Pengertian Hirarki Basis Data

Daftar Isi

    LancangKuning - Hirarki basis data merupakan serangkaian data yang tentang pemodelan dalam suatu basis data yang sebelumnya telah berkaitan dengan character, field atau data, record, file, tabel dari basis data yang akan dapat menjalankan kerja data anda dengan maksimal dan teliti. Dan anda pun bisa dengan mudah untuk menggunakan sistem  basis data untuk pekerjaan yang akan anda buat dalam dunia data.

    Penerapan basis data mampu mengatasi masalah-masalah penyusunan data

    1. Redudansi dan inkonsistensi data yang akan membantu data berjalan dengan mudah dan tidak akan mengakibatkan kerusakan pada sistem yang dipakai.
    2. Kesulitan dalam mengakses data. Dapat mengakibatkan surut dalam memakai data dengan tidak adanya pengetahuan yang anda kuasai dalam menggunakan basis data.
    3. Isolasi data untuk standarisasi dengan mudahnya untuk mengakses suatu data yang akan digunakan pada setiap pengguna yang akan mengerjakannya.
    4. Multiple user (banyak pemakai). Dengan kemampuan yang sudah dikuasai pengguna juga akan lebih semangat untuk menggunakan basis data karena sudah pandai merangkai suatu sistem data.
    5. Masalah security (keamanan). Basis data juga mempunyai pengamanan (security) untuk dapat menjaga penggunaan data jika ada yang berniat untuk mengakses data yang tidak termasuk pengguna asli.
    6. Masalah integrasi dapat mengakibatkan adanya kesalahan dalam menggunakan suatu data atau lebih tepatnya tidak teliti dan men-sepelekan pekerjaan yang akan dibuat.
    7. Masalah data independence. Dengan itu jika menggunakan data anda harus lebih hati-hati, karena kesalahan dalam menggunakan data akan datang kapan saja tanpa adanya pemberitahuan kepada anda.

    Sistem basis data memiliki beberapa komponen

    1. File basis data

    File ini memiliki suatu elemen-elemen data yang disimpan dalam salah satu dari format organisasi file basis data untuk lebih aman dengan menggunakan file basis data. Dan anda juga tidak perlu khawatir dalam keamanan data yang sudah anda miliki.

    1. Sistem manajemen basis data

    Merupakan suatu kelompok program software yang mengolah basis data, mengontrol akses terhadap basis data, menjaga keamanan basis data dan melakukan tugas-tugas lainnya dengan teliti dalam menjaga suatu basis data supaya lebih maksimal dalam menggunakan basis data.

    1. Sistem antar-muka

    Merupakan bagian dari DBMS yang dapat berkomunikasi dengan suatu program aplikasi dan menafsirkan instruksi-instruksi bahasa tingkat tinggi untuk mengakses program aplikasi seperti Cobol dan Fortan yang harus memerlukan data file-file untuk lebih dapat keamanannya.

    1. Program aplikasi

    Memiliki fungsi yang sama seperti sistem konvensional, dan hanya saja file-file datanya memiliki suatu independen dan menggunakan definisi data yang standar dibandingkan dengan basis data lainnya.

    1. Sebuah sistem antar-muka

    Merupakan bahasa pertanyaan (query language) yang dapat memungkinkan pemakai dengan mendapatkan suatu keterangan tentang apa saja yang tersedia pada sistem komputer yang akan digunakan dalam pemakaian basis data dan teliti dengan adanya keamanan sistem antar-muka.

    1. Kamus data

    Merupakan pusat penyimpanan suatu informasi dari basis data yang memuat skema basis data. Kamus data yang berisi tentang suatu informasi file basis data, yang aturannya untuk dapat mengakses suatu data dan pengamanan data serta kondisi informasi data.

    Hirarki data

    1. Data dapat di organisasikan ke dalam bentuk suatu elemen data (field), rekaman (record) dan berkas (file). Definisi dari ketiganya perlu anda ketahui dengan langkah-langkah berikut untuk lebih memudahkan anda dalam menggunakan data.
    2. Elemen data merupakan satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah menjadi unit lain yang bermakna dalam penggunaan yang dibuat secara bersamaan dengan elemen lainnya. Misalnya data siswa yang terdiri dari NIS, Nama, Alamat, Telepon atau jenis kelamin untuk di data dengan satu persatu.
    3. Rekaman merupakan gabungan dari sejumlah suatu elemen data yang saling berkaitan satu sama lain. Istilah lain dari rekaman adalah baris atau tupel sebagai penggunaan perekaman data.
    4. Berkas merupakan himpunan dari seluruh rekaman yang bertipe sama untuk merekam suatu sistem data yang akan dibuat untuk mengelola berkas.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Hirarki Basis Data
    Sangat Suka

    13%

    Suka

    40%

    Terinspirasi

    6%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    20%

    Komentar