Manfaat Minyak Bumi

Daftar Isi

    LancangKuning - Bahan bakar fosil yang merupakan bahan mentah untuk bahan bakar minyak, bensin dan berbagai produk kimia lainnya merupakan sumber energi yang penting karena minyak memiliki persentase yang signifikan dalam memenuhi konsumsi energi dunia. Citra minyak yang sangat negatif adalah mirip dengan pembakaran batu bara. Penggunaan bahan bakar minyak adalah penyumbang terbesar peningkatan co2 di atmosfer bumi. Tumpahan minyak dari kapal tanker juga menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan bumi.

    Minyak bumi (bahasa inggris: petroleum, dari bahasa latin petrus - coral and oleum - oil), juga dikenal sebagai emas hitam, adalah cairan kental, coklat tua, atau hijau dan mudah terbakar, yang berada di lapisan atas beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks berbagai hidrokarbon, sebagian besar dari deret alkana, tetapi berbeda dalam penampilan, komposisi dan kemurniannya.

    Minyak bumi diekstraksi dari sumur minyak di tambang minyak. Lokasi sumur minyak ini diperoleh setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, serta berbagai studi lainnya. Setelah itu, minyak bumi akan diolah di kilang minyak dan dipisahkan sesuai titik didihnya untuk menghasilkan berbagai bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah hingga aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan. Minyak bumi digunakan untuk menghasilkan berbagai macam barang dan bahan yang dibutuhkan oleh manusia.

    Memang benar, segala aktivitas yang anda lakukan setiap hari tidak lepas dari penggunaan minyak bumi. Dapat dikatakan bahwa hampir lebih dari 90% kegiatan yang dilakukan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sumber daya minyak bumi. Di bawah ini beberapa contoh sederhana manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia yang perlu anda ketahui:

    1. Bahan bakar kendaraan bermotor

    Tentunya anda sudah mengetahui bahwa setiap kendaraan bermotor yang masih menggunakan mesin konvensional membutuhkan bahan bakar minyak yang bersumber dan berbahan dasar minyak bumi. Meskipun kendaraan bermotor perlahan mulai beralih ke kendaraan listrik, masih dapat dikatakan bahwa lebih dari 70% kendaraan yang ada masih membutuhkan bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga utamanya.

    1. Pestisida untuk tanaman

    Pestisida memiliki fungsi untuk melindungi tanaman anda dari berbagai bentuk gangguan seperti hama dan hama lainnya. Penggunaan pestisida seringkali dianggap sebagai salah satu hal yang berbahaya, padahal ketiadaan pestisida akan menyebabkan hama memusnahkan tanaman yang ada. Campuran untuk membuat pestisida anda sendiri mengandung minyak yang membuat cairan lengket dan menimbulkan bau yang menakutkan bagi serangga. Tanpa minyak, otomatis pestisida tidak akan efektif digunakan.

    1. Membuat aneka perlengkapan sekolah

    Tahukah anda bahwa berbagai keperluan sekolah seperti pulpen, krayon dan alat tulis lainnya membutuhkan minyak bumi agar dapat diproduksi dengan baik? Alat tulis yang ada membutuhkan minyak sebagai campuran agar bisa digunakan dengan baik.

    1. Bahan utama perlengkapan rumah tangga

    Minyak bumi juga memiliki peran utama sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai barang rumah tangga. Oli sangat dibutuhkan agar bahan rumah tangga yang terbuat dari plastik dapat dibentuk dengan baik dan sempurna.

    1. Bahan campuran untuk tujuan medis

    Jika anda mengunjungi rumah sakit, anda dapat melihat banyak barang medis yang dibuat menggunakan minyak bumi di dalamnya. Misalnya spuit plastik juga dibuat dari campuran oli agar bentuknya bagus dan sesuai spesifikasi.

    1. Sumber daya pemanas

    Jika anda tinggal di daerah subtropis dingin, rumah anda membutuhkan unit pemanas. Alat pemanas tradisional masih menggunakan minyak sebagai sumber pemanas. Oleh karena itu, menjelang musim gugur, banyak keluarga telah mengolah minyak bumi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar pemanas.

    1. Pembuatan peralatan elektronik

    Peralatan elektronik yang ada di sekitar anda juga membutuhkan oli dalam proses pembuatannya. Peralatan elektronik biasanya dibungkus dengan plastik kemasan, bagian tersebut berfungsi sebagai bahan utama dalam plastik pelindung untuk peralatan elektronik yang anda beli.

    1. Campuran dalam pembuatan kosmetik

    Kosmetik yang digunakan untuk wajah menggunakan produk minyak bumi sebagai campuran di dalamnya. Minyak tersebut digunakan bersamaan dengan kosmetik dengan bentuk dan warna glossy yang cantik sehingga membuat tampilan penggunanya semakin menarik.(Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Minyak Bumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar