Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian

Daftar Isi

    LancangKuning - Teknologi industri pertanian merupakan salah satu jurusan yang kurang begitu populer dibandingkan dengan jurusan lain. Meskipun begitu jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja yang cukup bagus di masa depan.

    Mencari tau prospek kerja dari jurusan yang akan kita ambil merupakan hal yang cukup berguna. Seperti yang kita ketahui banyak mahasiswa akhirnya salah memilih jurusan karena tidak sepenuhnya mengetahui tentang jurusan tersebut dan juga prospek kerja yang diinginkan setelah lulus.

    Jika kamu merupakan calon mahasiswa yang bingung memilih jurusan, maka prospek kerja yang akan Bacaterus bahas di bawah bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu untuk memilih jurusan ini.

    • Tenaga Pengajar

    Prospek kerja pertama yang bisa kamu dapatkan bila lulus dari jurusan ini adalah sebagai tenaga pengajar atau dosen. Tenaga ini memang menjadi salah satu pekerjaan yang dianggap cukup menjanjikan untuk masa depan oleh sebagian besar masyarakat.

    Meskipun begitu untuk meraih gelar sebagai seorang pengajar atau dosen kamu harus menempuh pendidikan pascasarjana terlebih dahulu. Jika kamu termasuk orang yang sedang mengejar impian untuk menjadi seorang dosen, maka jurusan ini pun memberi peluang yang cukup bagus bagi kamu.

    • Peneliti

    Kamu juga bisa memilih profesi sebagai peneliti di sebuah lembaga penelitian setelah lulus jurusan ini. Penelitian sendiri menjadi profesi yang cukup bergengsi dan dibutuhkan oleh perusahaan swasta maupun instansi milik pemerintah. Pekerjaan sebagai peneliti ini memang menawarkan karier cemerlang serta pendapatan yang relatif lebih tinggi.

    Mengingat sebagian besar kehidupan masyarakat Indonesia banyak dari pertanian. Hal itu tentu menjadi peluang yang bagus bagi orang-orang untuk memilih jurusan ini. Jika kamu termasuk orang yang suka berbagai penelitian maka jurusan ini bisa kamu pilih pada saat kuliah.

    • Surveyor

    Jika kamu termasuk orang yang sangat suka bekerja di lapangan maka profesi Surveyor pun bisa kamu ambil ketika lulus kuliah dengan jurusan teknologi industri pertanian. Surveyor sendiri merupakan pekerjaan yang lebih banyak bertugas di lapangan untuk melakukan pemeriksaan, mengawasi, mengamati, dan mencatat semua informasi penting yang ada di lapangan ke dalam sebuah laporan.

    Dengan hal ini kamu bisa menjadi surveyor untuk lembaga independen atau miliki pemerintah seperti di Badan Pertahanan Nasional atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Selain dapat memperluas hubungan profesi ini pun menawarkan pendapatan yang lumayan besar.

    • Staf Pengembangan Produk

    Jurusan teknologi industri pertanian memiliki hubungan yang sangat erat dengan sebuah industri pangan. Jadi kamu juga bisa menjadi bagian dari staf pengembangan produk di perusahaan-perusahaan seperti industri makanan, produk pertanian, dan juga obat-obatan.

    Pekerjaan ini juga menuntut kamu untuk melakukan berbagai inovasi dan pengembangan produk yang sudah ada atau pun membuat jenis baru yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Keberadaan staf pengembangan produk sendiri merupakan sesuatu yang berharga dan bernilai jual tinggi. Hal ini tentu saja bisa menjadi motivasi yang bagus untuk kamu memilih jurusan ini.

    • Konsultan Pertanian

    Karena jurusan yang kamu ambil berhubungan dengan dunia pertanian kamu pun bisa menekuni profesi sebagai konsultan pertanian baik untuk lembaga pemerintah atau pun swasta ketika lulus dari jurusan ini.

    Jadi tugas kamu dalam hal ini adalah memberikan pengetahuan dasar, serta mengembangkan bekal atau metode yang tepat untuk meningkatkan produktivitas. Kamu juga bisa ikut terjun dalam meneliti serta membuat rencana serta kebijakan untuk pengolahan tanah baik itu untuk skala kecil maupun untuk sektor pertanian dalam skala yang besar.

    • Pengelola Perkebunan

    Profesi berikutnya yang bisa kamu ambil setelah lulus dari jurusan ini adalah sebagai pengelola perkebunan. Meskipun terdengar cukup sederhana namun pekerjaan ini membutuhkan tenaga ahli yang mengetahui seluk beluk mengenai pertanian.

    Pekerjaan ini juga menuntut kamu untuk memiliki pengetahuan mengenai berbagai hal mulai dari alat, lahan hingga proses produksi sebuah perkebunan. Selain berkesempatan untuk bekerja di perusahaan swasta kamu juga bisa bekerja di instansi milik pemerintah.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar