Intip Yuk, Tips Untuk Mengatasi Kebanyakan Tidur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tidur merupakan kegiatan yang memiliki dampak yang baik bagi tubuh, tidur juga dapat membantu tubuh untuk memulihkan tenaga yang sudah habis setelah melakukan aktivitas seharian. Akan tetapi kekurangan dan kelebihan tidur ternyata berdampak tidak baik untuk tubuh.

    Rata-rata manusia dewasa memiliki jam tidur ideal 8 jam, jika kamu tidur kurang dari 8 jam akan ada dampak buruk yang akan kamu rasakan, begitu juga jika kamu tidur lebih 8 jam atau lebih dalam sehari.

    Banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki gangguan tidur, penyebab umum gangguan tidur biasanya meliputi stress, tidak mengelola jam tidur, pribadi yang tidak disiplin dan berkurang nya istirahat dan tidur dalam beberapa hari belakangan.

    Faktor seperti diatas adalah masalah umum yang dapat diatasi sendiri dengan niat dan tekad yang kuat, tetapi ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan gangguan tidur yang harus diatasi secara klinis

    1. Sleep Apnea

    Gangguan tidur jenis ini lebih mengarah kepada masalah dari pernafasan yang berdampak pada tidur yang lama dan mendalam, kondisi seperti ini membuat tubuh menjadi lemas dan lemah walaupun sudah cukup tidur dalam satu hari, dan akan menjadi parah saat orang yang mengidap gangguan tidur ini mulai jatuh tertidur dalam mengemudi atau saat sedang bekerja

    1. Narkolepsi

    Gangguan tidur yang satu ini menyerang bagian neurologis otak yang berfungsi untuk membedakan waktu untuk tidur dan waktu terjaga, orang yang memiliki kondisi ini dapat tidur dimana saja dan kapan saja, kondisi seperti ini dapat merubah gaya hidup seseorang dan harus mendapat perawatan secara klinis untuk gangguan tidur seperti ini. Orang yang mengidap gangguan tidur yang disebut Narkolepsi ini guys dapat tertidur dalam beberapa detik atau jam, akan tetapi setelah bangun, orang yang mengidap gangguan tidur ini akan merasa segar dan energik, akan tetapi kondisi seperti itu tidak akan bertahan lama dan akan merasa lelah lagi.

    1. Depresi

    Penyebab gangguan yang satu ini harus diatasi dengan tepat, depresi dapat menyebabkan gangguan tidur bagi penderitanya, orang yang sedang depresi umumnya memiliki jam tidur yang berlebihan, tidur yang berlebihan saat depresi memiliki dampak buruk bagi kesehatan, karena kondisi seperti itu akan menyebabkan stress mental.

    Lantas bagaimana tips untuk mengatasi kebanyakan tidur? Kali ini saya akan membahas nya pada artikel dibawah.

    1. Mengatur Jadwal Tidur

    Kamu harus membuat jadwal tidur agar cukup untuk istirahat pada malam har, rata-rata jam tidur adalah 7-9 jam, membiasakan jam istirahat yang teratur adalah permulaan untuk mengatasi kebanyakan tidur.

    1. Setel Alarm

    Hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatur jam tidur yang berlebihan adalah menyetel alarm sehingga kamu dapat terbangun dan tidak melanjutkan tidur yang lebih panjang lagi, dan biasakan yah untuk tidak menekan tombol tunda pada alarm kamu.

    1. Cuci Muka dan Mandi

    Agar setelah bangun kamu tidak merasa kantuk lagi, biasakan untuk mencuci muka dan langsung mandi, kegiatan ini memberi efek yang cukup efektif  untuk kamu yang sering mengantuk lagi setelah bangun tidur, cara ini efektif  untuk kamu yang memiliki kebiasaan tidur yang berlebihan.

    1. Tidak Mengkonsumsi Kafein Sebelum Tidur

    Seperti yang kita ketahui, kafein dapat menyebabkan hilang nya rasa kantuk yang dapat menyebabkan rusaknya pola istirahat dalam tubuh dan berdampak pada kurang tidur dalam diri seseorang, kurang tidur dapat memicu tidur secara berlebihan dikarenakan tubuh akan merasa leleh saat kekurangan jam tidur.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Intip Yuk, Tips Untuk Mengatasi Kebanyakan Tidur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar