Karakteristik Pasar Oligopoli

Daftar Isi

    LancangKuning - Pasar oligopoli ini sudah lama ditandai dengan adanya sedikit penjual yang dapat menjual sebuah produk yang homogen atau berbeda dengan jualan yang di jual oleh orang lain. Dengan kata lain, struktur pasar oligopoli juga terletak di antara suatu monopoli murni dan persaingan monopolistik yang ketat akan penjualnya yang dimana hanya ada sedikit penjual yang dapat mendominasi suatu pasar dan telah memiliki kendali atas harga produk yang dijualkan berdasarkan dengan kebutuhan harga untuk dijual berdasarkan keinginan penjual.

    Jenis Pasar Oligopoli

    • Oligopoli Terbuka VS Tertutup

    Klasifikasi ini sudah dibuat atas dasar dari kebebasan untuk dapat memasuki suatu industri yang baru di dalamnya. Oligopoli terbuka merupakan situasi pasar yang dimana sebuah perusahaan akan dapat masuk ke dalam suatu industri kapan saja yang dia inginkan, sedangkan dalam kasus Oligopoli tertutup merupakan terdapatnya suatu  batasan tertentu yang akan menjadi penghalang bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam industri yang akan digunakannya.

    • Oligopoli Parsial VS Penuh

    Klasifikasi ini akan dilakukan atas dasar kepemimpinan dari harga yang dibuat untuk dapat dijualkan kepada orang-orang yang membutuhkannya. Oligopoli parsial akan mengacu pada situasi di dalam pasar yang dimana satu perusahaan besar sudah mendominasi pasar dan telah dipandang sebagai pemimpin sebuah harga. Sedangkan dalam Oligopoli penuh suatu kepemimpinan dalam harga akan terlihat lebih mencolok dengan ketiadaannya di permukiman sekelompok orang.

    • Oligopoli Sempurna (Murni) VS Tidak Sempurna (Diferensial)

    Klasifikasi ini dibuat atas dasar diferensiasi suatu produk yang dijualkan berdasarkan apa yang anda berikan kepada orang dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga yang lainnya. Oligopoli akan terlihat sempurna atau murni ketika sebuah perusahaan berurusan dengan produk homogen untuk lebih mendekati prosesnya.

    • Oligopoli Terorganisir VS Tersindikasi

    Klasifikasi ini akan dilakukan atas dasar tingkat sebuah koordinasi yang akan ditemukan di antara perusahaan-perusahaan tertentu. Ketika perusahaan sudah  berkumpul dan menjual produknya dengan kepentingan bersama maka akan disebut sebagai Syndicate Oligopoly atau oligopoli tesindikasi.

    • Oligopoli Kolusif VS Non-Kolusif

    Klasifikasi ini juga dibuat atas dasar kesepakatan atau kesepahaman dari perusahaan yang dipilih untuk melakukannya. Dalam Oligopoli Kolusif, alih-alih akan bersaing satu sama lain dengan membela produknya masing-masing, dan perusahaan-perusahaan juga akan berkumpul dengan konsensus semua dalam adanya sebuah penetapan harga dan output dalam penggunaan oligopoli itu sendiri. Sedangkan dalam kasus Oligopoli non-kolusif, terdapat ketidaksepahaman diantara suatu perusahaan dan mereka akan saling bersaing untuk mencapai target yang akan dibuat dengan sebaik mungkin.

    Karakteristik Pasar Oligopoli

    • Saling ketergantungan

    Karakteristik yang utama dari oligopoli merupakan dengan ketergantungan berbagai perusahaan dalam pengambilan keputusan masing-masing. Fakta ini sebelumnya juga telah diakui oleh semua perusahaan dalam suatu industri pada oligopolistik yang dibuatnya dengan berdasarkan apa yang diinginkannya. Dan jika sejumlah kecil perusahaan besar membentuk suatu industri dan salah satu dari perusahaan ini mulai mengiklankan kampanye dalam skala yang besar atau dapat merancang model produk baru dan segera menangkap sebuah pasar tersebut, maka hal itu pasti akan dapat saja memicu tindakan dengan balasan dari pihak pesaing di sebuah industri tersebut untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

    • Periklanan

    Dibawah sebuah oligopoli terdapat suatu perubahan dalam kebijakan yang besar di dasar pihak perusahaan dengan kemungkinan akan berdampak langsung pada sebuah perusahaan lainnya di berbagai industri. Oleh karena itu, suatu perusahaan pesaing harus tetap waspada sepanjang waktu karena adanya pergerakan pada perusahaan yang mengambil inisiatif dan membuat perubahan dalam kebijakan.

    •  Perilaku Kelompok

    Dalam oligopoli suatu aspek yang paling relevan merupakan suatu perilaku dalam sekelompok orang. Mungkin ada dua perusahaan dalam market grup atau tiga bahkan sampai lima belas, tetapi tidak akan mencapai beberapa ratus group di dalamnya. (Pinta).

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Pasar Oligopoli
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar