Ketua KPK Firli Bahuri Dilaporkan, Ini Penyebabnya 

Daftar Isi

    Foto: Ketua KPK Firli Bahuri. (Lokadata.id) 

    Lancang Kuning, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali dilaporkan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) ke Dewan Pengawas KPK.

    Dalam aduan tertanggal 22 Juni 2020 itu, Firli diduga melanggar etik karena tidak patuh aturan pemerintah mengenai protokolCorona COVID-19 berupa tidak memakai masker ketika bertemu anak-anak.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Bahwa pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020, Firli Bahuri Ketua KPK melakukan perjalanan kunjungan ke Baturaja Kabupaten OKU untuk kepentingan pribadi keluarga antara lain ziarah ke makam orangtuanya," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada awak media, Senin, 22 Juni 2020, dilansir dari Viva.co.id

    Baca Juga: Tim Kukerta UNRI Ikut Terlibat Bagikan Bantuan Sosial di Desa Air Tawar Inhil 

    Boyamin menuturkan, dalam suatu kesempatan Firli bertemu dengan puluhan anak. Namun Firli tidak memakai masker dan berdekatan jaraknya dengan anak-anak tersebut sehingga dianggap melanggar protokol COVID-19.

    Baca juga: Tahun 2021, Pengangguran di Indonesia Diprediksi Tembus 12,7 Juta Jiwa 

    Dikatakan Boyamin, seyogiaya sebelum melakukan pertemuan atau menyapa anak-anak tersebut, dipastikan semunya telah memakai masker.

    Boyamin menambahkan, seharusnya dipahami anak-anak masih rentan penularan COVID-19 dikarenakan imunitas belum kuat. Apalagi Firli telah berumur lebih dari 50 tahun yang juga kekebalannya telah menurun sehingga kedua pihak sama-sama rentan saling menularkan COVID-19.

    "Bahwa tindakan Firli sangat kontras dengan rombongan dan pengawalnya dalam keadaan semua memakai masker," kata Boyamin.

    Boyamin menegaskan, tindakan Firli bertemu dengan anak-anak tanpa memakai masker dan tidak memastikan anak-anak memakai masker adalah bentuk dugaan pelanggaran aturan pemerintah soal protokol COVID-19.

    "Firli tidak dapat membawa dirinya sebagai panutan dan teladan dalam mematuhi aturan dan arahan pemerintah. Firli sebagai penegak hukum seharusnya patuh hukum," ujarnya.

    Atas hal-hal tersebut, MAKI memohon kepada Dewan Pengawas KPK untuk melakukan penyelidikan dan memberikan keputusan atas dugaan pelanggaran etik terhadap Firli sesuai ketentuan peraturan yang berlaku di KPK.

    "Yang tentunya memberikan sanksi berdasar derajat kesalahan jika aduan ini terbukti. Bukti-bukti poto Firli beserta istri dan anaknya serta Firli berdekatan dengan puluhan anak-anak tanpa memakai masker terlampir dan menjadi bagian aduan ini," imbuhnya.

    Seperti diketahui, sudah kesekian kalinya Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas KPK oleh pegiat antikorupsi bahkan pernah dilaporkan oleh pegawainya sendiri. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ketua KPK Firli Bahuri Dilaporkan, Ini Penyebabnya 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar