Apa perbedaan unsur dan komponen

Daftar Isi

    LancangKuning - Unsur merupakan suatu zat-zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi suatu zat lain yang lebih sederhana lagi dengan reaksi kimia biasa,  dan juga senyawa adalah zat yang terbentuk dari gabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu dan senyawa tersebut dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan, misalnya karat besi berupa Fe2o3 yang dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O), dan sedangkan komponen merupakan bagian dari keseluruhan atau dapat disebut juga sebagai unsur-unsur yang menyusun suatu sistem atau kesatuan.

    Ekosistem merupakan suatu yang memiliki unsur atau komponen yang berbeda-beda baik dari unsur abiotik dan biotik, contohnya ekosistem gurun pasir dan ekosistem laut. Dalam ekosistem laut terdapat fitoplankton dan zooplankton. Namun dalam ekosistem gurun pasir tidak terdapat pada hal itu, ekosistem gurun pasir terdapat pohon kaktus yang dalam ekosistem laut tidak terdapat pohon kaktus.

    Secara umum fungsi unsur hara mikro adalah:

     1. Sebagai penyusun jaringan tanaman.

     2. Sebagai katalisator (stimulant).

     3. Mempengaruhi proses oksidasi dan reduksi tanaman.

     4. Membantu mengatur kadar asam.

    Jenis-jenis unsur adalah

    • Unsur logam

    Unsur logam merupakan suatu diberi nama akhiran ium umumnya logam ini memiliki titik didih tinggi mengilap dapat di bengkokan  dan dapat menghantarkan panas atau arus listrik.

    • Unsur non logam

    Unsur bukan logam adalah sesuatu yang memiliki titik didih rendah dan tidak mengkilap, kadang rapuh dan tidak dapat dibengkokkan serta sulit menghantarkan panas atau arus listrik.

    Nama komponen dan fungsi komponen adalah : 

    1.Resistor

    Resistor adalah sesuatu yang dapat diterjemahkan dan dapat diartikan sebagai tahanan atau tahanan yang berfungsi untuk menghambat arus yang mengalir pada rangkaian tertutup dan kemampuan resistor untuk menghambat arus kita disebut tahanan yang dinyatakan dalam satuan Ohm (Ω), Nilai resistansi sebuah resistor dapat kita lihat dari cincin berwarna yang terdapat pada badan resistor tersebut.

    2. Kapasitor

    Kapasitor merupakan salah satu komponen dasar elektronika yang fungsi penting untuk Anda ketahui karena sering digunakan dan kapasitor atau yang disebut juga kapasitor adalah komponen yang mampu menyimpan dan melepaskan muatan listrik.

    3. Induktor

    Induktor adalah suatu komponen yang digunakan sebagai beban induktif dan induktor berfungsi sebagai penyimpan energi pada medan magnet karena adanya tegangan listrik yang melaluinya induktor yang ideal terdiri dari kawat yang melilit sifat listrik suatu induktor ditentukan oleh panjang induktor, diameter induktor, jumlah lilitan dan material yang mengelilingi nilai induktor dinyatakan dalam satuan henry.

    4. Dioda

    Dioda merupakan komponen dasar elektronika yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah dan dioda bisa juga digunakan untuk mengontrol suatu arus, saklar elektronik dioda terdiri dari 2 komponen elektroda yaitu anoda dan juga katoda.

    5. Transistor

    Transistor merupakan komponen dasar dari elektronika yang harus anda ketahui karena memiliki banyak fungsi dan komponen yang sangat berperan penting dalam dunia elektronika modern. Pada prinsipnya transistor terdiri dari dua buah dioda yang disatukan dalam sebuah transistor yang terdiri dari 3 buah yaitu Base (B), Colector (C), dan Emitter (E) sehingga transistor dapat bekerja pada kaki-kakinya, tegangan tersebut dinamakan Tegangan basis emitor biasa diberi tegangan maju, sedangkan basis-kolektor diberi tegangan balik dan tegangan karakteristik transistor adalah antara kolektor atau emitor akan ada arus yang akan dihantarkan transistor jika ada arus basis maka arus basis semakin besar. semakin besar pengirimannya.

    Komponen abiotik adalah komponen fisik dan kimia yang terdapat dalam suatu ekosistem sebagai media atau substrat untuk kelangsungan hidup dan komponen abiotik terdiri dari komponen tidak hidup, misalnya komponen abiotik, meliputi tanah, udara dan air.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa perbedaan unsur dan komponen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait