Pengertian Geologi Secara Umum

Daftar Isi

    LancangKuning - Geologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi dan segala sesuatu yang terjadi di bumi. Ilmu geologi mempelajari komposisi, struktur, sifat fisik, dan sejarah terbentuknya bumi. Orang yang mempelajari geologi disebut geolog, dan mereka telah membantu menentukan usia bumi yang diperkirakan berumur 4,5 miliar tahun, menunjukkan bahwa kulit bumi terpecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak, dan membantu menemukan dan mengelola sumber daya alam yang ada di bumi.

    Pengertian geologi menurut para ahli

    • Katili (1970)

    Geologi adalah Ilmu Pengetahuan yang menyelidiki lapisan batuan geologi di kerak bumi.

    • Written & Brooks (1972)

    Geologi adalah ilmu bumi yang meliputi asal, struktur, komposisi dan sejarah bumi (termasuk perkembangan kehidupan) serta proses yang telah menyebabkan keadaan saat bumi seperti ini.

    • Bates & Jackson (1990)

    Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet bumi, terutama mengenai bahan penyusunnya, proses yang terjadi padanya, hasil dari proses, sejarah planet bumi dan bentuk kehidupan sejak bumi terbentuk.

    • Munir (1996)

    Geologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang semua gejala yang terkait dengan pembentukan bumi, keberadaan bumi, serta fenomena lain yang terkait dengan bentuk alami.

    • Noer Aziz M., dkk (2002)

    Geologi adalah bidang studi tentang bumi dan bumi sebagai seluruh kelompok studi, asal, struktur, komposisi, sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alami yang sudah ada dan sedang berlangsung, yang membuat keadaan bumi seperti itu hari ini.

    Cabang-cabang Ilmu Geologi

    • Mineralogi

    Mineralogi adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari mengenai senyawa kimia non-organik yang disebut mineral, amempelajari tentang sifat-sifat fisik, sifat-sifat kimia, lokasi, cara pembentukannya dan kegunaannya. Cabang Mineralogi tidak memiliki definisi umum yang jelas dan disepakati, tetapi dasar-dasarnya harus dipahami oleh setiap geolog.

    • Petrologi

    Petrologi adalah cabang geologi yang mempelajari tentang bebatuan dan kondisi pembentukannya. Ada tiga cabang petrologi yang berkaitan dengan tiga tipe batuan yang dipelajari, yaitu batuan beku, metamorf, dan sedimen.

    Petrologi memanfaatkan bidang mineralogi, petrografi mikroskopis, dan analisa kimia untuk menggambarkan tekstur, komposisi, struktur dan asal usul dari batuan. Ahli petrologi modern menggunakan prinsip geokimia, geofisika, siklus geokimia, penggunaan data termodinamika dan eksperimen untuk lebih mengerti asal dan komposisi batuan.

    • Stratigrafi

    Stratigrafi adalah cabang geologi yang mempelajari sejarah, komposisi, distribusi serta umur relative batuan dan interpretasi lapisan-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah bumi. Dari hasil perbandingan antar lapisan batuan yang berbeda, Stratigrafi dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi litostratigrafi, biostratigrafi, dan kronostratigrafi. Stratigrafi dipelajari untuk mengetahui luas penyebaran lapisan batuan.

    • Geologi Sejarah

    Geologi sejarah adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang sejarah bumi dan sejarah peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di bumi. Untuk mencari tahu sejarah bumi dan peristiwa-peristiwa tersebut, ilmuan akan berfokus pada segala sesuatu yang ada  di kulit bumi, beberapa fitur-fitur unik di kulit bumi bisa dijadikan ‘rekaman’ dalam mencari tahu tentang peristiwa dimasa lampau.

    • Vulkanologi

    Vulkanologi adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang sejarah dan komposisi gunung berapi dan letusannya, magma, lava dan peristiwa geologi yang berhubungan. Ahli vulkanologi sering mengunjungi gunung berapi terutama yang aktif untuk mengamati dan mengumpulkan produk vulkanologi. Tujuan vulkanologi adalah untuk memperkirakan letusan gunung berapi, walaupun belum sepenuhnya akurat, tetapi dapat menyelamatkan nyawa banyak orang.

    • Geologi Ekonomi

    Geologi ekonomi adalah cabang ilmu geologi yang berhubungan dengan material bumi dan pemanfaatannya dalam bidang ekonomi atau industri. Material tersebut meliputi logam mulia, logam murni, mineral non-logam, batu untuk konstruksi, minyak bumi, batubara, air dan lain sebagainya.

    Geologi ekonomi tidak hanya dipelajari dan dilaksanakan oleh para ahli geologi, cabang ilmu ini juga menjadi perhatian penting untuk para investor, ahli saham, pebisnis serta pekerja lainnya seperti teknisi, ilmuwan, dan konservator lingkungan dikarenakan geologi ekonomi memiliki manfaat jangka panjang bagi industri pengolahan terhadap masyarakat, perekonomian dan lingkungan.(Syahdan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Geologi Secara Umum
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar