Teknik, proses, alat dan Bahan Jahit Tindas

Daftar Isi

    LancangKuning - Jahitan adalah teknik menghias permukaan kain dengan melapisi atau mengisi kain dengan pelapis atau filler, lalu menjahitnya pada permukaan kain sesuai rencana. Jahit press merupakan teknik pembuatan kerajinan tekstil dengan cara mengisi atau melapisi kain dekoratif pada kain, kemudian dijahit di atas kain sesuai desain.

    Menurut Wiyoso Yudoseputro dkk. 19951996: 106 "Il seam adalah teknik di mana dua lapis kain yang diisi dengan kapas tertentu atau yang disebut busa berlapis dijahit menjadi satu, dan kemudian dijahit menjadi garis atau pola tertentu untuk memperbaiki isinya. Kain atas yang disebut a-seam top bisa berupa kain perca atau applique. Lapisan tengah disebut batting dan berisi bahan katun polyester, sedangkan lapisan belakang atau lapisan bawah disebut quilt backing, yang biasanya terbuat dari kain bulu kain tipis dan digunakan sebagai penutup polyester.

    Saat membuat produk sarung bantal santai, serat polipropilena dibutuhkan sebagai dasar pen jahitan. Pola yang dapat digunakan adalah pola geometris, antara lain: segitiga, persegi panjang, segi enam, jajaran genjang belah ketupat, lingkaran, dll. Menurut Budiyono dkk. 2008: 287 Press sewing adalah suatu teknologi yang menghiasi permukaan kain dengan cara mengisi lapisan pengisi kain dengan cat pengisi, kemudian ditekan pada permukaan kain sesuai rencana. Pelapis atau pengisi yang umum digunakan termasuk poliester, coldure, kapas, dan kapuk. Menurut Budiyono dkk. (2008: 287), jenis jahitan di bawah tekanan.

    Teknik Jahit Tindas

    Ada dua cara untuk menekan lipatan pada pakaian, disebut tindas atas (topstitch) dan tindas pinggir (edgestitch). Kedua teknik ini sangat berguna untuk memperbaiki lipatan pada tempatnya, dan juga akan membantu kita menjaga lipatan dalam keadaan yang kita inginkan.

    Meskipun perforasi atas lebih bersifat dekoratif (banyak pakaian digunakan untuk menekankan pakaian, biasanya dengan garis warna yang kontras dengan pakaian utama), ini juga berguna untuk memperbaiki lipatan dari pinggang ke pinggul. Aplikasi kan teknik ini secara merata pada permukaan kain tebal.

    Terapkan remas tepi di sepanjang lipatan untuk mempertahankan lipatan yang dihasilkan dan tambahkan tepi yang tajam. Setelah jahitan selesai, edge squeeze dilakukan. Ingat, setiap kali Anda menerapkan teknik ini, Anda menjahit dari bawah ke atas, bukan sebaliknya. Jika Anda mengoleskan kedua sisi tebal ke area lipatan yang sama, tekan tepinya terlebih dahulu.

    Alat Jahit Tindas

    Mesin jahit: digunakan untuk menjahit bahan pola Mesin jahit manual Mesin jahit kecepatan tinggi Mesin zigzag multifungsi dan dapat digunakan untuk membuat lubang kancing dan menghias sesuai program mesin jahit zigzag. Mesin Overlock: menjahit bagian pinggir kain dan bagian pinggir keliman agar serat tidak kendur dan rapi. Spulkumparan : memutar benang bawah. Sekoci: tempat spul berada. Jarum - Jarum tangan: digunakan untuk jarum mesin jahit manual: digunakan untuk menjahit dengan mesin jahit.

    Bahan dan Alat

    Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tekstil melalui teknik jahit tambal sulam dan ekstrusi meliputi:

    -Bahan utama

    -Bahan pelapis

    -Benang jahit

    • Bahan pembantu

    -Kertas pola​

    -Kain kertas

    -Aksesoris (renda, bisban, dll)

    • Alat yang digunakan

    -Alat tulis menulis

    -Mesin jahit

    -Mesin obras

    -Mitlen (meteran kain)

    -Jarum jahit tangan

    -Jarum jahit mesin

    -Jarum pentul

    -Kapur jahit

    -Pandedel (cukit)

    Jenis-jenis Jahit Tindas

    • Jahit tindas pengisi lembaran (wadded quilting)

    Teknik menjahit adalah dengan mengisi atau melapisi dua kain dengan bahan pelapis berupa lembaran, kemudian menjahitnya sesuai pola (gambar).

    • Jahit tindas pengisi susulan (padded/stuffed quilting)

    Ini adalah teknik menjahit tekan datar, tetapi pengisi tambahan (busa, poliester) ditambahkan di beberapa bagian untuk mendapatkan kesan yang lebih menonjol.

    • Jahit tindas pengisi tali (corded quilting)

    Pada prinsipnya, itu sama dengan pengisian berikutnya, kecuali bahwa talinya dapat dikerjakan dengan mesin atau dijahit dengan tangan untuk perawatan permukaan.

    •  Jahit tindas efek bayangan

    Ini adalah kombinasi dari pengisi lembaran jahit, kemudian / tali hanya menambahkan kain transparan pada permukaan kain. (yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Teknik, proses, alat dan Bahan Jahit Tindas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar