Cara Perawatan Teodolit

Daftar Isi

    LancangKuning - Teodolit merupakan salah satu perlengkapan ukur tanah yang digunakan buat memastikan besar tanah dengan sudut mendatar serta sudut tegak. Berbeda dengan water pass yang cuma mempunyai sudut mendatar saja. Di dalam teodolit sudut yang bisa di baca dapat hingga pada satuan sekon( detik). Teodolite ialah perlengkapan yang sangat mutakhir di antara perlengkapan yang digunakan dalam survei.

    Pada dasarnya perlengkapan ini berbentuk suatu teleskop yang ditempatkan pada sesuatu dasar berupa membulat( piringan) yang bisa diputar- putar mengelilingi sumbu vertikal, sehingga membolehkan sudut horizontal buat dibaca. Teleskop tersebut pula dipasang pada piringan kedua serta bisa diputarputar mengelilingi sumbu horizontal, sehingga membolehkan sudut vertikal buat dibaca. Kedua sudut tersebut bisa dibaca dengan tingkatan ketelitian sangat besar.

    Dini alt-azimuth instrumen yang terdiri dari dasar lulus dengan penuh bundaran di sayap vertikal serta sudut pengukuran fitur yang sangat kerap separuh bundaran. Alidade pada suatu dasar yang digunakan buat memandang objek buat pengukuran sudut horizontal, serta yang kedua alidade sudah terpasang pada vertikal separuh bundaran. Nanti satu instrumen sudah alidade pada vertikal separuh bundaran serta separuh bundaran totalitas sudah terpasang sehingga bisa digunakan buat menampilkan sudut horizontal secara langsung. Pada kesimpulannya, simpel, buka- mata alidade ditukar dengan pengamatan teleskop. Ini awal kali dicoba oleh Jonathan Sisson pada 1725.

    Perlengkapan survey teodolite yang jadi modern, akurat dalam instrumen 1787 dengan diperkenalkan nya Jesse Ramsden perlengkapan survey theodolite besar yang populer, yang ia buat memakai mesin pemisah sangat akurat dari desain sendiri. Di dalam pekerjaan– pekerjaan yang berhubungan dengan ukur tanah, teodolit kerap digunakan dalam wujud pengukuran polygon, pemetaan suasana, ataupun pengamatan matahari. Teodolit pula dapat berganti gunanya jadi semacam Pesawat Penyipat Datar apabila sudut vertical nya terbuat. Dengan terdapatnya teropong pada teodolit, hingga teodolit bisa di bidik kan ke segala arah. Di dalam pekerjaan bangunan gedung, teodolit kerap digunakan buat memastikan sudut siku- siku pada perencanaan/ pekerjaan fondasi, teodolit pula bisa digunakan buat mengukur ketinggian sesuatu bangunan bertingkat.

    Metode perawatan teodolit

    Semacam benda pada biasanya, perlengkapan survey pula butuh diberi perawatan guna perlengkapan bisa senantiasa bekerja maksimal. Tiap perlengkapan survey mempunyai bermacam tipe perawatan yang berbeda. Pada bahasan kali ini, regu redaksi hendak membagikan pembahasan pendek terpaut metode perawatan perlengkapan survey theodolite digital.

    Ada pula tujuan diberikannya perawatan serta pemeliharaan theodolite digital bertujuan antara lain selaku berikut:

    - Agar perlengkapan bisa digunakan dalam jangka panjang

    -Agar perlengkapan tetap mudah di kala digunakan, dalam artian tidak ada hambatan seperti   macet serta sebagainya.

    - Mengurangi efek perlengkapan rusak secara tiba- tiba

    Kemudian apa saja perawatan serta pemeliharaan yang butuh dicoba?

    - Perhatikan kebersihan alat

    - Menyimpan perlengkapan di lemari yang tertutup

    - Penempatan perlengkapan tidak boleh ditumpuk

    - Penggunaan perlengkapan wajib cocok dengan instruksi

    - Jangan hingga jatuh

    - Bersihkan perlengkapan sehabis berakhir dipergunakan

    - Melapisi perlengkapan dengan oli apabila tidak dipergunakan buat jangka waktu yang lama

    - Melakukan pemeliharaan dengan tertib secara periodik.

    Setelah perlengkapan digunakan, saat sebelum ditaruh hendaknya perlengkapan dibersihkan terlebih dulu dengan memakai kain/ lap kering serta lembut.

    Beri kalibrasi alat

    Kalibrasi ini dimaksudkan supaya tingkatan ketelitian ataupun akurasi perlengkapan tetap normal ataupun tidak hadapi penyusutan yang mana bisa membuat hasil pengukuran kurang pas ataupun rancu.

    Perlengkapan ukur memanglah diketahui sangat rentan dalam perihal penjagaannya. Jadi upayakan beri perlakuan yang pas pada perlengkapan semacam taruh perlengkapan ditempat yang bebas dari guncangan dan panas serta hujan, perhatikan metode bawa perlengkapan baik pada di kala memindahkan ataupun memakai, dan tempatkan perlengkapan di ruangan yang leluasa debu serta mempunyai perputaran yang baik. Dengan membagikan perawatan serta pemeliharaan yang pas, pasti hendak mempermudah Kamu dalam memakai perlengkapan survey theodolite digital. (Fazlan)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Perawatan Teodolit
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar