Perbedaan  Data Spasial Dan Data Atribut

Daftar Isi

    LancangKuning - Data spasial merupakan data dalam bentuk grafis yang menunjukkan ruang lokasi atau tempat-tempat di dalam permukaan bumi sedangkan data atribut adalah yang memberi penjelasan atau deskripsi atas setiap objek di permukaan bumi.

    SIG merupakan suatu yang dapat memberikan gambar yang lengkap dan akurat terhadap suatu masalah nyata yang terkait dengan data spasial permukaan bumi sehingga mempermudah dalam modifikasi warna bentuk dan ukuran simbol yang diperlukan untuk menggambarkan unsur-unsur permukaan bumi.

    Data spasial menjadi salah satu media yang sangat penting untuk melakukan perencanaan pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan pada wilayah continental nasional regional atau lokal format data spasial dapat berupa  vektor poligon line points atau raster.

    Data atribut adalah data yang memberi beberapa deskripsi serta penjelasan mengenai suatu fenomena yang ada di permukaan bumi untuk menjelaskan setiap objek yang ada di permukaan bumi, data atribut yang paling cocok dan dapat digunakan untuk menggambarkan suatu gejala topografis karena datanya menjadi kualitatif dan deskriptif.

    Manfaat umum dari penggunaan sistem informasi geografis yaitu dapat memudahkan kita untuk melihat fenomena ruang bumi  dengan proses perspektif yang lebih baik pemrosesan data yang lebih cepat serta mendapatkan hasil analis yang lebih akurat.

    Data atribut merupakan data yang menjabarkan tentang aspek dari beberapa suatu fenomena dalam bentuk deskripsi ataupun penjelasan yang terperinci dengan data ini tergambarkan dalam bentuk kata-kata atau angka serta tabel.

    Kelebihan data spasial adalah

    • Untuk penyimpanan tidak memerlukan ruangan yang besar
    • Akses informasi cepat dan mudah
    • Analis  dalam data spasial dan textual dikerjakan lebih dari satu layar
    • Sumber daya manusia untuk melakukan pengelola data yang tidak terlalu banyak.

    Data atribut  merupakan data yang paling cocok digunakan untuk menggambarkan sebuah gejala topografi karena datanya beberapa kualitatif dan deskripsi, contoh paling sederhana dari data atribut adalah data jumlah penduduk, data tingkat kesuburan tanah, data kandung mineral dalam tanah dan sebagainya.

    Data spasial primer merupakan sebuah data yang diperoleh secara langsung contoh data sig untuk menentukan luas wilayah hutan dengan meninjau lokasi secara langsung  dan data spasial sekunder adalah data spasial yang diperoleh secara tidak langsung atau dari pihak kedua contoh peta meteorologi peta topografi dan lain-lain.

    Data spasial merupakan suatu data yang memiliki informasi tentang lokasi pada data tersebut informasi lokasi ini umumnya berbentuk sistem koordinat baik itu koordinat geografis ataupun koordinat proyeksi  dalam data spasial pada dasarnya digunakan untuk menampilkan lokasi dari suatu objek atau kelihatan nya pada dunia nyata.

    Kelebihan data atribut adalah

    1. Data dapat dimanipulasi
    2. Dapat mengetahui jenis lokasi peta

    Kekurangan data atribut adalah

    1. Sulit membedakan gambar dan warna pada peta
    2. Sulit menentukan lokasi

    Data spasial memiliki dua jenis vektor dan raster adalah

    Vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah berbeda dengan besaran skalar yang hanya akan memiliki nilai vektor diilustrasikan dalam bentuk anak panah dengan pangkal anak panah menunjukkan titik awal vektor ujung anak panah dan menunjukkan titik ujung vektor.

    Dalam sebuah grafik komputer gambar bitmap merupakan suatu struktur yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor kertas atau yang di tampilan lainnya secara teknis dalam gambar bitmap bisa digambarkan dengan cara lebih tinggi piksel dan juga pada angka bit piksel.

    Kelebihan pada data vektor merupakan suatu yang membutuhkan ruang atau tempat penyimpanan yang lebih sedikit di dalam komputer representasi grafis data spasial nya yang sangat mirip dengan peta garis buatan tangan manusia.

    Kekurangan data spasial adalah

    1. Model objek terbatas
    2. Perubahan dalam teknologi informasi terjadi secara cepat
    3. Format data dan standar file data beragam
    4. Sulit untuk menyajikan data temporal
    5. Biaya yang dikeluarkan relative mahal
    6. Dan belum tentu perusahaan mampu melakukan adaptasi dengan cepat sehingga ada peluang teknologi yang digunakan kurang canggih. (Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan  Data Spasial Dan Data Atribut
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar