    Dengan demikian sumber dana serta penyaluran dananya juga berbeda dibandingkan keuangan dan perbankan konvensional. Sumber dana bank syariah, pihak bank juga menerapkan wakaf dan zakat sesuai dengan ajaran agama Islam. Sumber pelayanan dan hubungan dengan mitra menjadi prioritas utama dalam keuangan dan perbankan syariah.

    Dari sekian banyak jurusan  minat masyarakat Indonesia terhadap keuangan syariah membuat jurusan syariah banyak yang dibuka di perguruan tinggi, salah satunya departemen perbankan syariah. Jika menurut anda jurusan ini sangat menarik dibawah ini adalah beberapa mata kuliah perbankan syariah yang akan Anda temui di jurusan ini.

    • Pengantar Ekonomi Mikro Islam

    Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mempelajari dasar-dasar ilmu mengenai konsep kepemilikan dan kebutuhan dalam Islam, alokasi sumber daya, dan prinsip-prinsip syariah dalam kegiatan ekonomi mikro lainnya.

    • Pengantar Ekonomi Makro Islam

    Di mata kuliah ini, Anda akan mempelajari analis ekonomi yang bersifat menyeluruh dan menitikberatkan pada analisis faktor-faktor kegiatan ekonomi suatu negara.

    • Studi Kelayakan Bisnis

    Mata kuliah studi kelayakan bisnis akan membahas, menganalisis, dan menilai suatu bisnis berdasarkan berbagai aspek bisnis, seperti aspek hukum, aspek sosial, aspek pasar dan pemasaran, serta aspek-aspek lainnya.

    • Layanan Produk Dan Jasa Perbankan Syariah

    Pada mata kuliah ini, Anda akan mengenal dan mendalami berbagai layanan produk dan jasa yang dimiliki oleh lembaga-lembaga perbankan yang berbasis syariah beserta ketentuan-ketentuan produk dan jasa tersebut.

    • Laboratorium Perbankan Syariah

    Mata kuliah perbankan syariah selanjutnya adalah mata kuliah perbankan perbankan syariah. Di mata kuliah ini, Anda akan mempraktekkan ilmu teori yang sudah Anda dapatkan pada aktivitas-aktivitas perbankan yang dilakukan dalam laboratorium.

    • Manajemen Keuangan Islami

    Mata kuliah manajemen keuangan islami adalah mata kuliah yang mempelajari tentang sistem keuangan dalam Islam yang banyak diterapkan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Anda akan mempelajari filosofi, teori, serta konsep keuangan dalam Islam.

    • Etika Bisnis Islami

    Pada mata kuliah etika bisnis islami merupakan mata kuliah yang mempelajari di kursus seputar etika bisnis menurut perspektif Islam, mulai dari hakikat, prinsip, serta proses dari etika bisnis tersebut serta tanggung jawab sosial sebagai pelaku bisnis.

    • Pengantar Akuntansi Syariah

    Pada mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar yang membahas mengenai akuntansi syariah dan juga bagaimana cara aplikasinya untuk kegiatan bisnis berbasis syariah serta teknik penyajian informasi akuntansi.

    • Analisis Laporan Keuangan Syariah

    Dalam mata kuliah ini akan mempelajari, memahami, melakukan analis, dan juga melakukan interpretasi suatu data laporan keuangan dengan menggunakan metode dan teknis tertentu yang nantinya akan dijadikan sebagai penentu keputusan suatu bisnis.

    • Manajemen Aset Dan Liabilitas

    Mata kuliah ALMA ini merupakan mata kuliah yang mempelajari pengelolaan aset serta kewajiban suatu lembaga atau perusahaan dengan strategi tertentu.

    Diatas tadi adalah beberapa mata kuliah perbankan syariah untuk jenjang strata 1 (S1) yang akan Anda temui dan jika Anda masuk ke jurusan ini di jenjang perguruan tinggi.

    Semoga artikel di atas bisa menambah referensi, ya!. (erma)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata Kuliah Jurusan Perbankan Syariah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar