Manfaat Menggunakan Aplikasi DMS (Distribution Management System)

Daftar Isi

     

    LancangKuning  - Baiklah teman-teman postingan kali ini kami akan membahas manfaat dai penggunaan aplikasi DMS (Distribution Management System), DMS atau yang disebut juga dengan Manajemen Sistem Distribusi merupakan sejenis aplikasi yang banyak digunakan untuk mengelola berbagai jenis aktivitas-aktivitas operasional dari jenis bisnis distribusi (distributor).

    Software ini sudah mencakup hampir secara keseluruhan dari pemrosesan seputaran order pembelian, penjualan, manajemen persediaan dan juga akuntansi keuangan. Aplikasi seperti perangkat lunak DMS ini hanya lebih berfokus terhadap jenis usaha-usaha distribusi daripada jenis-jenis usaha yang lainnya, yang setidaknya bisa untuk memberikan tingkat fungsionalitas yang jauh lebih tinggi dan berguna, khusus hanya untuk kebutuhan perusahaan-perusahan distribusi.

    Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Penggunaan Software Manajemen Distribusi

    Perangkat lunak dari sistem manajemen distribusi, bisa melakukan berbagai macam kebutuhan bisnis yang berbeda-beda dan dapat juga memberikan tingkat efisiensi serta berbagai macam keandalan yang jauh lebih tinggi. Setiap industri bisnis memiliki persyaratan fungsional tertentu dan berdasarkan dari produk-produk yang telah digerakkan didistribusikan oleh jenis industri di pasar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut beberapa manfaat dari penggunaan perangkat lunak DMS adalah:

    1. Meningkatkan kolaborasi atau penggabungan secara elektronik dengan berbagai mitra dagang perusahaan distribusi.
    2. Untuk mengelola tugas-tugas yang lebih kompleks seputar urusan distribusi dengan sangat simple dan mudah. 
    3. Kontrolnya sudah terkomputerisasi.
    4. Tingkat melakukan komunikasi yang lebih efektif.
    5. Berfungsi meningkatkan efisiensi dan kehandalan dari alur dokumen perusahaan distribusi.
    6. Penjadwalan berbagai tugas-tugas penting seputar pengiriman dan penerimaan barang-barang distribusi terdata secara lengkap.
    7. Manajemen proyek perluasan area penjualan agen-agen dan pengecer.
    8. Data dari arus informasi proses dari proses bisnis distribusi terotomatikan.
    9. Dapat mengelola arus data-data penting perusahaan distribusi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Tingginya Kebutuhan Akan Software Manajemen Distribusi Dalam Dunia Bisnis Distribusi

    Kebutuhan akan aplikasi manajemen distribusi saat ini sudah sangat banyak dirasakan oleh para pengusaha-pengusaha distributor karena adanya desakan-desakan kebutuhan bisnis dari perusahaan sentris distribusi. Kebutuhan ini memang sangat-sangat spesifik, sehingga semakin membuat perangkat lunak dari DMS seperti ini sangat penting untuk digunakan dalam upaya untuk menghadapi dan menangani berbagai tantangan-tantangan global, yang mau tidak mau akan segera dihadapi karena semakin tingginya tingkat terhadap persaingan pasar dan juga persaingan dengan pebisnis kompetitor lain.

    Berikut beberapa dari jenis industri sentris dalam distribusi yang sangat memerlukan aplikasi untuk Distribution Management System ini adalah:

    1. Distributor Industri otomotif.

    Distributor dari jenis industri otomotif ini memerlukan adanya sistem aplikasi dari perangkat lunak atau software manajemen distribusi yang mampu untuk memungkinkan bagi mereka dalam mengidentifikasi ataupun mendesain pembuatan/model/tahun pada produk-produk otomotif tertentu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    2. Distributor Industri Pakaian.

    Para pelanggan yang akan memesan barang-barang untuk jenis pakaian dalam matriks seperti jenis warna/gaya/ukuran dan lain sebagainya dengan demikian, maka jenis industri ini sangat membutuhkan adanya aplikasi DMS yang harus sanggup dalam memenuhi apapun kebutuhan dari mereka.

    3. Distributor dari Produsen Makanan.

    Memerlukan tanggal kode dari produk-produk yang lebih spesifik untuk dijadikan persyaratan yang paling penting bagi jenis industri ini, karena persediaan tidak boleh dikirimkan kepada si pelanggan setelah mencapai batas waktu tertentu. Maka dari itu, dibutuhkan adanya aplikasi DMS yang mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan persyaratan dari distributor industri yang lebih rumit.

    4. Jenis Distributor Grosir.

    Terdapat banyak persyaratan-persyaratan khusus pelanggan yang harus bisa untuk dipenuhi dengan DMS. Format file EDI juga harus lebih dikembangkan dan dikelola harus sesuai dengan berbagai kebutuhan-kebutuhannya.

    Mereka juga membutuhkan DMS yang wajib mampu dalam memenuhi tingkat kompleksitas dari penyimpanan pesanan dan manajemen persediaan yang harus dapat ditangani secara musiman disesuaikan dengan apapun kebutuhannya masing-masing.

    Nah itulah tadi beberapa manfaat dari DMS (Distribution Management System) dan beberapa contoh perusahaan yang biasanya ataupun wajib menggunakan aplikasi software DMS.(Mayor)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Menggunakan Aplikasi DMS (Distribution Management System)
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar