Pengetahuan Dasar Dan Prosedur Kerja Mesin Perkakas

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengetahuan dasar mesin perkakas ini dapat saja didefinisikan menjadi suatu mesin atau peralatan yang dapat berfungsi untuk memotong atau mendeformasikan suatu material hingga menjadi sebuah produk jadi maupun setengah jadi dalam bentuk dan ukuran yang tertentu seperti yang di kendati oleh pengguna yang membuatnya.

    Proses pemotongan dan pembentukan sebuah mesin juga memerlukan suatu alat bantu atau potong yang sering dinamakan dengan alat potong atau pahat potong yang akan dapat digunakan sebagai suatu alat dalam mengerjakan segala pekerjaan mesin.

    Proses kerja mesin perkakas ini juga mempunyai sebuah sistem mekanis yang bermacam-macam hanya saja tergantung pada bagian fungsi atau jenis mesin perkakas yang digunakan tersebut. Gerakan mekanis yang dimaksud ini merupakan mesin dengan dapat mengubah gerak putar menjadi gerak putar yang sama atau gerak lurus, gerak dipercepat atau diperlambat dan sesuai dengan bentuk atau kehalusan dalam permukaan yang akan dibuat secara dengan apa yang akan digunakannya.

    Kualitas permukaan dalam hasil pemotongan tergantung pada kondisi pemotongan (cutting condition) saja diantara adalah kecepatan potong, feeding dan kedalaman pemotongan dengan apa yang telah dibuat oleh pengguna sebelumnya. Sebagai contoh misalnya suatu  kecepatan dengan potongan yang rendah dalam feeding dan depth of cut yang lumayan besar akan dapat menghasilkan suatu permukaan yang kasar, kombinasi ini juga biasanya digunakan untuk keperluan dalam pekerjaan dan pendahuluan (roughing) dalam mengerjakannya.

    Jenis dan Penggolongan Dasar Mesin Perkakas

    Mesin perkakas dapat saja dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu mesin perkakas potong dan mesin perkakas bentuk untuk dapat digunakan bagi siapa saja yang akan menggunakannya. Jenis mesin perkakas potong ini merupakan suatu mesin perkakas yang proses kerjanya itu digunakan dengan cara menghilangkan bagian dari benda kerja untuk dapat memperoleh bentuk yang tertentu.

    Beberapa contoh dasar sebuah mesin perkakas yang sering digunakan baik di dunia industri maupun dunia pendidikan untuk dapat digunakan dalam pembuatan mesin yaitu khususnya pada pendidikan kejuruan teknik dan anda akan lebih mudah dalam mengerjakan apa saja yang akan anda buat yaitu sebagai berikut.

    Mesin Bubut (Lathe)

    Mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin perkakas potong yang akan berjalan dengan baik dengan prinsip kerja dan proses pemotongan dari bagian benda kerja yang telah berputar untuk dapat memperoleh suatu bentuk dan ukuran yang tertentu. Benda kerja akan berputar/rotasi pada sumbunya dengan kecepatan yang tertentu, kemudian pemotongan atau penyayatan yang akan menggunakan sebuah pahat untuk digerakkan secara translasi atau sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja.

    Mesin Frais (Milling)

    Mesin frais ini juga merupakan sebuah mesin atau perkakas yang sudah memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi untuk meratakan permukaan, melakukan pengeboran, membuat alur dan membuat siku. Jenis mesin frais ini terdiri dari mesin frais Horizontal, Vertikal dan Universal. Dan dalam setiap jenis mesin tersebut masih memiliki type yang berbeda yaitu tergantung dengan cara penggunaannya.

    Mesin Bor (drilling)

    Mesin bor merupakan salah satu jenis mesin perkakas yang akan berfungsi untuk dapat membuat sebuah lubang dan dapat juga untuk memperbesar sebuah lubang yang akan digunakan. Dan benda kerja akan di posisi dengan diam pada meja mesin, kemudian alat potong yang akan berjalan dalam menggunakan mata bor yang dipasang pada sebuah sumbu mesin dan akan berputar sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

    Mesin Gergaji

    Mesin gergaji ini merupakan sebuah jenis mesin perkakas yang akan dapat digunakan untuk memotong suatu benda kerja dengan baik. Benda kerja akan di posisi secara diam dan melintang terhadap mata gergaji untuk lebih mudah dalam mengerjakannya. Mata gergaji juga di gerakan dengan cara mengayun maju mundur sedemikian rupa sehingga akan terjadi gesekan terhadap benda kerja yang mengakibatkan berkurangnya sebagian dari benda kerja sampai putus sesuai dengan yang ditentukan dalam pembuatannya. (Pinta).

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengetahuan Dasar Dan Prosedur Kerja Mesin Perkakas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar