Pengertian Kemagnetan

Daftar Isi

    LancangKuning - Magnet merupakan suatu benda yang telah mampu untuk dapat menarik sebuah benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat yang khusus di setiap kemagnetan. Dan setiap magnet tersebut sudah mempunyai sifat kemagnetan dalam setiap bentuk atau wujud yang tertentu. Dengan sifat kemagnetan ini ada kemampuan dalam suatu benda dalam menarik benda-benda yang berada di sekitarnya untuk dapat dilakukan secara baik.

    Sifat-Sifat Magnet

    1. Magnet hanya akan menarik suatu benda tertentu yang berada di sekitaran benda-benda yang akan dituju. Dan tidak semua jenis benda dapat ditarik oleh sebuah magnet meski hanya berada dalam suatu jangkauannya.
    2. Gaya magnet dapat menembus benda dengan cepat, dan akan mudah untuk di gabungkan dalam kategori kemagnetan tersebut. Magnet juga mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan untuk dapat digunakan dengan secara dipilih.
    3. Dalam medan suatu magnet akan dapat membentuk sebuah gaya magnet dengan sebaik mungkin. Medan magnet juga akan semakin rapat jika didekatkan dengan sebuah magnet yang bersinggungan satu sama lainnya.
    4. Sifat kemagnetan tersebuat juga dapat melemah atau menghilang karena hal yang tertentu seperti sering jatuh, terbakar atau kecelakaan yang dialami oleh magnet sebagai bahan dari penarik benda yang berhubungan dengan besi atau baja.

    Jenis Bahan Magnet

    Berdasarkan sifat dalam suatu kemagnetannya, jenis dari bahan magnet secara umum terbagi menjadi dua untuk diamati dalam menggunakan magnet yang akan di uji dengan berdasarkan apa yang akan dialaminya, yaitu dengan bahan magnetik (feromagnetik) dan bahan nonmagnetik untuk digunakan.

    1. Bahan Magnetik (Feromagnetik)

    Feromagnetik merupakan sebuah benda yang akan dapat ditarik dengan kuat oleh sebuah magnet dengan baik. Dan jika suatu benda dengan jenis feromagnetik berada dekat dengan tempat yang berada dengan magnet, maka akan dapat menarik suatu benda tersebut untuk bersinggungan dengan benda yang akan di buat dengan berdekatan dengan magnet yang lainnya.

    1. Bahan Nonmagnetik

    Bahan nonmagnetik terbagi dua untuk dapat membantu anda dalam mengolah suatu benda yang akan ditarik dengan cara mengikuti hal berikut ini.

    • Paramagnetik merupakan sebuah benda yang akan dapat ditarik dengan lemah oleh magnet yang lumayan sangat kuat untuk dihadapinya. Contohnya adalah alumunium, tembaga, platina dan lain-lain untuk dapat dilakukan.
    • Diamagnetik ini merupakan suatu benda yang akan dapat menolak sebuah magnet yang akan dituju. Benda ini tidak akan dapat ditarik sama sekali oleh sebuah magnet meski yang sangat dekat dengan magnet yang kuat, karena keduanya mempunyai sifat yang berbeda. Contoh benda magnet diamegnetik ini adalah emas, seng, merkuri dan lain-lainnya.

    Membuat Magnet

    Ada tiga cara membuat magnet untuk dapat memudahkan anda dalam menggunakannya yaitu dengan menggunakan suatu arus listrik dengan cara menggosok dan dengan cara induksi dengan mudah untuk digunakan.

    1. Dalam menggunakan sebuah magnet dengan cara menggunakan suatu arus listrik jika sebuah besi akan dililit dengan kawat yang berarus listrik, dan besi akan menjadi magnet-magnet hanya selama dengan arus listrik untuk dapat mengalir ke suatu magnet yang lain.
    2. Membuat magnet dengan cara menggosok suatu permukaan magnet yang akan di pertemukan dengan magnet yang lain, dan apabila anda telah menggosok ujung dari magnet batang permanen ke sepanjang permukaan suatu dari batang besi atau baja dengan satu arah untuk dapat menarik benda yang dekat dengan magnet tersebut. Dan kutub magnet yang dihasilkan pada ujung terakhir juga akan menggosok selalu dengan cara berlawanan dengan kutub ujung magnet dalam penggosoknya.

    Macam-macam magnet

    • Magnet Alam

    Magnet alam ini merupakan salah satu dari macam-macam magnet yang telah memiliki sifat kemagnetan yang secara alami dapat digunakan dengan apa yang anda mau, dan arti dari magnet ini yaitu jika tanpa adanya campur tangan oleh manusia dengan menggunakan suatu magnet alam yang berupa bebatuan atau dengan jenis benda lainnya juga.

    • Magnet Buatan

    Magnet buatan merupakan salah satu macam-macam dari magnet yang dibuat oleh manusia dengan bahan untuk menarik sebuah benda lainnya. Macam-macam magnet buatan ini juga dibuat dari bahan-bahan suatu magnetik yang kuat seperti besi dan baja untuk lebih memperkuat ketahanan dari magnet tersebut. (Pinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Kemagnetan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar