Fungsi Elektrolit Dalam Tubuh

Daftar Isi

    LancangKuning Apa itu elektrolit? Apa pengaruhnya terhadap tubuh? Anda mungkin sering mendengar iklan TV yang mempromosikan produk larutan elektrolit. Seringkali, iklan produk ini menampilkan orang-orang yang sedang berolahraga atau merasa haus.

    Sebenarnya apa sih elektrolit itu? Apa efek elektrolit pada tubuh manusia? Elektrolit adalah partikel yang menjadi ion bermuatan negatif dan positif saat dilarutkan dalam air. Karena muatan ini, elektrolit menghasilkan reaksi listrik. Respons listrik terhadap ion memainkan peran penting dalam berbagai sistem tubuh manusia.

    Di dalam tubuh manusia terdapat elektrolit dalam darah, keringat dan urine. Kita juga bisa mendapatkan elektrolit dari makanan tertentu. Ini adalah jenis elektrolit dan sumbernya jelajahi komentar Baca artikel dengan lebih mudah dan mudah melalui Dapatkan Gaya hidup keluarga Tumbuh dengan kekuatan impian wanita Indonesia Apa itu elektrolit? Apa pengaruhnya terhadap tubuh? Anda mungkin sering mendengar iklan TV yang mempromosikan produk larutan elektrolit.

    Seringkali, iklan produk ini menampilkan orang-orang yang sedang berolahraga atau merasa haus. Sebenarnya apa sih elektrolit itu? Apa efek elektrolit pada tubuh manusia? Elektrolit adalah partikel yang menjadi ion bermuatan negatif dan positif saat dilarutkan dalam air. Karena muatan ini, elektrolit akan. Respons listrik terhadap ion memainkan peran penting dalam berbagai sistem tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia terdapat elektrolit dalam darah, keringat dan urine. Kita juga bisa mendapatkan elektrolit dari makanan tertentu. Berikut ini adalah jenis elektrolit dan sumbernya

    Nutrium, yang dapat ditemukan dalam garam, saus, atau jus tomat Kalium ditemukan dalam pisang, kentang dengan kulit dan yogurt tawar Klorida, bisa ditemukan pada tomat, zaitun, selada dan garam meja Bayam, kangkung, susu dan sarden semuanya mengandung kalsium Magnesium yang terkandung dalam bayam dan biji labu

    Dapat berperan sebagai elektrolit dalam tubuh Elektrolit dalam tubuh memiliki berbagai fungsi dalam kerja sel dan berbagai organ. Elektrolit berperan dalam menjaga fungsi saraf dan otot, menjaga keseimbangan asam basa, dan menjaga air tubuh.

    Menjaga kinerja sistem saraf Otak mengirimkan sinyal listrik melalui sel saraf sehingga dapat berkomunikasi antar sel ke seluruh tubuh. Sinyal ini disebut impuls saraf dan dihasilkan oleh perubahan muatan listrik pada membran sel saraf. Natrium adalah elektrolit yang berperan dalam sistem saraf ini. Pergerakan elektrolit natrium pada membran sel saraf menghasilkan perubahan muatan listrik.

    Tubuh manusia membutuhkan natrium untuk menjaga keseimbangan elektrolit, mengontrol cairan dalam tubuh, serta mengatur kontraksi otot dan fungsi saraf. Normalnya, kadar natrium dalam darah adalah 135-145. Masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan terlalu banyak atau kekurangan natrium dalam tubuh.

    Terlalu banyak natrium biasanya disebabkan oleh dehidrasi parah, seperti air minum yang tidak mencukupi, makan berlebihan, atau diare kronis. Pada saat yang sama, akibat asupan air yang berlebihan, fungsi ginjal atau hati terganggu, gagal jantung atau kelainan hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur volume cairan tubuh dapat menyebabkan defisiensi natrium

    Fungsi elektrolit ini adalah untuk mengatur ritme dan pemompaan jantung, menjaga kestabilan tekanan darah, mendukung aktivitas kelistrikan saraf, mengatur kontraksi otot dan metabolisme sel, serta menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan elektrolit. Di dalam darah, kandungan kalium normal berada pada kisaran 3,5-5liter . Diare, dehidrasi dan efek samping diuretik dapat menyebabkan defisiensi kalium (hipokalemia). Pada saat yang sama, kelebihan kalium biasanya disebabkan oleh dehidrasi parah, gagal ginjal,  atau rendahnya kadar hormon dalam tubuh (misalnya, akibat penyakit Addison).

    Klorida dalam tubuh dapat menjaga pH atau keasaman darah, volume cairan tubuh dan aktivitas saluran pencernaan. Dalam keadaan normal, kandungan klorin dalam tubuh adalah 96–106  L. Gagal ginjal akut, keringat berlebih, gangguan makan, gangguan fungsi dan fibrosis dapat menyebabkan defisiensi klorida. Pada saat yang sama, karena dehidrasi parah, disfungsi  gagal ginjal atau efek samping dialisis, klorida berlebihan akan diproduksi.

    Kalsium merupakan mineral dan elektrolit penting yang berperan dalam menstabilkan tekanan darah, mengontrol kontraksi otot dan aktivitas kelistrikan saraf, memperkuat tulang dan gigi, serta mendukung proses pembekuan darah. Penyakit ginjal, penyakit paru-paru, kanker, atau asupan vitamin D dan kalsium yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu banyak kalsium Sebaliknya, defisiensi kalsium dapat disebabkan oleh gagal ginjal, defisiensi vitamin D, pankreatitis, defisiensi albumin, dan kanker prostat.

    Fungsi elektrolit ini adalah untuk menjaga pH darah normal, menyeimbangkan kadar cairan tubuh dan mengatur fungsi jantung. Dalam keadaan normal, kadar bikarbonat dalam tubuh manusia adalah 22-30 / L. Kadar bikarbonat dalam darah yang tidak normal dapat disebabkan oleh penyakit pernapasan, gagal ginjal,  dan  serta penyakit metabolik. Setiap elektrolit memiliki peran penting dalam tubuh manusia.

    Namun, jumlah elektrolit terkadang terganggu karena berbagai faktor, seperti dehidrasi atau penyakit tertentu. Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh mungkin tidak menimbulkan gejala, terutama pada kasus yang ringan. Namun, pada kondisi yang lebih parah, ketidakseimbangan elektrolit biasanya menyebabkan gejala berikut

    Mual dan muntah lemas Badan bengkak Detak jantung cepat (lubang jantung) Keram atau kelemahan otot sakit kepala Kejang Hilang kesadaran koma Agar berbagai organ tubuh dapat bekerja secara normal, Anda perlu menjaga kandungan masing-masing elektrolit di dalam tubuh dalam kisaran normal.

    Guna mencukupi asupan elektrolit, Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi, minum cukup air mineral, dan minum minuman atau suplemen elektrolit sesuai kebutuhan. Jika Anda mengalami gejala elektrolit yang berlebihan atau tidak mencukupi, segera konsultasi  ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan. (Danil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Elektrolit Dalam Tubuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar