Reservoir Minyak dan Gas Bumi

Daftar Isi

    LancangKuning - Reservoir atau dibaca "reservoar" secara umum berarti wadah tempat menampung sesuatu. Seperti resevoir air, berarti tempat/wadah untuk menampung air. Begitu pula dengan reservoir minyak yang berarti suatu area di bawah tanah yang di dalamnya mengandung minyak bumi.

    Pemahaman keduanya sama, tetapi media penampungan pada minyak bumi berbeda dengan media penampungan air yang sering kita temui di rumah-rumah. Lalu seperti apa media penampungan pada minyak bumi? Reservoir minyak mentah itu berupa batuan berpori, di antara pori2 itulah minyak mentah terkandung, sama halnya dengan gas bumi.

    Untuk lebih jelasnya bisa di ilustrasikan sebagai berikut. Bayangkan sebuah gelas yang di isi penuh oleh pasir. Kemudian tuangkan air ke dalamnya, walaupun gelas tersebut telah penuh oleh pasir, kenyataan nya air tetap dapat di tuangkan ke dalam gelas tersebut, karena air masuk ke dalam rongga - rongga butiran pasir.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ada juga istilah offshare dan onshare, offshare adalah reservoir yang terletak di area laut, dan onshare adalah reservoir yang terletak di daratan. Perlu juga di ketahui bahwa, reservoir bisa saja mengandung minyak dan gas bumi secara bersamaan, hal ini disebut dengan associated gas.
    Reservoir minyak biasanya memiliki tiga unsur utama, yaitu batuan reservoir, lapisan penutup dan perangkap.

    1. Batuan Induk (Source Rock)

    Batuan sedimen yang mengandung bahan organik seperti fosil hewan dan tumbuhan dalam waktu yang sangat lama sehingga menghasilkan minyak dan gas bumi

    2. Batuan Waduk (Reservoir Rock)

    Batuan sedimen yang berpori, hingga minyak dan gas bumi dapat masuk dan terakumulasi.

    3. Batuan Perangkap

    Batuan penghalang supaya minyak dan gas bumi tidak bermigrasi lebih jauh.

    4. Batuan Penutup (Cap Rock)

    Batuan sedimen yang tidak dapat dilalui cairan, sehingga minyak dan gas bumi terjebak.

    5. Jalur Migrasi

    Jalan minyak dan gas bumi dari batuan induk sampai pada perangkap.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Sifat Batuan Reservoir

    1. Porositas

    Porositas diartikan sebagai perbandingan antara volume batuan yang tidak terisi oleh padatan dengan volume batuan secara keseluruhan. Berdasarkan sifat-sifat batuan reservoir, maka porositas dapat dibagi lagi menjadi porositas efektif dan porositas absolut.

    1. Permeabilitas

    Permeabilitas batuan didefinisikan sebagai kemampuan batuan tersebut untuk melewatkan fluida dalam medium berpori-pori yang saling berhubungan. Dikenal tiga istilah untuk permeabilitas yaitu permebilitas absolut, efektif dan relatif.

    1. Permeabilitas absolut dipakai untuk aliran fluida satu fasa.
    2. Permeabilitas efektif digunakan untuk aliran yang terdiri dari dua fasa atau lebih yang dikenal sebagai : Ko, Kw, Kg.
    3. Permeabilitas relative adalah perbandingan permeabilitas efektid terhadap permeabilitas absolut, ini tergantung pada jenis fluidanya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau 

    1. Saturasi

    Reservoir mengandung fluida seperti minyak, gas, atau air. Saturasi didefinisikan sebagai fraksi salah satu fluida terhadap pori-pori dari batuan, ini dikenal So, Sw dan Sg.

    Dimana untuk mendapatkan harga saturasi dapat dilakukan di laboratorium dengan prinsip pengupan air dan pelarutan minyak.

    1. Kebasahan (Wettability)

    Kebasahan diartikan sebagai kemampuan batuan untuk dibasahi oleh fasa fluida atau kecenderungan suatu fluida untuk menyebar atau melekat ke permukaan batuan.

    Kecenderungan untuk menyebar atau menempel ini karena adanya gaya adhesi, yang merupakan factor tegangan permukaan. Faktor ini pula yang menentukan fluida mana yang akan lebih membasahi suatu padatan.

    Terus mengapa permukaan tanah tidak ambruk? Padahal setiap hari ribuan barrel minyak disedot dari dalam tanah Coba bayangkan ketika minyak bumi disedot, pasti yang mengalami kekosongan itu hanya pori - pori batuan dan struktur batuan nya tidak akan mengalami perubahan. Kalau masih belum mengerti bisa dilihat saat kita meminum air dari gelas, maka kelas itu akan kosong, tetapi bentuk gelasnya tidak mengalami perubahan bentuk ataupun ukuran.(Purnama)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Reservoir Minyak dan Gas Bumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar