Sebelum Jihad, Anggota FPI Malakin Sopir Truk, Cek Faktanya

Daftar Isi

     
    Foto: Hoax anggota FPI malak sopir truk. (cekfakta.com)

     

    Lancang Kuning – Akun Grace Paulyna (fb.com/grace.paulyna) mengunggah sebuah gambar pada Jumat, 18 Desember 2020 dengan narasi sebagai berikut:

    “JIHAD ape MALAK sopir ?”

    Foto itu memperlihatkan dua orang menggunakan baju bertuliskan FPI sedang meminta sumbangan ke sejumlah truk yang melintas di jalan raya. Di foto itu juga terdapat narasi “JUMAT BAROKAH…SEBELUM JIHAD MALAKIN DOLO”

    Hasil Cek Fakta

    Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta, klaim adanya foto anggota FPI melakukan pemalakan terhadap sopir sebelum jihad adalah klaim yang salah.

    Faktnya, bukan pemalakan. Foto itu adalah ketika DPW FPI Kabupaten Morowali, Sulawasi Tengah menggelar aksi penggalangan dana untuk korban banjir bandang yang terjadi di Sulawesi Selatan pada Januari 2019.

    Foto yang identik dimuat di situs kailipost.com pada 28 Januari 2019 Artikel itu berjudul “FPI Morowali Galang Dana Banjir Sulsel”.

    Dilansir dari Medcom.id, Penggalangan dana itu dipimpin langsung ketua DPD FPI Sulawesi Tengah, Ustaz Sugianto Kaimudin. Aksi tersebut berpusat di lampu merah perkantoran Bumi Fonuasingko. Hadir dalam kesempatan itu sejumlah pengurus dan Laskar Pembela Islam (LPI).

    “Di hari pertama yang hanya berlangsung sekira 3 jam itu, terkumpul dana kurang lebih Rp11 juta,” tulis Kailipost.com dalam laporannya. (LK)
     

    Sumber: https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1333103-sebelum-jihad-anggota-fpi-malakin-sopir-truk-cek-faktanya?utm_source=section=terpopuler&utm_medium=articles&utm_campaign=Terpopuler

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sebelum Jihad, Anggota FPI Malakin Sopir Truk, Cek Faktanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar