Cara Pintar Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Website atau situs web merupakan kumpulan halaman pada web yang saling terkait dan umumnya memuat beragam informasi tentang suatu hal. Seiring perkembangan, website tak hanya digunakan untuk kepentingan personal, namun juga dimanfaatkan oleh perusahaan bahkan pemerintahan.

    Untuk membuat website dibutuhkan nama domain agar mudah mengidentifikasi website. Dengan nama domain, pengguna dapat dengan mudah pula saat mengakses website dan berfungsi sebagai pengingat nama pada server saat dikunjungi tanpa mengenal alamat IP berisikan sederet angka rumit.

    Awalnya, nama domain untuk website hanya menggunakan 26 abjad latin, tapi kini sudah memungkinkan menggunakan internasional nama domain dari abjad asing. Karena bertujuan agar website dapat dikenal dan diingat oleh pengguna, nama domain harus unik dan sesuai dengan informasi yang akan dimuat pada website tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nah, untuk Anda yang saat ini tengah bingung dalam memilih nama domain agar sesuai untuk website Anda, berikut ini adalah beberapa cara pintar dalam memilih nama domain yang tepat untuk website Anda:

    1. Nama Domain Unik

    Sebagaimana fungsinya, nama domain harus unik dan kreatif sehingga dapat memudahkan penggunanya saat mengakses server untuk menemukan website Anda. Selain itu, nama domain yang unik dapat menjadi branding pada website Anda.

    1. Nama Domain Pendek

    Tak hanya unik, sebaiknya gunakan nama domain yang pendek untuk website Anda. Sebab, nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan pengguna saat mengetik nama domain di address bar browser ketika ingin mengakses website Anda.

    Selain itu, nama domain yang pendek akan lebih mudah diingat pengguna sehingga para pengguna maupun pengunjung bisa sering mengakses informasi dari website Anda.

    1. Sesuaikan Nama Domain dengan Tema Website

    Meski sudah unik dan pendek, nama domain tidaklah menarik jika tidak sesuai dengan tema maupun informasi yang akan dimuat di website Anda. Jadi sebaiknya, sesuaikan nama domain yang dipilih dengan tema website Anda sebelum dipilih.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Misalnya, jika Anda ingin memuat informasi bertema teknologi di Website Anda sebaiknya pilihlah nama domain yang terkait dengan teknologi. Dengan demikian, para pengunjung akan dapat dimudahkan saat mengakses website Anda. Selain itu, nama domain yang tepat dan sesuai dengan tema website akan membantu mesin pencari memuat website Anda ketika pengunjung mengakses suatu informasi terkait.

    1. Sesuaikan Ekstensi dengan Jenis Website

    Saat memilih nama domain, artinya Anda juga harus menentukan akhiran dari domain yang dipilih. Jadi, setelah menentukan nama domain, selanjutnya Anda harus menyesuaikan ekstensi dengan jenis website.

    Jika ingin membuat website untuk kepentingan bisnis, sebaiknya akhiran domain atau ekstensi .com. Namun, jika website yang dibuat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintahan, maka ekstensi yang tepat adalah .go.id, atau .gov.

    Selain itu, beberapa akhiran domain juga digunakan untuk website yang buat dengan tema pendidikan, baik itu sekolah maupun universitas, yakni .ac.id, .sch.id dan lain sebagainya.

    1. Nama Domain Mudah Diingat

    Seperti nama seseorang, nama domain juga harus mudah diingat. Sebab itu, pilihlah nama domain uang sederhana, mudah diingat dan diketik di mesin pencarian.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Selain mudah diingat, website dengan nama domain tersebut juga memudahkan pengunjung untuk menyarankan pengguna internet lainnya agar mengakses website Anda ketika membutuhkan informasi yang hanya dapat diperoleh di website Anda.

    1. Hindari Penggunaan Tanda Sambung atau Angka

    Dalam menentukan nama domain, sebaiknya hindari penggunaan karakter-karakter tertentu seperti angkat atau tanda sambung. Hal ini, untuk memudahkan pengunjung saat mengetik nama domain website Anda di mesin pencarian.

    1. Buatlah Opsi Sebelum Menentukan Nama Domain

    Tak jarang, ketika menentukan nama domain ternyata setelah dibuat justru tidak sesuai dengan tema maupun informasi yang akan dimuat di website Anda. Sebaiknya, buatlah opsi atau beberapa pilihan nama domain sebelum memutuskan untuk menggunakannya agar sesuai dengan informasi yang akan dimuat di website Anda.

    Demikian beberapa cara pintar dalam memilih nama domain yang tepat untuk website agar sesuai dengan tema maupun informasi di website Anda.(Vol1-YL)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Pintar Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar