Pengertian Definisi

Daftar Isi

    LancangKuning - Definisi merupakan suatu pernyataan yang berkait dengan ceri-ciri suatu hal yang sangat penting, bahkan biasanya lebih bergantung pada arti, makna dan pengertian suatu hal. Ada beberapa jenis definisi yaitu:

    • Definisi nomalis
    • Definisi realis
    • Definisi praktis

    Secara pengetahuan definisi dapat dibedakan menjadi tiga macam bagian, yaitu definisi nomalis, definisi realis, dan juga definisi praktis.

    1. Definisi nomalis

    Definisi nomalis yaitu menjelaskan suatu kata dengan kata yang lan ataupun yang lebih umum dipahami. Definisi nomalis terutama digunakan untuk permulaan dalam suatu pembicaraan atau yang bisa disebut diskusi. Saat membuat definisi nomalis ada 3 ketentuan yang perlu diperhatikan:

    • Apabila dalam suatu kata hanya mempunyai suatu arti menurut istilah dan pemahaman nya itu sangat biasa, hal tidak baik menggunakan kata untuk mengidentifikasikan, jika tidak mengetahui arti tersebut secara tepat, apabila sesuatu arti istilah menjadi objek pembicaraan, oleh karena itu harus diakui oleh kedua pihak yang berdebat.
    1. Definisi realis

    Definisi realis, yaitu menjelaskan tentang suatu hal yang ditandai oleh suatu arti ataupun istilah. Maka menjelaskan suatu isi yang terkait oleh suatu istilah.

    Definisi realis terbagi menjadi dua macam yaitu: definisi esensial dan definisi deskriptif

    • Definisi esensial yaitu menjelaskan dengan cara membuka bagian-bagian dasar yang menyusun suatu hal penting yang bisa dibedakan antara definisi analitik dengan definisi konotatif. Definisi analitik menjelaskan secara memperlihatkan bagian-bagian suatu benda yang mewujudkan esensinya. Sedangkan definisi konotatif menjelaskan secara memperlihatkan isi dari suatu kumpulan kata terdiri dari genus dan diferensia.
    • Definisi deskriptif, yaitu menjelaskan dengan cara memperlihatkan sifat-sifat yang dimiliki oleh suatu hal yang didefinisikan yang dapat membedakan ada 2 hal, yaitu definisi aksidental dengan definisi kausal. Definisi aksidental, yaitu menjelaskan dengan cara memperlihatkan jenis dari sifat-sifat khususnya yang mengenai hal tersebut. Sedangkan definisi kausal, yaitu menjelaskan dengan cara memberitahu bagaimana hal itu terjadi ataupun bisa di sebut terwujud.
    1. Definisi praktis

    Definisi praktis yakni menjelaskan tentangsesuatu hal yang dilihat dari segi kegunaannya ataupun tujuan nya tersebut, yang dibedakan menjadi 3 bagian, definisi operasional, definisi fungsional, dan yang terakhir definisi persuasif.

    Definisi operasional, yaitu menjelaskan suatu kelompok kata dengan cara menguatkan tekad langkah-langkah pengujian yang harus dilakukan ataupun dengan metode pengukuran serta memperlihatkan bagaimana hasil tersebut dapat diamati. Definisi fungsional yaitu menjelaskan suatu hal secara memperlihatkan kegunaannya ataupun tujuannya.

    Definisi persuasif yaitu menjelaskan secara merumuskan sesuatu pernyataan yang bisa mempengaruhi orang lain. Definisi persuasive ini merupakan alat untuk meminta Teknik ataupun yang bisa disebut menganjurkan suatu hal yang dilakukan atas perbuatan tertentu.

    Apabila merumuskan definisi ada beberapa persyaratan yang perlu kita ketahui, agar definisi nya yang akan dirumuskan itu hasilnya baik dan betul-betul menyatakan pengertian yang di definisikan secara jelas serta mudah dipahami.

    Syarat ketentuan definisi secara umum serta sederhanaada lima syarat, yaitu definisi harus mengungkapkan ciri-ciri yang benar dari apa yang akan didefinisikan, yang kedua definisi harus merupakan sebuah arti yang lebih efisien suatu hal yang akan didefinisikan dengan yang mendefinisikan, definisi harus terhindar dari pernyataan yang menjalankan istilah yang didefinisikan

    Kalau bisa definisi mungkin harus diungkapkan ataupun dinyatakan dalam bentuk rumusan yang terkait dengan positif, dan definisi harus dipastikan secara singkat dan jelas serta terlepas dari rumusan tidak jelas. Demikian pengetahuan dari saya terimakasih.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Definisi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar