Sifat-Sifat Bahan Bangunan

Daftar Isi

    LancangKuning Bahan bangunan merupakan bahan yang di pakai untuk membuat  rumah dan barang bangunan atau bahan yang memberikan sifat-sifat tertentu di dalam teknik bangunan dalam arti yang luas.

    Bahan bangunan merupakan bahan yang digunakan untuk tujuan konstruksi dan bahan alami seperti tanah liat pasir kayu dan batu bahkan ranting dan daun telah digunakan untuk membangun bangunan selain dari bahan alami produk buatan yang dapat digunakan dan beberapa lagi kurang sintetik.

    Jenis-jenis bahan bangunan adalah

    1. Batu fondasi adalah yang dibutuhkan untuk membuat fondasi bangunan
    2. Semen
    3. Pasir
    4. Baja
    5. Kayu dan bamboo
    6. Kerikil atau batu pecah
    7. Bata tanah liat atau batako dan bata ringan
    8. Genting

    Bahan bangunan merupakan bahan atau material yang digunakan dalam pembangunan konstruksi bangunan seperti sarana dan prasarana bahan bangunan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu bahan bangunan alami dan buatan.

    Macam-macam bahan bangunan dan fungsinya adalah

    • Baja

    Baja merupakan bahan bangunan yang digunakan sebagai penguat konstruksi rumah baja umumnya dipasang pada bagian slof yaitu struktur yang terletak di atas fondasi untuk menyalurkan beban berat dan memperkuat rangkaian dinding. Selain itu, jenis baja ringan juga cukup popular digunakan sebagai konstruksi atap bangunan material baja memiliki ketahanan yang lebih lama terhadap karat dan rayap sehingga mampu menghemat biaya pemeliharaan hingga 15 tahun.

    • Batu bata

    Batu-batu terbuat dari tanah liat dengan cara dibakar sehingga memiliki warna merah yang sangat khas batu bata memiliki sifat yang kukuh dan tahan lama sehingga sering digunakan untuk dinding bangunan. pada umumnya batu bata terdiri dari lima jenis yaitu batu bata merah, batu bata batako, batu bata hebel, batu bata hollow dan batu bata custom.

    • Cat

    Cat merupakan bahan bangunan yang dibutuhkan untuk melapisi dinding eksterior dan interior bangunan berguna untuk memperindah estetika bangunan cat terbuat dari empat komponen yaitu bender atau resin pigment solvent dan additive cat yang dijual di pasaran memiliki variasi warna dan jenis-jenis cat bahan bangunan adalah cat duco, cat alkyd sintetik, cat zinc, cat epoxy, cat wall sealer dan sebagainya.

    • Genting

    Genting merupakan bahan bangunan penutup atas rumah jenis genting dapat dibedakan berdasarkan material pembuatnya umumnya anda bisa menemukan tujuh jenis genting di pasaran seperti genting beton, karang pialang, keramik, metal, onduline, galvalume, dan genting asbes.

    • Kabel listrik

    Kabel listrik merupakan komponen bahan bangunan yang berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik ke seluruh bagian bangunan ada baiknya anda memiliki jenis kabel yang be standar SNI untuk menjaga keamanan dan kualitas arus listrik yang baik. Dan adapun Sembilan jenis kabel listrik yang dijual adalah kabel listriknya NYM, NYY, NYAF, NYFGBY, NYYHY, NYMHY, BC, dan ACSR.

    • Kaca

    Kaca merupakan bahan yang tidak kalah pentingnya dalam membangun rumah penggunaan kaca biasa kita temukan sebagai jendela bangunan dengan adanya kaca cahaya matahari dapat masuk sehingga mampu menjadi sumber pencahayaan pada siang hari kaca terbuat dari campuran beberapa material seperti pasir dan silica sehingga membuatnya rapuh dan mudah pecah.

    • Kayu

    Kayu merupakan bahan bangunan yang digunakan sebagai bahan konstruksi dan perkakas rumah tangga kayu dapat digunakan untuk konstruksi rangka atap di samping baja karena kualitasnya yang kukuh dan sulit untuk di bengkok kan selain itu kayu juga dapat di buah bentuknya menjadi perkakas rumah tangga seperti lemari, meja, kuris, dan pintu Perabotan yang terbuat dari kayu memiliki nilai estetika yang klasik dan memberikan kesan dekat alami.

    • Keramik

    Keramik merupakan suatu yang memiliki permukaan keras serta tahan terhadap api dan panas oleh karena itu keramik dapat ditemukan pada berbagai komponen bangunan seperti genting lainnya dan alat-alat rumah tangga bahan bangunan yang terbuat dari keramik seperti dinding eksterior dan lantai bangunan juga mampu memberikan kesan yang berkelas.

    • Semen

    Semen merupakan bahan bangunan komponen baku seperti batu dan pasir untuk memperkuat dan membangun komponen-komponen konstruksi dan bangunan. Semen terbuat dari campuran kapur silikat alumina magnesium serta bahan kimia lainnya yang mempunyai memberikan sifat perekat jika tercampur dengan air dua jenis semen bahan bangunan adalah semen Portland dan semen campuran. ( Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sifat-Sifat Bahan Bangunan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar