Lakukan Hal Ini Biar Kamu Terbebas Dari Anemia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Anemia adalah salah satu penyakit yang berdampak pada sel darah merah, anemia berarti kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan sel darah merah yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen kedalam organ-organ di tubuh, gejala yang mudah dilihat dari orang yang terkena anemia adalah, tubuh mudah lelah, lesu, kurang nya semangat dan tidak produktif.

    Penyakit anemia tidak bisa dianggap sepele, karena ada dampak buruk yang mengintai orang yang terkena penyakit ini seperti:

    1. Anemia dapat menyebabkan penyakit jantung yang akan berdampak kepada komplikasi jantung yang meningkatkan resiko terkena gagal jantung.
    2. Anemia yang telah akut bisa berdampak pada kematian akibat tubuh yang kehilangan banyak darah.
    3. Untuk para penderita kanker yang terkena penyakit anemia bisa berdampak pada menurunnya metabolisme pada tubuh dan mempercepat menyebarnya sel kanker pada tubuh.
    4. Penderita penyakit ginjal yang terkena penyakit anemia juga dapat berdampak pada kematian yang diakibatkan kurangnya oksigen yang tersalurkan untuk organ-organ.

    Orang yang bisa dinyatakan mengidap penyakit anemia adalah orang yang mempunyai jumlah sel darah dibawah rata-rata normal, jumlah sel darah merah pada tiap-tiap orang bergantung pada pola hidup, dan kebiasaan dari orang tersebut, termasuk usia, lingkungan hidup dan juga jenis kelamin, lalu apa penyebab pasti dari penyakit anemia? Berikut adalah penyebab dari penyakit anemia:

    1. Pertama anemia ini disebabkan karena asupan pembentuk sel darah merah yang berkurang selain itu kurangnya zat besi, terus kurangnya asam folat, vitamin B12 serta Vitamin C adalah zat utama pembentuk sel darah merah.
    2. Pendarahan pada tubuh yang terjadi secara terus menerus dan menyebabkan tubuh banyak kehilangan darah.
    3. Selanjutanya disebabkan karena adanya permasalahan pada sumsum tulang belakang.
    4. Sel darah merah yang banyak hancur sebelum waktu normal nya, pada umum nya sel darah merah berumur 120 hari, akan tetapi karena sebab tertentu, sel darah merah dapat hancur lebih awal daripada waktu normal nya.

    Mencegah penyakit anemia sejak dini dapat mengurangi resiko komplikasi pada tubuh di masa yang akan datang. Penyakit anemia ini bisa diatasi sejak dini caranya menerapkan hal-hal berikut:

    1.  Perbanyak Asupan Makanan Tinggi Zat Besi

    Kekurangan zat besi menjadi salah satu faktor tumbuhnya penyakit anemia dalam tubuh, zat besi juga membantu proses penyaluran oksigen ke dalam tubuh, makanan tinggi zat besi yang disarankan untuk mencegah penyakit anemia adalah, kacang-kacangan, daging tanpa lema dan juga sayur-sayuran berwarna hijau.

    1. Memperbanyak Asupan Folat Dalam Tubuh

    Folat berfungsi mengembangkan sel-sel darah merah dalam tubuh dan juga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit serta menjaga sel darah putih, kamu dapat memenuhi zat folat dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang dan jeruk, serta makanan yang termasuk golongan kacang-kacangan.

    1. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12

    Vitamin B12 memiliki fungsi yang penting dalam sistem syaraf pada tubuh dan juga menurunkan potensi penurunan fungsi otak dan juga stress. Efek yang didapat jika kekurangan vitamin B12 sangat berbahaya, dampak nya adalah resiko penyakit dan kanker dapat meningkat.

    1. Perbanyak Asupan Vitamin C Pada Tubuh

    Vitamin C berfungsi sebagai mencegah penyakit anemia di dalam tubuh, kamu bisa mendapatkan Vitamin C di hampir semua buah, Vitamin C dapat membantu tubuh untuk proses dalam penyerapan zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-sel darah merah dan juga melindungi tubuh dari radikal bebas.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lakukan Hal Ini Biar Kamu Terbebas Dari Anemia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar