Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Bagi kaum wanita yang sudah beranjak remaja tentu tidak asing lagi mendengar kata menstruasi, hal ini dialami mereka setiap bulannya. Menstruasi atau haid ini merupakan proses keluarnya dari dari vagina wanita yang disebabkan adanya siklus alami pada tubuh wanita. Dimana siklus alami ini merupakan persiapan yang dilakukan oleh organ wanita apabila terjadi kehamilan. Meskipun demikian bukan berarti setelah menstruasi wanita langsung hamil, melainkan ini hanya persiapan saja untuk wanita remaja.

    Persiapan ini biasanya ditandai dengan adanya penabalan pada dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Sehingga endometrium ini akan luluh atau keluar bersama darah melalui vagina jika terjadi kehamilan. Ketika mengalami menstruasi, sebagian wanita ada yang mengalami ragam keluhan entah itu nyeri pinggang, tumbuhnya jerawat atau keluhan lainnya. Keluhan-keluhan tersebut biasanya jika batas normal tentu tidak membahayakan.

    Untuk siklus menstruasi itu sendiri biasanya dimulai sejak hari pertama hingga hari pertama berikutnya sekitar 28 hari atau 4 minggu. Dan yang mengatur siklus menstruasi pada seorang wanita ini adalah beragam hormon, baik itu hormon hasil organ produksi maupun kelenjar lainnya. Meskipun siklus normal menstruasi ini 28 hari atau 4 minggu, namun ada sebagian wanita yang mengalami ketidak beraturan terkait siklus ini.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ada kalanya ia mengalami menstruasi dalam satu bulan itu dua kali, bahkan ada kalanya ia dalam dua bulan satu alias tidak beraturan. Ketika wanita mengalami telat menstruasi ada yang merasakan risih bahkan ia takut kalau dirinya hamil. Jika anda seorang istri, perasaan seperti itu tidak mengapa bisa saja telat menstruasi disebabkan karena memang bahwa tanda anda memasuki kehamilan.

    Nah, akan lain ceritanya jika anda masih remaja tentu kesimpulan hamil bukanlah jawabannya. Apalagi bagi para remaja yang baru saja mengalaminya, ketidak beraturan ini adalah hal wajar karena ia baru dalam tahap penyesuaian. Namun apabila anda sudah memiliki siklus teratur namun tiba-tiba telat bisa saja itu disebabkan beberapa faktor. Seperti gangguan kesehatan atau faktor lainnya.

    Untuk kamu yang sering bertanya-tanya kenapa siklus menstruasi kamu tidak beraturan, berikut beberapa faktor penyebabnya yang dilansir dari pobela.com :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    1. Stres berlebihan

    Tidak teraturnya siklus menstruasi kamu ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor stres yang berlebihan. Bisa saja saking banyaknya tuntutan kerja atau masalah yang membuat kamu stres sehingga berpengaruh pada haid kamu. Hal tersebut terjadi karena stres bisa menyebabkan aktivitas hormon dalam tubuh tidak terkontrol, sehingga menstruasipun bisa saja telat.

    1. Kelebihan berat badan

    Selain faktor stres yang berlebihan, kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab haid tidak teratur. Hormon pada tubuh dipengaruhi oleh bera badan yang terlalu rendah, dan sama halnya dengan kelebihan berat badan berakibat menstruasi tidak teratur.

    1. Penggunaan pil KB

    Faktor ini umumnya dialami oleh para wanita yang sudah menikah kemudian menggunakan pil kb, spiral atau alan kontrasepsi lainnya untuk menjaga jarak kehamilan. Penggunaan alat seperti ternyata mampu mempengaruhi waktu menstruasi kamu, hal tersebut terjadi karena adanya kandungan hormon progesterone dan estrogen pada alat kontrasepsi sehingga menghambat ovarium melepaskan sel telur. Biasanya butuh waktu sekitar 6 minggu setelah berhenti menggunakan pil kb barulah jadwal haid bisa kembali teratur.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Masalah pada kelenjar tiroid

    Menstruasi yang tidak teratur pada perempuan juga bisa dipengaruhi oleh aktivitas kelenjar tiroid. Dimana kelenjar tiroid bisa mengatur metabolisme tubuh sehingga akan mempengaruhi hormon yang ada pada tubuh. Apabila kelenjar tiroid kamu bermasalah, apabila dibutuhkan konsultasikan kepada dokter untuk mengatasi masalah pada kelenjar toroid ini.

    1. Diabetes

    Selain permasalahan diatas, salah satu penyakit juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid ini yaitu penyakit diabetes. Adanya perubahan yang terjadi pada kadar gula tubuh bisa berpengaruh terhadap aktivitas sel tubuh yang menghambat terjadinya menstruasi dan akibatnya haidpun tidak teratur.

    Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan kenapa siklus haid kamu tidak teratur. Untuk itu, ketika kamu mengalami hal ini sebaiknya jangan panik cek terlebih dahulu. Poin pentingnya tetap jaga kesehatan, karena pola hidup sehat juga menjadi faktor pendukung lancarnya haid ini. Semoga bermanfaat.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Menstruasi Tidak Teratur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar